Arsip

Archive for Maret 9, 2015

Seven Days

Maret 9, 2015 Tinggalkan komentar

Yoo-jin ( seorang pengacara perempuan yang sukses. Kasus-kasus yang ditanganinya nyaris selalu berhasil. Dalam kehidupan sehari-hari, dia juga seorang orangtua tunggal dari seorang bocah perempuan yang lucu yang amat disayanginya.
svn7
Hingga suatu hari, di tengah acara lomba lari yang melibatkan ibu dan anak, tiba-tiba anaknya menghilang. Beberapa waktu kemudian ia mendapat telepon, mengatakan kalau anaknya diculik. Si penculik menuntutnya untuk menjadi pengacara dalam kasus yang melibatkan seorang kriminil yang dijatuhi vonis hukuman mati karena sudah membunuh seorang gadis bernama Hee-jin. Dan untuk semua itu, Yoo-jin hanya tinggal punya waktu 7 hari. Padalah lagi, semua bukti-bukti menunjukkan kalau si kriminil memang benar-benar bersalah. Tapi tentu saja, Yoo-jin tak punya pilihan dan berusaha melakukan segala hal demi menyelamatkan anaknya.
svn8
Lagi-lagi film thriller, yang agaknya salah satu favorit sineas Korea. Intinya pada dasarnya sama: penculikan dengan ancaman tertentu, tapi ya cerita seperti ini memang selalu menarik dan kekuatannya pada mengolah misterinya sehingga memberi ketegangan pada yang menonton. Dan saya pikir film ini cukup berhasil. Misterinya terpelihara dengan baik hingga akhir dan saya juga merasa tegang menontonnya.
svn6h
Cast:
 – Yoo Ji-yeon
 – Han Suk-hee
 – Kim Sung-yeol
Jang Hang-Seon – Manajer
Jeong Dong-Hwan – Kang Sang-man
Oh Kwang-Rok – Yang Chang-gu
Kwon Byung-Gil – Park Ki-bok
Yang Jin-woo – Kang Ji-won
Lee Jeong-Heon – Jaksa Choi
Ok Ji-Young – Choi Kyung-Sook
Choi Moo-Sung – Jung Chul-Jin
Jo Deok-Hyeon – Bruce Jung
Seo Dong-Soo – Dr. Jo
Park Yong-Yeon – Neukdae (“Wolf”)

Judul: Seven Days/ Sebeun Deijeu
Sutradara: Won Shin-Yeon
Penulis: Yoon Jae-Koo, Won Shin-Yeon
Produser: Lee Seo-Yeol, Lim Chung-Kun
Sinematografi: Choi Young-Hwan
Rilis: 14 November 2007
Durasi: 125 menit
Studio: Yoon & Joon Film
Distributor: Prime Entertainment
Bahasa/ Negara: Korea/ Korea Selatan

Awards:
Daejong Film Awards 2008:
– Best Actress ( )
– Best Editing
– Best Sound Effects
– Nominasi: “Best Film” / “Best Director” / “Best Cinematography” / “Best Screenplay” / “Best Music” / “Best Lighting” / “Best Visual Effects”
Blue Dragon Film Awards 2008:
– Best Supporting Actor ()
– Nominasi: “Best Film” / “Best Director” / “Best Actress” ( ) / “Best Supporting Actress” () / “Technical Award” / “Best Original Screenplay”

Boyhood

Maret 9, 2015 Tinggalkan komentar

Setelah sukses dengan film dengan cerita berangkai dengan aktor yang sama, Before SunriseBefore Sunset-Before Midnight, Richard Linklater kembali membuat film sejenis. Berbeda dengan tiga filmnya itu yang mengambil jangka waktu tertentu (9 tahun untuk setiap film), kali ini ia merangkainya dalam satu film. Rentang cerita film sendiri adalah 12 tahun dan ia menggunakan aktor yang sama selama masa itu. Wow! Gila bukan? Bahkan Francois Truffaut yang membuat rangkaian kehidupan Antoine Doinel yang juga menggunakan aktor yang sama, memisahkannya menjadi beberapa fase dan beberapa film. Sebuah proyek yang sangat mengesankan, tentu saja, dan hasilnya memang tidak mengecewakan.

Mason kecil

Mason kecil

Boyhood menceritakan kehidupan Mason () dan keluarganya. Cerita dimulai ketika Mason berumur 6 tahun. Ia tinggal bersama kakaknya, Samantha () dan ibunya (). Ayah dan ibunya memiliki Mason dan kakaknya ketika mereka masih sangat muda. Ayahnya ( ) yang sepertinya belum siap memikul tanggung jawab, menjalani hidup ‘bebasnya’ sebagai anak band sembari menyelesaikan kuliahnya. Meski begitu, sang ayah tetap berusaha menjadi ayah yang baik untuk Mason dan kakaknya.
boyh3
Hidup tak selalu mudah bagi Mason dan keluarganya. Ibunya jatuh bangun dalam pernikahan yang tak bahagia. Untunglah, ibunya adalah perempuan tangguh yang selalu bisa bangkit dan berhasil membesarkan anak-anaknya dengan baik.
boyu
Bahwa anak-anak dari keluarga broken home tidak bisa tumbuh dengan baik? Film ini agaknya ingin memberi gambaran yang berbeda. Meski begitu, ketika orang tua berpisah, tanggung jawab terhadap anak-anaknya tak boleh diabaikan.

Mason yang beranjak dewasa dan dimainkan oleh aktor yang sama

Mason yang beranjak dewasa dan dimainkan oleh aktor yang sama

Ceritanya sendiri mengalir, dengan riak-riak kecil di seputar kehidupan Mason, bagaimana ia bertumbuh sebagai seorang bocah lelaki dan berusaha memahami sekelilingnya. Dan kenyataan bahwa film ini menggunakan aktor-aktor yang sama selama 11 tahun, sungguh hal yang luar biasa. Bagaimana dalam rentang waktu selama itu mereka mampu menjaga karakternya? Terutama para aktor anak-anak,  yang jadi Mason dan  (ternyatadia anaknya sang sutradara, ) yang jadi Samantha. Salut…

Cast:
Mason Evans, Jr.
– Samantha Evans
 – Olivia Evans
– Mason Evans, Sr.
Libby Villari – neneknya Mason
Marco Perella – Bill Welbrock
Brad Hawkins – Jim
Jenni Tooley – Annie
Zoe Graham – Sheena
Charlie Sexton – Jimmy

Judul: Boyhood
Sutradara/ Penulis:
Produser: , Cathleen Sutherland, Jonathan Sehring, John Sloss
Sinematografi: Lee Daniel, Shane Kelly
Editing: Sandra Adair
Distributor: IFC Films
Rilis: 19 Januari 2014 (Sundance Film Festival)
Durasi: 165 menit
Negara/ Bahasa: AS/ Inggris

Awards:
Berlin International Film Festival 2014:
– Best Director
– Prize of the Guild of German Art House Cinemas
– Reader Jury of the Berliner Morgenpost
– Nominasi Golden Bear

Seattle International Film Festival  2014:
– Best Film
– Best Director
– Best Actress ()

San Francisco International Film Festival 2014:
– Founder’s Directing Award     (Richard Linklater)

etc (sumber wikipedia.org)

the talking cupboard

haunted by a drama addict's soul

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar