Okja

Mirando adalah sebuah perusahaan daging yang dipimpin oleh seorang perempuan setengah psikopat, Lucy Mirando (). Demi keuntungan perusahaan, ia menggagas rekayasa genetik untuk babi-babi yang akan diambil dagingnya. Babi-babi itu diternak dengan cara mengerikan hingga menjadi babi-babi raksasa. Untuk mengambil hati pasar, Mirando mengklaim bahwa babi-babinya merupakan hasil penemuan ilmiah yang tumbuh dan dibesarkan dengan cara yang hewani dan ramah lingkungan. Untuk itu, beberapa babi dititipkan pada beberapa petani di berbagai belahan dunia dan baru akan diambil ketika sudah siap untuk disembelih.

Okja_11

Okja

Salah satu petani yang dititipi adalah seorang kakek tua yang tinggal di pegunungan Korea bersama cucu perempuannya, Mija ().  Si babi kemudian dinamai Okja. Mija dan Okja menjadi sahabat baik. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama menyelusuri ceruk-ceruk hutan. Meski hanya seekor babi, tapi Okja adalah hewan yang sangat cerdas.

Okja_4

Okja_5

Suatu hari, tim Mirando yang dipimpin oleh Dr Johnny, datang untuk menjemput Okja. Sedianya Okja akan diambil Mirando dan dipamerkan di New York untuk mengelabui masyarakat. Mija yang mengetahui hal ini kemudian nekad menyusul Mija. Dalam perjalanan, ia kemudian mendapat bantuan dari para aktivis pembela hak binatang yang dipimpin oleh Jay (). Bersama-sama, mereka kemudian berusaha menyelamatkan Okja.

Okja_9

Hmm, yah. Secara garis besar ceritanya agak-agak mirip dengan film-film bertema serupa seperti King Kong, atau film-film tentang binatang lainnya. Meski begitu, film ini tetap memiliki kekhasan sendiri yang membuatnya tidak hanya sekadar pengulangan. Karena fokus cerita lebih pada isu yang lebih ‘berat’ dari ‘sekadar’ persahabatan antara seorang bocah dan binatang, tapi lebih pada lingkungan dan kritik kapitalisme. Hal yang sebelumnya juga mewarnai karya seperti dan Snowpiercer. Selain itu, gabungan Korea & Barat juga membuat film ini berkesan universal tapi juga tetap memiliki sentuhan lokal. Film sendiri disajikan dengan sentuhan komikal ( satire sebenarnya), tapi tokoh-tokoh antagonisnya digambarkan tetap sebagai sosok yang multidimensi dan tidak terlalu karikaturis seperti banyak sosok serupa dalam film sejenis.

Okja_12

Selain itu jajaran cast-nya juga menjanjikan karena melibatkan aktor-aktor yang punya nama cukup besar mulai dari yang sangat baik membawakan sosok si psiko Lucy (dan juga kembaranya Nancy), Jake Gylenhall sebagai si dokter narsis setengah gila, dan yang jadi Jay. Untuk aktor Korea sendiri, hanya aktris cilik yang memiliki peran besar, yang meski masih sangat muda, tapi berakting dengan sangat baik. Sementara beberapa nama aktor yang cukup familiar, seperti Byun  Hee-bong hanya memiliki peran kecil sebagai si kakek, dan juga aktor muda . meski kemunculannya hanya sambil lalu saja.

Okja_13

Well, secara keseluruhan, saya menyukai film ini. Sebagai tontonan cukup menghibur, tapi tetap memliki pesan moral yang kuat.

Cast:
– Mija
– Lucy/Nancy Mirando
– Jay
Jaek Gyllenhal – Johnny Wilcox
Byun Hee-bong – kakeknya Mija
Steven Yeun – K
Lily Collins – Red
Yoon Je-moon – Mundo Park
Sherly Henderson – Jennifer (asistennya Lucy)
Daneil Henshall – Blond
Devon Bostick – Silver
– Kim Woo-shik
Giancarlo Esposito – Frank Dawson

Judul : Okja
Sutradara/ Cerita:
Produser: Dede Gardner, Jeremy Kliener, , Seo Woo-shik
Screenplay: Jon Ronson
Music : Jaeil Jung
Sinematografi: Darius Khondji
Editing: Yang Jin-mo
Produksi: Plan B Entertaintment, Lewis Pictures, Kate Street Pictures Company
Distibutor: Netflix, Next Entertaintment World
Rilis: 19 Mei 2017
Durasi: 120 menit
Negara/Bahasa: Korea Selatan, AS/ Inggris, Korea

Awards & Festival:
Cannnes Film Festival 2017

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: