Split

Yoon Chul-jong () adalah seorang pemain bowling profesional yang di juluki Perfect Man gara-gara nyaris selalu menang. Tapi kemudian karirnya hancur. Ia mengalami kecelakaan yang membuat kakinya cacat dan istrinya meninggal. Sekarang ia hidup tak menentu, meski masih memiliki semangat besar pada bowling. Bersama Hee-jin (), seorang pemilik klub bowling yang sedang dililit hutang, ia sering bertanding kesana kemari, meski kemudian kalah.

Suatu hari, ketika tengah bekerja di sebuah toko kecil yang bersebelahan dengan tempat bowling, Chul-jong melihat Young-hoon (), seorang pemuda autis yang sangat pintar bermain bowling. Merasa tertarik, Chul-joong kemudian mendekati Young-hoon dan mengajaknya menjadi satu tim. Young-hoon dicampakkan ibunya dan tingal di rumah perawatan.

Split_2

Split_3

Chul-jong akhirnya berhasil membujuk Young-hoon untuk bergabung dengannya, meski cukup banyak kendala di awal, karena Young-hoon yang autis. Tapi setelah melakukan berbagai pendekatan lembut, Chul-jong berhasil membuat Young-hoon mempercayainya. Singkat cerita, keduanya menjadi tim yang kompak. Sementara dalam kehidupan sehari-hari, juga terjalin hubungan ala kakak-adik yang manis. Chul-jong yang terbiasa hidup sendiri dalam kepahitan, menemukan kasih sayang pada diri Young-hoon. Pun dengan Young-hoon yang dicampakkan keluarganya.

Split_5

Split_9

Masalah muncul dari Dooggeobi, si culas yang sepertinya tak pernah senang melihat orang senang. Dooggeobi ini selalu melakukan berbagai cara untuk menjatuhkan Chul-jong.

Split_10

Sebenarnya, ‘tak sengaja’ menemukan film ini. Dan begitu membaca bahwa castnya adalah dan , plus sinopsisnya terdengar menarik, saya langsung memutuskan untuk menonton. Melihat cast dua aktornya yang bisa dibilang identik dengan film berkualitas, saya merasa sedikit heran karena nyaris tak pernah mendengarfilm ini diperbincangkan di internet. Dan yah, setelah menonton film ini, saya pun memahaminya. Seperti ekspektasi awal saya, film ini sebenarnya digarap dengan cukup berkualitas, memiliki kesan sinematik yang kuat. Yoo dan Lee bermain dengan apik sesuai dengan karakternya masing-masing. Yoo bermain apik sebagai Chul-jong yang ‘kalah’ dan Lee juga bermain apik sebagai si bocak autis, Yang-hoon. Pun demikian dengan cast pendukung seperti yang jadi Hee-jin dan Jung Sung-Hwa sebagai si antagonis Dooggeobi. Ditambah lagi latar cerita tentang dunia bowling yang tak biasa. Dengan semua itu, sebenarnya film ini potensial sekali untuk menajdi film yang unik dan qualified. Hanya saja, sangat disayangkan karena hal itu tak didukung dengan cerita yang kuat.

Split_11

Alih-alih, ceritanya justru menjadi semacam cerita ala film gangster yang sibuk saling menjatuhkan. Saya tak habis pikir kenapa Dooggeobi begitu terobsesi untuk menjatuhkan Chul-jong seperti itu. Saya merasa bahwa kebenciannya terkesan berlebihan dan membuat cerita jadi ‘kurang bermutu.’ Akan lebih seru misalnya kalau cerita lebih fokus pada cerita yang lebih humanis saja, \perjuangan duo invalid, Chul-jong & Yang-hoon misalnya. Sangat disayangkan. Meski begitu, film ini tetap layak tonton kok. Terutama bagi yang ingin melihat akting bagus kedua cast utamanya, dijamin tidak akan kecewa.

Cast:
– Chul-Jong
– Young-Hoon
– Hee-Jin
Jung Sung-Hwa – Dooggeobi (oppa)
Kwon Hae-Hyo – CEO Baek
Moon Young-Soo – si rambut putih

Judul:Split /Seupeulrit ( 스플릿)
Sutradara: Choi Kook-Hee
Produser: Nam Sung-Ho, Lee Tae-Hyun
Sinematografi: Baek Yoon-Suk
Rilis: 10 November 2016
Durasi: 121 menit
Produksi/distributor: Opus Pictures
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: