Beranda > Uncategorized > Roaring Currents

Roaring Currents

Jenderal Yi Sun-shin sudah tua dan sakit-sakitan. Tapi ia harus tetap memimpin pasukannya melawan gempuran tentara Jepang dibawah pimpinan Gurujima dan Wakizaka. Masalahnya lagi, armadanya hanya tingga beberapa. Rasanya musatahil mengalahkan Jepang yang berkekuatan besar. Tapi sebagai seorang Panglima Perang, ia tak boleh menunjukkan rasa gentar. Di depan anak buahnya, ia harus tetap optimis. Dengan memanfaatkan keahlian membaca gerak ombak dan juga taktik berperang yang jitu, Yi pun memimpin pasukannya melawan Jepang.

The Admiral Roaring Currents_9

Sebuah film bertema heroisme dalam arti ‘sebenarnya’, karena film ini memang diangkat dari kisah nyata Jenderal Yi Sun-shin yang merupakan pahlawannya orang Korea. Menonton film ini mengingatkan saya pada film-film kolosal China dan cukup salut dengan sineas Korea yang cukup meyakinkan membuat film semacam ini. Karena dibanding China, sepengamatan saya, selama ini, Korea masih belum ‘apa-apa’ dalam hal membuat film kolosal seperti ini.

The Admiral Roaring Currents_3

The Admiral Roaring Currents_5

Secara cerita, berhubung saya tidak punya keterikatan emosional dengan latarnya (Korea), saya hanya menikmatinya sebagai orang luar saja. Dan sejujurnya, saya tidak terlalu suka dengan film bertema perang dan heroisme. Perang itu absurd. Pada akhirnya, prajurit-prajurit yang ‘tidak bersalah’ lah menjadi korban. Meski pada masannya, semua keabsurdan itu punya pembenaran sendiri.

Tapi sebagai sebuah tontonan, saya pikir film ini cukup menarik. Visual effect-nya terasa cukup wah, dan saya pun paham ketika membaca bahwa film ini sangat box office di negara asalnya sono. Bisa dipahami lah, pasti memang terasa seru menonton film jenis ini di bioskop.

The Admiral Roaring Currents_2

Dari segi akting, Choi Min-shik patut diacungi jempol, karena dengan bagus memerankan karakter Jenderal Yi Sun-shin yang mulai ringkih tapi tetap berwibawa. Jajaran aktor pendukung ada Kwon Yul, yang berperan sebagai putranya Yi Sun-shin yang lembut, dan saya pikir Kwon Yul bermain dengan sangat pas dan menunjukkan chemistry bapak-anak yang bagus dengan Choi. Moment-moment ia dengan ayahnya adalah salah satu moment terbaik di film ini.

The Admiral Roaring Currents_12

 

Untuk peran antagonis, diperankan oleh masternya peran antagonis dalam film Korea, Ryu Seung-ryong dan juga Jo Jin-woong, salah satu aktor yang selalu fleksibel baik itu sebagai antagonis maupun protagonis. Akting mereka cukup bagus, meski saya sedikit terganggu dengan make up mereka yang menurut saya agak berlebihan. Tujuannya sih mungkin untuk memberi kesan seram, tapi rasanya aneh saja karena kesannya jadi tidak alami. Padahal, tanpa make up seperti itu pun, dengan mengandalkan kemampuan akting mereka, saya pikir sudah cukup untuk memberi kesan antagonis. Beberapa peran pendukung juga cukup baik ditampilkan aktor yang sudah punya nama seperti Jin Goo dan Lee Jun-hyung. Sebagai bonus, ada beberapa aktor muda yang sedang naik daun yang muncul di beberapa scene, Park Bo-gum, No Min-woo dan Ko Gyung-po, meski peran mereka hanya sambil lalu saja.
Overall, lumayan.

Note:
Konon film ini box office banget di Korea sono. Hanya dalam waktu 12 hari, konon tiketnya mampu terjual 10 juta. Selama masa tayangnya, film ini mencapai tak kurang 15 juta tiket yang merupakan penjualan tiket terbesar film Korea.

Cast:
Choi Min-sik – Jenderal Yi Sun-shin
Ryoo Seung-ryong – Gurujima
Cho Jin-woong – Wakizaka
Jin Goo – Im Joon-young
Lee Jung-hyun – istri Joon
Kwon Yul – Lee Whe
Kim Yung-gon – Dodo
No Min-woo – Haru
Kim Tae-hoon – Kim Joong-gul
Ryohei Otani – Joon-sa
Park Bo-gum – Soo Bong
Ko Gyung-po – Odook yi
Ja Bok-rae – Oh Sang-gu

Judul: Roaring Currents/Battle of Myeongryang/Whirlwind Sea/ Myeongryang: – Huiori Bada
Sutradara: Kim Han-min
Penulis: Jun Chul-hong, Kim Han-min
Produser: Kim Han-min
Rilis : 30 Juli 2014
Durasi: 128 menit
Distributor: CJ Entertaintment
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea-Jepang

Film Festival
Busan International FF 2014: Korean Cinema Today: Panorama
Korean FF in Paris 2014: Specials
Brussels International Fantastic FF 2015: Out of COmpetition *Belgian Premier

Awards:
Baeksang Arts Awards 2015: Grand Prize (Choi Min-shik)
Blue Dragon Film Awards 2014: Best Director
Daejong Film Awards 2014: BEst Film, Best Actor (Choi Min-sik), Best Technical Award
KOFRA 2014: Best Actor (Choi Min-sik), Best Technical Achievement

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: