Beranda > Film Korea, Uncategorized > Woman on the Beach

Woman on the Beach

Joong-rae (), adalah seorang sutradara film. Suatu hari, ia mengajak teman sekaligus koleganya, Chang-wook (), menemaninya pergi ke pantai untuk menyelesaikan naskah. Chang-wook sudah menikah, tapi ia mau pergi asal bisa mengajak pacarnya, Moon-sook (). Jung-rae pun setuju.

woman on the beach1

Bertiga, mereka pergi ke pantai. Moon-sook adalah perempuan cantik dan menarik. Joong-rae pun kemudian mencoba menarik perhatian Moon-sook dan Moon-sook yang sepertinya menyadari posisinya sebagai selingkuhan Chang-wook, menerima sinyal-sinyal Joong-rae. Tapi ketika hubungan mereka sudah semakin dalam, Joong-rae kemudian bersikap aneh dan dingin pada Mansook. Mereka pun kemudian kembali ke Seoul dan Moon-sook menelan kecewa.

woman on the beach2

woman on the beach3

Dua hari kemudian, Joong-rae kembali ke pantai karena tak bisa melupakan Moon-sook. Di sana kemudian ia bertemu dua orang perempuan yang salah satunya berwajah mirip Mansook. Sun-hee. Joong-rae pun melakukan pedekate pada Sun-hee. Sun-hee sedang dalam proses pereceraian dengan suaminya, dan menerima ajakan Joong-rae. Ketika sedang berduaan Moon-sook datang dan ingin kembali pada Joong-rae. Diketahui kemudian kalau Joong-rae mempunyai hubungan yang traumatis dengan mantan istrinya. Sebelum menikah, mantan istrinya ternyata selingkuh dengan sahabatnya. Karenanya, Joong-rae selalu gagal ketika ingin membangun hubungan baru.

woman on the beach5

Joong-rae dan Moon-sook kembali bersama. Moon-sook menemani Joongrae yang sedang menyelesaikan naskahnya. Tapi kemudian hubungan mereka diwarnai pertengkaran karena Moon-sook tahu kalau Joongrae sudah tidur bersama Sun-hee. Di tengah suasana yang tidak mengenakan karena bertengkar dengan Moon-sook, Joong-rae justru mendapat inspirasi dan berhasil menyelesaikan naskahnya. Tapi ia dan Moon-sook kembali bertengkar dan Joong-rae memutuskan kembali ke Seoul.

woman on the beach6

Moon-sook tinggal di hotel sendirian, merenung semalaman. Keesokan harinya, ia bangun dengan wajah cerah di wajahnya. Ia mengembalikan dompet Sun-hee yang tertinggal di kamar Joong-rae. Joong-rae menelponnya, meminta maaf dan menyatakan bahwa ia mencintai Moon-sook. Moon-sook hanya tersenyum menanggapi ucapan Joong-rae dan mengatakan bahwa ia tak terlalu suka lelaki Korea.

Film ditutup dengan adegan Moon-sook meninggalkan pantai dengan wajah sumringah.

woman on the beach8

Hmm, yah, sebenarnya saya tidak bisa dikatakan menggemari film-film , tapi anehnya, saya selalu tertarik untuk menonton film-filmnya. Meski tema-nya mirip-mirip, tapi tetap enak diikuti. Ceritanya terasa lugas, tidak bermanis-manis, tapi kadang juga terkesan absurd. Di sini, lagi-lagi ia mengetengahkan cerita tentang rumitnya hubungan antara laki-laki dan perempuan, terutama dalam budaya Korea yang misoginis. Seperti biasa, tokoh-tokohnya tak jauh-jauh dari sutradara film yang berkepribadian rumit, flamboyan dan maskulin. Tapi satu hal yang selalu menarik dari film-film Hong adalah, meski sosok para lelaki digambarkan dominan, tapi pada akhirnya, si perempuan lah yang ‘menang’.

Note:
Menonton film-film Hong tak urung membuat saya berpikir bahwa tokoh-tokoh utamanya adalah personifikasi dirinya. Belakangan, Hong diketahui menjalin hubungan dengan aktris , padahal dia masih berstatus sebagai seorang suami. Dan yah, saya kemudian membayangkan bahwa memang pemikiran Hong tentang perempuan dan hubungan sepertinya memang seperti tokoh-tokoh dalam film-filmnya. Terlepas dari setuju tidak setuju, tapi kadang seperti itulah kehidupan para seniman dengan pikiran-pikiran ‘absurd’nya.

Cast:
– Sutradara Kim Joong-rae
– Won Chang-wook
– Kim Moon-Sook
Song Seon-Mi – Choi Sun-Hee
Choi Ban-Ya – temannya Sun-hee

Judul:Woman on the Beach /Haebyeonui Yeoin (해변의 여인)
Sutradara/Penulis:
Astradara: Lee Kwang-Kuk
Rilis: 31 Agustus 2006
Durasi: 127 menit
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

 

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: