Arsip

Archive for Juni 15, 2017

Like Crazy

Juni 15, 2017 Tinggalkan komentar

Anna () berasal dari Inggris dan kuliah di Amerika. Di sana ia kemudian bertemu Jacob, mahasiswa sekampus beda jurusan dan kemudian saling jatuh cinta. Dan diceritakan bagaimana proses jatuh cinta mereka, yang jelas, keduanya kemudian begitu saling mencintai satu sama lain.

Like Crazy_2

Tapi Anna harus kembali ke Inggris untuk mengurus visa-nya dan merencanakan untuk segera kembali. Merasa berat berpisah, ia menunda-nunda kepergiannya hingga ijinnya bermasalah. Ketika ia pulang dan hendak kembali lagi ke Amerika, visa-nya gagal. Dan itu terjadi berulang-ulang. Perpisahan yang sedianya hanya beberapa waktu, pun menjadi beberapa bulan. Padahal Jacob dan Anna begitu saling merindukan.

Like Crazy_5

Anna akhirnya membangun karir di kampung halamannya. Jacob juga demikian. Karena Anna tak bisa ke Amerika, Jacob lah yang akhirnya datang dan mereka membicarakan kemungkinan Jacob untuk tinggal lebih lama. Tapi Inggris adalah negara yang asing bagi Jacob. Ia merasa asing dengan kehidupan di sekitar Anna. Dan akhirnya memutuskan untuk pulang.

Like Crazy_8

Atas usul ayahnya, Anna kemudian mengajak Jacob menikah. Dengan begitu, proses via diharapkan lebih muda. Kenyataannya pihak imigrasi terlalu ketat dan lagi-lagi Anna gagal mengikuti Jacob ke Amerika. Merasa putus asa, Jacob dan Anna sepakat untuk menjalin hubungan baru dengan orang lain. Anna dengan temannya, Simon, sementara Jacob dengan rekan kerjanya, Samantha ( ). Namun itu juga tak menyelesaikan masalah. Hubungan baru mereka terasa kering dan terbebani karena terus menerus memikirkan satu sama lain.

Di penghujung cerita, Anna akhirnya berhasil mendapatkan visanya dan ia pun menemui Jacob di Amerika. Tapi perpisahan yang panjang, penantian dan hubungan baru membuat semuanya tak lagi sama.

Like Crazy_6

Untuk beberapa waktu, saya bertanya-tanya ketika melihat file film ini tersimpan di komputer saya. Judulnya terasa tidak familiar dan karenanya, untuk beberapa waktu, terabaikan. Ketika waktu senggang, saya coba memutarnya dan baru ngeh kalau alasan saya ingin menonton film ini adalah karena cast utamanya, . Sejak melihat aktingnya di film saya menyukainya. She’s lovable. Aktingnya bagus dan wajahnya unik. Selain itu, film ini ternyata juga menang penghargaan di Sundance FF.

Like Crazy_3

Secara garis besar ceritanya sebenarnya bisa dibilang klise. Sebuah kisah cinta yang biasa, tentang cinta sepasang anak muda yang begitu menggebu dan kemudian terhalang jarak. LDR lah ceritanya. Dan LDR-nya menjadi parah karena beda negara dan harus diperibet dengan urusan visa. Tapi yang membuat film ini terasa berbeda adalah fokusnya yang bukan semata pada cerita, tapi lebih pada psikologis para tokohnya. Ini adalah tentang cinta yang begitu besar, yang kadang begitu tak tertahankan, tapi cinta juga adalah sesuatu yang absurd dan seolah tak pernah cukup. Dan film ini menggambarkan semua itu dengan bagusnya. Terasa intens dan memiliki kedalaman. Lewat ekspresi wajah, tatapn mata dan interaksi antara kedua tokoh utamanya, nyawa film ini begitu hidup. Dan yang saya cukup suka dari film ini, meskipun tentang cinta yang bisa dibilang passionate, tak seperti kebanyakan film bertema sejenis, adegan-adegannya rapi dan tidak vulgar. Justru menurut saya, keintiman tokoh utamanya terasa lebih nyata meski hanya lewat sentuhan tangan atau pelukan hangat. Good movie!

Note:
Saya baru ngeh ketika baca di Internet, kalau ternyata Anton Yelchin yang jadi Jacob sudah meninggal. Anton Yelchin, lahir di Rusia pada 11 Maret 1989 dalam keluarga Yahudi. Hal yang membuat keluarganya mendapat tekanan politik dan keagamaan. Pada tahun 1989, orangtuanya kemudian pindah ke AS dengan status pengungsi. Karir film Anton dimulai sejak ia masih sangat muda, yakni pada tahun 2000. Ia meninggal pada Juni 2016, karena sebuah kecelakaan tragis, di mana ia terjepit di antara mobilnya sendiri dan tembok rumahnya, setelah ia lupa menetralkan mobil yang usai dikendarainya. Sedih ya 😦

Cast:

Anton Yelchin – Jacob Matthew Helm
– Anna Maria Gardner

– Samantha
Charlie Bewley – Simon
Finola Hughes – Liz
Oliver Muirhead – Bernard Gardner
Alex Kingston – Jackie Gardner
Keeley Hazell – Sabrina
Chris Messina – Mike Appletree
Ben York Jones – Ross
Jamie Thomas King – Elliot

Sutradara: Drake Doremus
Produser: Jonathan Schwartz, Andrea Sperling
Penulis: Drake Doremus, Ben York Jones
Musik: Dustin O’Halloran
Sinematografi: John Guleserian
Editing: Jonathan Alberts
Produksi: Super Crispy Entertainment
Distributor: Paramount Vantage
Rilis: 22 Januari 2011 (Sundance)
Durasi: 90 menit
Negara/Bahasa: AS/Inggris

Awards:
– Sundance Film Festival 2011: Grand Jury Prize, Special Jury Prize ()
– Chicago Film Critics Association : Nominasi Most Promising Filmmaker
– National Board of Review: Best Breakthrough Performance ()
– Gotham Awards: Best Breakthrough Actor ()

Kategori:Uncategorized
the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar