Beranda > Uncategorized > Whiplash

Whiplash

Andrew Newman, seorang pemuda19 tahun,  mahasiswa baru di sebuah sekolah musik bergengsi, Shaffer. Ia adalah sosok penyendiri, yang tumbuh bersama ayahnya yang penyayang setelah ibunya minggat ketika ia masih kecil. Andrew sangat menyukai jazz, mengagumi Buddy Rich dan Charlie Parker. Ia bermain drum sejak kecil. Dan sejak kecil pula ia yakin bahwa jazz adalah hidupnya. Baginya, jazz adalah segala-galanya.  Ia tak peduli pada anggapan keluarga besarnya, yang berpikir bahwa mimpinya hanyalah sia-sia. Ia mencurahkan seluruh waktu dan engerginya untuk berlatih.
Whiplash_1
Fletcher adalah seorang profesor terkenal Shaffer yang kemudian mengajak Andrew bergabung di bandnya yang bergengsi. Hal yangmembuat Andrew merasa bangga dan percaya diri. Namun ternyata itu barulah permulaan. Fletcher adalah seorang guru yang  sangat perfeksionis dan setengah ‘gila’. Ia mengajar dengan kasar dan keras. Kesalahan kecil berarti sumpah serapah menyakitkan hingga kekerasan fisik. Semua takut kepadanya, tapi juga ingin menampilkan yang terbaik di hadapannya.
Whiplash5
Setelah latihan ekstrim yang  mengerikan, Andrew akhirnya keluar dari band. Ayahnya yang tak rela Andrew diperlakukan sedemikian rupa, menyuruh Andrew melayangkan tuntutan. Apalagi kemudian tersiar kabar kalau salah seorang mantan murid Fletcher meninggal karena bunuh diri, yang diduga depresi sejak diajar Fletcher. Fletcher pun kemudian dipecat dari Shaffer. Andrew memutuskan untuk membuang mimpinya tentang jazz.
Whiplash3
Hingga suatu hari, ia kembali bertemu Fletcher di sebuah kafe jazz. Berbeda dengan sosok killer Fletcher ketika mengajar, di luar, Fletcher adalah sosok lelaki hangat yang inspiratif. Fletcher kemudian mengajak Andrew mengobrol dari hati ke hati dan meyakinkan Andrew untuk kembali pada impiannya. Tidak hanya itu, ia juga mengajak Andrew untuk bergabung dengan bandnya yang akan segera tampil.
Whiplash_2
Ada dua hal yang membuat saya penasaran sama drama ini. Pertama, karena film ini disebut-sebut oleh Lee Je-hoon, salah satu aktor Korea , dalam sebuah wawancara yang saya baca di internet, sebagai salah satu film favoritnya. Saya selalu mengagumi Lee, karena akting dan film-filmnya yang bagus, karenanya, saya pikir selera filmnya pasti juga tidak buruk. Kedua, setelah nonton film La La Land dan browsing di internet, ternyata film ini digarap oleh sutradara yang sama dengan La La Land, Damien Chazelle.
Whiplash6
Dan yah, setelah menontonnya, saya pun paham kenapa Lee konon sangat menyukai film ini. Sinematografi dan cerita film ini memang cukup berbeda dari film-film bertema serupa. Filmnya bernuansa indie, dengan plot dan karakter yang terasa sangat intense. Meski begitu film ini juga tidak sepenuhnya ‘muram’ atau ‘gelap’. Meski karakter utamanya bisa dibilang ‘gila’ tapi tetap digambarkan sisi-sisi manusiawi dengan segala interkasi manusia yang lembut dan hangat. Pesan moralnya juga sangat jelas: jangan pernah menyerah pada impian kita! Dan  jangan lupa juga, musiknya yang sangat jazz dan sophicasted. Apalagi, Damien sang sutradara, memang pernah mempelajari jazz sehingga sepertinya memiliki pemahaman yang memadai tentang jazz.
Whiplash4

Whiplash7
Di sisi lain, menonton film ini, membuat saya merasa cukup ‘sakit’. Saya merasa ‘sakit’ melihat kegilaan karakter-karakternya.  Bukankah musik seharusnya dinikmati? Bukankah impian seharusnya membuat kita bahagia? Di sisi lain, saya juga sadar bahwa ‘dunia mimpi’ apalagi yang berkaitan dengan seni, bukanlah sesuatu yang seindah warna pelangi. Ironis memang, karena seni adalah sesuatu yang membuat dunia indah dan warna-warni. Tapi bagaimana seni tercipta, seringkali bukanlah hasil dari sebuah proses yang selalu menyenangkan. Kenyataannya,  karya seni besar besar justru banyak yang lahir dari pergulatan rasa sakit dan kegilaan. Dan agaknya, hal itu disajikan dengan begitu impresif melalui film ini. Worthed to watch!

Cast:
Miles Teller – Andrew Neiman
J. K. Simmons – Terence Fletcher
Paul Reiser – Jim Neiman (ayahnya Andrew)
Melissa Benoist – Nicole (pacar Andrew)
Austin Stowell – Ryan Connolly
Nate Lang – Carl Tanner

Judul: Whiplash
Sutradara/Penulis: Damien Chazelle
Produser: Jason Blum, Helen Estabrook, Michel Litvak, David Lancaster
Musik: Justin Hurwitz
Sinematografi: Sharone Meir
Editing: Tom Cross
Produksi: Bold Films, Blumhouse Productions, Right of Way Films
Distributor: Sony Pictures Classics
Rilis: 16 Januari 2014 (Sundance)
Durasi: 106 menit
Negara/Bahasa: AS/Inggris

Awards:
– Sudance Film Festival 2014 : – Grand Jury Awards
– Deauville American Film Festiva 2014: Audience Awards
– Academy Awards 2015: – Academy Award for Best Supporting Actor (J.K Simmons), Best Film Editing, Best Sound Mixing
– Grammy Awards 2015: Nominasi  NME Award for Best Film.

Soundtrack Track Listing:
I Want To Be One Of The Greats – Snare Liftoff
Overture – Justin Hurwitz
Too Hip to Retire – Tim Simonec
Whiplash – Hank Levy
Fletcher’s Song in Club – Justin Hurwitz
Caravan – Duke Ellington and Juan Tizol
Practicing – Justin Hurwitz
Invited – Justin Hurwitz
Call From Dad – Justin Hurwitz
Accident – Justin Hurwitz
Hug from Dad – Justin Hurwitz
Drum & Drone  – Justin Hurwitz
Carnegie – Justin Hurwitz
Ryan / Breakup – Justin Hurwitz
Drum Battle – Justin Hurwitz
Dismissed – Justin Hurwitz
–  Good Job (He Was A Beautiful Player)
Intoit – Stan Getz
No Two Words – Nicholas Britell et Justin Hurwitz
When I Wake – Justin Hurwitz
Casey’s Song – Justin Hurwitz
Upswingin’ – Tim Simonec
Rehearsal Medley – First Nassau Band Rehearsal / Second Nassau Band Rehearsal / Studio Band Eavesdrop / Studio Band Rehearsal After Breakup

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: