Beranda > Uncategorized > The King

The King

Park Tae-soo () besar di kota kecil, Mokpo. Ayahnya, yang ditinggal minggat ibunya, adalah seorang kriminal dan pernah dipenjara. Tumbuh di lingkungan seperti itu, Tae-soo pun mengikuti jejak ayahnya menjadi berandalan. Hingga ketika SMA, ia menyadari bahwa untuk menjadi orang yang berkuasa, ia harus menjadi seseorang. Impiannya adalah menjadi seorang jaksa. Tae-soo pun kemudian rajin belajar dan akhirnya diterima di Universitas Seoul. Hidup seolah selalu berpihak pada Tae-soo, begitu lulus kuliah, ia langsung diterima jadi PNS, lalu bertemu istri yang cantik dan berasal dari keluarga terpandang, Sang-hee ().

The King_2

The King_6

Tae-soo menjalani kehidupan yang tenang dan terpandang hingga ia kemudian bertemu dengan Yang Dong-chul () sunbae-nya, yang kemudian menunjukkan Tae-soo ‘jalan lain’ menjadi jaksa yang sukses. Dong-chul juga memperkenalkannya dengan Han Kang- sik (), jaksa terkenal yang menjadi atasannya. Cara sukses ala Kang-sik adalah cara kotor, mengabaikan keadilan dan moral, berkolaborasi dengan para koruptor dan politikus culas. Meski secara nurani merasa terusik, tapi Tae-soo mengikuti cara hidup Kang-sik.

The King_5

The King_7

Choi Du-il () adalah teman Tae-soo ketika di SMA. Sejak dulu, ia dikenal sebagai preman yang tergabung dalam sebuah kelompok gangster di kampung halamannya. Du-il kemudian membantu Tae-soo ‘membereskan’ hal-hal kotor yang tak mungkin Tae-soo tangani. Maka terjalinlah persahabatan di antara keduanya, meski Tae-soo tak sepenuhnya ‘percaya’ pada Du-il.

The King_9

Perubahan politik di Korea mempengaruhi karir Tae-soo. Kang-sik yang serakah memanfaatkan Tae-soo untuk kepentingannya sendiri. Tae-soo jatuh bangkrut dan merasa dikhianati. Dengan ambisinya, Tae-soo kemudian berusaha bangkit dan bertekad untuk menjadi yang berkuasa.

The King_8

Penasaran sama film ini karena cast-nya.  , , , … ditambah lagi sutradaranya adalah sutradara yang membesut film bagus . Dan yah, secara umum sih filmnya cukup bagus dengan moral cerita yang cukup jelas. Hanya saja, entah kenapa, saya tidak terlalu menikmati penyajian film ini yang menggunakan narasi off screen nyaris sepanjang film. Adegan-adegannya disajikan hanya seperti kilasan-kilasan cerita yang diputar cepat-cepat, sehingga karakter-karakter yang ada juga hanya dieksplorasi sekilas-sekilas. Persahabatan Tae-soo Doo-il misalnya, rasanya kurang digambarkan basis kuatnya di masalalu. Dan yah moral ceritanya agak sedikit mainstream sih meski twist endingnya cukup berbeda.

The King_10

Kim So-jin yang actingnya impresif

Untuk akting sendiri, saya pikir semuanya bermain bagus. Hanya saja  sebagai lead actor lebih banyak bercerita daripada berakting, sehingga rasanya akting dia jadi biasa-biasa saja. main bagus juga, tapi aktingnya tidak bisa dibilang stellar. Cukup mengesankan saya pikir adalah , yang memerankan sosok Dong-chul yang ‘licik’ dan penjilat. Dan yah, tentu saja, yang kemudian diganjar sebagai Best New Actor di Baeksang Award lalu (meski menurut saya aktingnya di sini tidak stellar-stellar amat). Juga Kim So-jin, si jaksa idealis Ahn Hee-yeon, yang meski hanya muncul di beberapa adegan, tapi meninggalkan kesan cukup mendalam. Ohya, sebenarnya ada juga beberapa nama yang cukup familiar seperti , ,  , Kim Min-jae dan  .. tapi beberap saya baru ngeh setelah baca daftar cast-nya, karena akting mereka entah karena script atau akting mereka, jadi tidak notable. Tapi secara keseluruhan, film ini cukup layak ditonton, kok. Sinematografinya saya cukup suka, dengan tone dan warna-warna muram dan terkesan agak ‘jadul’ yang memberi sentuhan setting beberapa tahun ke belakang pada film.

 

Cast:
– Park Tae-soo
– Han Kang-sik
– Yang Dong-chul
– Choi Doo-il
Kim Eui-Sung – Kim Eung-soo
– Lim Sang-hee
Kim Min-Jae – Reporter Baek
Jung Sung-Mo – Park Myung-hoon
– Park Si-yeon
– Heo Ki-hoon
Kim So-Jin – Ahn Hee-yeon
– Ms Kim
Jo Woo-Jin – Detektif
Han Soo-Yeon – Kepala Hostes
– Guru SMATaesoo

Judul: The King/ Deo King (더 킹)
Sutradara/Penulis:  
Produser: Lee Jong-Ho,  
Sinematografi: Kim Woo-Hyoung
Rilis: 18 Januari 2017
Durasi: 134 menit
Distributor: Next Entertainment World
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

Awards:
– BaekSang Arts Awards – 2017
Best Supporting Actress (Kim So-Jin)
Best New Actor ()

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: