Beranda > Uncategorized > The Story of Qiu Ju

The Story of Qiu Ju

Qiu Ju () adalah perempuan desa biasa, buta huruf dan tengah hamil tua. Ketika suaminya, Qinglai, cedera kaki karena ditendang oleh Kepala Desa Wang gara-gara bertengkar mulut, Qiu Ju merasa diperlakukan tak adil. Ia merasa si Kepala Desa sudah keterlaluan, dan karenanya, ia menginginkan permintaan maaf. Ketika ia laporkan kejadian itu kepada pemerintah setempat, Wang kemudian didenda sejumlah uang sebagai kompensasi biaya berobat dan kerugian tidak bekerja. Namun bukan itu yang Qiu Ju inginkan. Ia tidak mempermasalahkan uang, tapi yang ia harapkan adalah permintaan maaf dari Kepala Wang. Di sisi lain, Kepala Wang merasa terlalu gengsi untuk mengaku salah dan karenanya tidak bersedia untuk meminta maaf.

The Story of Qiu Ju

The Story of Qiu Ju_3

Merasa tak puas, Qiu Ju pun membawa masalah itu ke pemerintahaan yang lebih tinggi. Dalam keadaan hamil tua, ia nekad kesana kemari demi mencari keadilan yang diharapkan. Hasilnya, sama saja. Keputusan pemerintah daerah hanyalah berupa tuntutan denda kepada Wang, bukannya permintaan maaf. Masih tak puas, Qiu Ju disarankan untuk pergi ke pemerintahan Kota.

The Story of Qiu Ju_4

Ditemani adik perempuannya, Meizi, Qiu Ju pun pergi ke kota. Sebagai orang kampung dengan segala keudikannya, menjejakkan kaki di kota yang begitu ramai membuatnya gamang. Untunglah, ia kemudian bertemu pemilik penginapan baik hati yang kemudian membantunya untuk menemui Wali Kota. Dan untung juga, Wali Kota adalah orang yang baik. Meski begitu, sesuai dengan prosedur, keputusan tentang Kepala Wang tetap sama. Jika dirasa tak puas, Wali Kota menyarankan Qiu Ju untuk menyelesaikannya lewat jalur pengadilan. Dan itulah yang kemudian Qiu Ju lakukan. Di sisi lain, kengototan Qiu Ju membuat orang-orang desa mencemoohnya. Qinglai, suaminya merasa malu dan memintanya berhenti. Tapi bukan Qiu Ju namanya kalau menyerah begitu saja. Meski keputusan pengadilan sendiri kemudian mengecewakannya. Ia pun disarankan untuk naik banding. Syaratnya, bekas luka suaminya harus diperiksa, jika memang ada luka serius maka Kepala Wang akan dihukum.

The Story of Qiu Ju_5

The Story of Qiu Ju_6

Tibalah waktunya Qiu Ju melahirkan. Karena mengalami pendarahan, ia harus dibawa ke rumah sakit. Kepala Wang lah satu-satunya orang yang bisa dimintai tolong. Mengabaikan perseteruan mereka, Kepala Wang membantu Qiu Ju dan suaminya. Sang bayi pun lahir dengan selamat, demikian juga Qiu Ju. Mereka pun mengucap terimakasih kepada Kepala Wang. Namun di saat bersamaan, ditemukan bukti kalau suami Qiu Ju mengalami cedera serius, dan Kepala Wang pun ditahan. Hal yang membuat Qiu Ju sangat kecewa. Karena bukan keadilan seperti itu yang ia inginkan.

The Story of Qiu Ju_9

Hihi, sebuah film yang membuat saya ingin tersenyum getir usai menontonnya. Sebuah cerita tentang makna keadilan versi rakyat jelata yang digambarkan dengan sangat ‘lembut’ tapi juga sangat mengena oleh . Sebuah cerita yang sangat-sangat humanis. Bagaimana, hukum modern seringkali salah paham tentang apa itu sebenarnya keadilan. Dan bagaimana juga, kata ‘maaf’ meskipun terdengar mudah, ternyata adalah sesuatu yang sulit sekali dilakukan. Bagaimana ‘maaf’ yang terdengar ‘remeh temeh’ tenyata memiliki arti yang sangat besar dalam hubungan antar manusia. Selain cerita yang begitu bagus, film ini juga didukung oleh sinematografi ‘eksotik’ ala Zhang yang selalu menampilkan nuansa lokal yang kental.

The Story of Qiu Ju_10

Gong Li yang selalu all out. Salut!

.Dan senang rasanya melihat bagaimana di tengah alam yang terlihat tidak terlalu ramah, masih dihidupi oleh orang-orang yang berhati hangat. Tokoh-tokoh dalam film ini, digambarkan sebagai sosok-sosok manusia biasa, tidak sempurna, tapi tetap memiliki tanggung jawab dan kebaikan hati. Dari segi akting, seperti biasa, bermain sebagai Qiu Ju, si perempuan desa sederhana dengan begitu meyakinkan. Salut untuk aktris satu ini yang selalu all out dalam peran-perannya. Sementara aktor-aktor lain, juga bermain dengan sangat natural. Very good movie!

Cast:

Lei Kesheng
Liu Peiqi
Ge Zhi Jun
Ye Jun
Yang Liu Chun

Judul : The Story of Qiu Ju

Sutradara:
Produser: Feng Yiting, Fung Kwok Ma
Penulis: Liu Heng, Chen Yuanbin (Novel)
Musik: Zhao Jiping
Sinematografi: Chi Xiaoning, Lu Hongyi, Yu Xiaoquin
Edit: Du Yuan
Distributor: Sony Pictures Classics
Rilis: September 1992 (Venice)
Durasi: 110 menit
Negara/Bahasa: China/Mandarin

Awards:
– Venice Film Festival, 1992: Golden Lion, OCIC Award – Honorable Mention, Volpi Cup — Best Actress,
– Vancouver International Film Festival, 1992: Most Popular Film
– Changchun Film Festival, 1992: Golden Deer
– Golden Rooster Awards, 1993: Best Actress — , Best Film
– Independent Spirit Awards, 1994: Best Foreign Film —
etc.

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: