Beranda > Uncategorized > Master of Study

Master of Study

Sebenarnya, saya agak underestimate dengan drama-drama Korea bertema dunia sekolahan, karena seringkali ceritanya ya begitu-begitu saja. Tapi memutuskan untuk nonton drama ini setelah ‘ngeh’ kalau pemainnya adalah sederet aktor/aktris yang cukup saya favoritin, mulai dari dan , hingga trio muda berbakat: , dan .
GOSE01.mp4_000455753
yang memerankan sosok Pengacara Kang, bisa dibilang adalah tokoh utama drama ini. Ia adalah pengacara idealis, dan karenanya, seperti kebanyakan orang idealis, justru miskin secara ekonomi. Suatu hari, ia mendapat pekerjaan untuk membantu menyelesaikan sebuah kasus sengketa sebuah sekolahan, SMA Byeong-Mun, yang terancam ditutup. Sekolah ini dikenal sebagai SMA buangan karena berisikan murid-murid dari kalangan bawah yang terkenal nakal dan bodoh. Tidak hanya itu, karena Kang ternyata adalah alumni sekolah itu dan melihat bahwa sekolahnya terancam ditutup, ia pun  merasa terusik.
GOSE01.mp4_002269305

GOSE03.mp4_000866192
Dengan jiwa martirnya, Kang kemudian bertekad untuk mencegap penutupan sekolah tersebut dengan memperbaiki reputasi sekolah itu. Caranya, dengan memasukkan enam murid agar lulus ujian masuk sebuah PT terbaik. Tentu saja, niatnya ini justru mendapat cemoohan, tidak hanya oleh para guru lain tapi juga murid-muridnya. Meski begitu, Kang tetap pantang menyerah. Dan setelah melakukan berbagai provokasi yang membakar semangat, dibantu salah seoran guru Bahasa Inggris yang berdedikasi, Han Soo-jung (), Kang berhasil ‘merayu’ enam murid untuk ikut kelas khususnya. Mereka adalah:. Hwang Baek-hyeon (), Kil Pul-ip (), Na Hyeon-jeong, Hong Chan-du () dan Oh Bong-ku.
GOSE02.mp4_000072813

GOSE01.mp4_002285165
Baek-hyeon adalah pemuda miskin yang hidup hanya dengan neneknya yang sudah renta, dan berpikir bahwa sekolah tinggi baginya tidak ada gunanya. Pul-ip tinggal dengan ibunya yang mengelola sebuah rumah karaoke, dan tidak pernah memiliki waktu kondusif untuk belajar. Bong-ku sebenarnya adalah anak kesayangan orang tuanya yang tidak terlalu pintar, tapi memiliki semangat dan ketekunan untuk belajar. Chan-du anak orang kaya yang seolah menjadi ‘duri dalam daging’ dalam keluarganya karena alih-alih rajin belajar, ia lebih suka menari, sementara orang tuanya ingin ia berprestasi secara akademik. Na Hyeon-jeong adalah ‘gadis nakal’ yang kesepian dan menemukan arti persahabatan bersama Baek-hyeon cs.
GOSE07.mp4_003208680

GOSE07.mp4_003427872
Demi mewujudkan obsesinya, Kang kemudian mendatangkan guru-guru eksentrik dan menempa keenam orang itu untuk belajar keras. Perlahan, keenamnya pun menemukan semangat untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Yah, sedikit berbeda dengan drama-drama Korea kebanyakan, drama ini memang punya pesan moral yang sangat kuat. Ceritanya sangat fokus pada ‘belajar dan belajar’ dan menurut saya, cukup terlihat meyakinkan. Masing-masing pemainnya juga bermain apik. Saya senang melihat aktor-aktor muda di sini yang bermain sebagai diri mereka sendiri, dengan segala kepolosan sebagai murid-murid SMA yang biasa. Ceritanya juga memang sangat mereka, seusai dengan usia mereka.
GOSE09.mp4_002307763

GOSE08.mp4_000792965
Sayang, cerita dan akting yang bagus di sini, menurut saya tidak didukung dengan penyutradaan, yang terasa kurang ‘greget’ (heran juga karena justru sang sutradara dapat penghargaan di Baeksang, hehe). Plotnya kadang seperti tersendat-sendat dengan cerita yang kadang terasa terlalu kering. Penyajian adegan kegiatan belajar kadang terlalu mengambil banyak porsi sehingga rasanya kok malah seperti menonton tutorial belajar mengajar. Ya bagus saja sih, tapi rasanya ya itu, ceritanya jadi terasa kering. Padahal, menurut saya akan lebih bagus kalau drama ini lebih fokus pada eksplorasi masing-masing karakter dan juga interaksi humanis antar mereka. Dan yah, sedikit lebih banyak pemorsian cinta-cintaan ala anak SMA rasanya juga tak akan mengganggu cerita. Tapi overall, drama yang bagus, terutama dari segi cerita. Dan juga menyenangkan melihat akting aktor-aktor muda Korea, terutama trio , dan , yang di sini, benar-benar terlihat masih innocent.
GOSE13.mp4_003331969
Note:
Berdasarkan manga Jepang “Dragon Zakura” karya Mita Norifusa, juga sudah diadaptasi dalam dorama tahun 2005 (TBS).

Cast:
– Kang Seok-ho
– Han Soo-jung
– Hwang Baek-hyeon
– Kil Pul-ip
Oh Yoon-Ah – Jang Ma-ri
– Hong Chan-du
Park Ji-yeon – Na Hyeon-jeong
Lee Chan-ho – Oh Bong-ku
– Cha Ki-bong
Lee Byung-joon – Anthony Yang
Im Ji-eun – Lee Eun-yu
Shim Hyung-tak – Jang Yeong-sik

Judul: Master of Study/ Kongbu-ui Shin (공부의 신)
Sutradara: Yoo Hyun-Ki
Penulis: Mita Norifusa (manga), Yoon Kyung-Ah
Tayang: KBS2, 4 Januari – 23 Februari 2010
Episode: 16
Negara/Bahasa; Korea Selatan/Korea

Awards:
Awards
– PaekSang Arts Awards 2010: – Best New Director

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: