Beranda > Uncategorized > Baeksang Art Awards 2017

Baeksang Art Awards 2017

Salah satu perhelatan tahunan dalam ajang penghargaan sinema Korea kembali digelar beberapa waktu lalu. Berbeda dengan penghargaan sejenis yang biasanya digelar di penghujung tahun (Blue Dragon, Kofra), Baeksang digelar pada hampir pertengahan tahun, sehingga beberapa film yang menang atau mendapat nominasi di penghargaan yang lain, bisa diprediksi juga masuk di ajang penghargaan ini. Dan memang, nominasi maupun pemenangnya tak jauh berbeda dengan Blue Dragon beberapa waktu lalu.  Saya tidak tahu sih, sebenarnya jangka waktunya seleksi film di ajang ini sampai kapan, tapi saya agak heran juga karena saya pikir, ada beberapa film baru yang dirilis beberapa bulan belakangan kebanyakan film yang masuk nominasi adalah film yang sudah agak ‘lama’. Hal yang membuat saya bertanya-tanya, apa memang beberapa bulan ini tidak ada film yang ‘lebih bagus’? Dan menurut saya, film, aktor, aktris yang masuk nominasi pernghargaan tahun ini tidak ‘segreget’ tahun lalu. Mungkin juga memang setahun ini, tidak banyak film-film bagus yang diproduksi.

The Wailing1

The Wailing yang memang layak jadi The Best Film

Untuk sebagian besar film yang masuk nominasi, sebagian besar sudah saya tonton. Dan yah, saya akui memang film-filmnya cukup ‘berat’ dan berkualitas. Dan saya sangat setuju bahwa The Wailing mendapat penghargaan sebagai Best Film, karena menurut saya, film ini memang “Best”, mungkin bahkan sejauh ini salah satu yang terbaik di antara film-film Korea yang pernah dibuat. Sulit saya mengatakannya, tapi film ini meninggalkan kesan yang sangat mendalam dalam pengalaman menonton saya.

[포토]송강호,신인배우들에게 영광을

Song Kang-ho yang dapat Best Actor untuk filmnya, The Age of Shadows

Untuk kategori Best Actor nominasinya cukup ‘membosankan’ karena aktor yang itu-itu saja. Dan lagi-lagi aktor kawakan yang menyabet penghargaan. Meski memang dia sangat layak mendapatkannya, tapi jujur, saya pribadi berharap ada aktor lain yang mendapatkannya. Rasanya kok tidak ada regenerasi dan mungkin Pak Song sendiri juga sudah bosan karena tiap tahun dapat penghargaan yang sama, hehe. Saya sendiri heran, kenapa sekian banyak aktor-aktor Korea (yang menurut saya banyak yang bagus) kenapa itu-itu saja yang masuk nominasi? Tapi kalau dicermati lagi, memang sejauh ini ya aktor-aktor tersebut memang yang selalu solid bukan hanya soal akting, tapi  juga pemilihan film. Dan sepertinya, kualitas sebuah film juga menentukan kualitas akting, atau juga sebaliknya. Saya sedikit kecewa karena beberapa aktor yang lebih ‘muda’ dan ‘baru’ meski secara kemampuan akting bagus, tapi memang film-film yang mereka bintangi kadang kurang greget.

손예진, '여신의 사랑스러운 하트~'

Son Ye-jin for Best Actress

Hal yang sama juga terjadi pada kategori Best Actress. Pemenangnya lagi-lagi , yang juga sudah langganan penghargaan. Saya sudah nonton dan dia memang berakting bagus, meski rasanya juga tak luar biasa. Sama halnya dengan di The Handmaiden dan (). Tapi mungkin Son menang di filmnya, yang temanya berbau nasionalisme. Sementara untuk dan , saya belum berkesempatan menonton filmnya jadi tak bisa membandingkan.

red-carpet-baeksang-arts-awards-2017-26

Kim Ui-sung yang dapat award untuk perannya di Train to Busan

Untuk kategori aktor dan aktris pendukung, ada Kim Ui-seung () dan Kim So-jin (The King). Utuk Kim Ui-seong, saya setuju. Penampilannya di memang salah satu yang paling memorble bagi saya, sementara Kim So-jin di The King, Saya belum menontonnya. Tapi melihat saingannya (saya sudah nonton penampilan ke-4 nominasi yang lain) yang tidak terlalu mengesankan, saya pikir Kim So-jin mungkin memang yang terbaik.

baeksang17_ryujoonyeol3

Another award for Ryu Jeon-yeol. Congratulation!

Best New Actor jatuh ke yang sebenarnya tidak bisa dibilang baru-baru amat, karena ia sudah membintangi beberapa film sebelumnya. Tapi saya cukup senang dengan kemenangannya. Dia memang punya talenta dan karisma dan rasanya hanya menunggu waktu saja hingga ia memapankan karirnya sebagai aktor yang berkelas. Untuk kategori aktris baru, ada nama Lee Sang-hee. Saya tidak familiar dengannya juga belum melihat filmnya, jadi tidak tahu seperti apa aktingnya. Dan cukup membuat saya penasaran karena saingannya adalah yang menurut saya bermain sangat bagus di The Handmaiden.

baeksang17_gongyoo3

Lucky year for Gong Yoo

Di kategori drama, Goblin mendapat Grand Prize. Yah, agaknya tim produksi drama ini memang sangat ‘beruntung’ karena tahun sebelumnya, drama yang mereka garap () juga memenangkan kategori yang sama. Saya sendiri belum menonton Goblin, tapi dari review yang saya baca, sepertinya tak jauh-jauh dari rumus DOTS yang sebenarnya penuh hal-hal klise. Tapi seperti halnya DOTS, herannya sangat populer dimana-mana. Kenyataan bahwa drama ini mendapat penghargaan Daesang agak sedikit membuat saya mengernyitkan kening. Untuk DoTs, saya bisa menerima karena selain populer gila-gilaan yang artinya juga menyebarkan ‘hallyu wave’ ke seluruh dunia, secara tema juga bisa dibilang berbau nasionalisme. Sementara untuk Goblin, saya pikir lebih karena faktor komersialnya, karena dari segi cerita sendiri menurut saya tidak terlalu ‘berkualitas.’ Tapi yah, memang seperti halnya film, drama-drama setahun belakangan ini menurut saya memang kurang greget sih. Setelah era drama dengan penggarapan nyaris ‘sempurna’ dan isi berbobot seperti , , ... tahun ini, drama-drama yang diputar tidak terlalu menarik, baik dari segi isi maupun penggarapan. Dan karenanya, saya sangat setuju ketika Dear My Friends lah yang mendapat penghargaan untuk Best Drama, karena drama ini memang rasanya yang paling bagus dibanding drama-drama yang dinominasikan. Bahkan sebenarnya lebih bagus dari Goblin.

baeksang17_seohyunjin4

Seo Hyun-jin indeed deserved the award

Untuk kategori aktor dan aktris, saya juga tak terlalu antusias melihatnya. adalah aktor drama yang bisa dibilang senior, dan selalu main bagus di drama-drama romantis. Sebelumnya saya cukup termehek-mehek melihat aktingnya di . Jadi yah, tidak mengejutkan juga kalau dia berakting bagus di Goblin. Meski saya kira aktor lain seperti atau juga sama bagusnya. Hanya saja, mungkin karena drama mereka tak sehits Goblin? Entahlah. Sementara , saya pikir memang sangat layak mendapatkan penghargaan aktris terbaik, setelah perannya yang sangat bagus sebagai Oh Hae-young.  Apalagi, kalau melihat saingannya memang tak terlalu kuat.

baeksang17_leeseyoung1

Lee Se-young for the new best actress

Aktor pendatang baru diraih oleh Kim Min-suk untuk perannya di drama Doctor, sedangkan aktris terbaik diraih . Keduanya sebenarnya bukan benar-benar baru dalam dunia drama, jadi kategori yang diberikan rasanya agak aneh. Tapi yah, saya sudah melihat akting keduanya dan saya pikir mereka berdua adalah aktor muda berbakat, karenanya, cukup layak dengan penghargaan tersebut.
baeksang17_gurumi1
Pada kategori Most Popular, ada dan Yoona untuk kategori film. Semntara kategori drama diraih dan Kim Yoo-jung.  Menurut saya, kategori ini tidak terlalu bergengsi, karena ukurannya adalah popularitas bukan kemampuan akting, tapi yah, it’s okay, begitulah dunia industri bekerja bukan? Whatever, selamat kepada semua pemenang. Chukae!
엑소 디오, 너무 멋져,,,'반칙'

 

Kategori Film
Grand Prize (Daesang) : ( The Handmaiden)

– Best Film: , , , The Handmaiden, Asura: The City of Madness

– Best Director: ( ), (Asura: The City of Madness), (), (The Handmaiden), (On the Beach at Night Alone)

– Best Screenplay: Yoon Ga-eun (The World of Us), (Asura: The City of Madness), (), (The Handmaiden), Lee Ji-min & Park Jong-dae ( )

Best Actor: (), (), (Lucky Key), (Master), ()

– Best Actress: (), (The Handmaiden), ( ), (Bacchuss Lady), (Worst Woman)

Best Supporting Actor: Kim Eui-sung (), (), Bae Sung-woo (The King), Um Tae-goo (), (The Handmaiden)

Best Supporting Actress: Kim So-jin (The King), (), ( ), (), ()

Best New Director: (), Yoon Ga-eun (The World of Us), Lee Yo-sub (The Queen of Crime), Lee Joo-young (Single Rider), Lee Hyun-ju (Our Love Story)

Best New Actor: (The King), (), Woo Do-hwan (Master), Ji Chang-wook (Fabricated City), Han Jae-young (New Trial)

Best New Actress: Lee Sang-hee (Our Love Story), (The Handmaiden), Kim Hwan-hee (), Yoona (Confidential Assignment), Choo Soo-in (Our Love Story)

Most Popular Actor:
Most Popular Actress: Yoona

Kategori Drama TV:
Daesang : (Goblin)
Best Drama: Dear My Friends (TvN), W (MBC), Moonligt Drawn by Clouds (KBS2), Romantic Doctor, Teacher Kim (SBS), Goblin (TvN0

Best Director: Yu In-sik ( Romantic Doctor, Theacher Kim ),   (), (Goblin), Jung Dae-yoon (W), Hong Jong-chan (Dear My Friends)

Best Screenplay: (Dear My Friends), Kang Eun-kyung ( Romantic Doctor, Theacher Kim), (Goblin), Park Hae-young (), Song Jae-jung (W)

Best Actor: (Goblin), (Chef Kim), (Moonlight), (Jeleousy Incarnate), ( Romantic Docter, Theacher Kim)

Best Actress: (), (Goblin), (On the Way to the Airport), (Strong Woman Do Bong-soon), (),

Best New Actor: (), Gong Myung (Drinking Solo), (Strong Woman Do Boong-soon), (Moonlight), (Romantic Doctor)

Best New Actress: (The Gentlemen of Wolgyesu Tailor Shop), Kang Han-na (Moon Lovers), Kong Seung-yeon (The Master of Revenge), Nana (The Good Wife), (),

Most Popular Actor:
Most Popular Actress: Kim Yoo-jung

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

