Beranda > Film Horror/Thriller, Film Korea > The Classified File

The Classified File

Busan tahun 1978. Eun-joo, seorang bocah perempuan anak pengusaha perikanan diculik dan penculik minta uang tebusan. Setelah pencarian berhari-hari tak ketemu, sang ibu dan sang bibi pergi ke sana kemari untuk mencari pertolongan, termasuk pergi ke dukun dan tukang ramal. Salah satu peramal yang mereka datangi adalah Guru Kim (), murid seorang biksu terkenal yang memutuskan ‘turun gunung’ karena  merasa tak cocok prinsip dengan gurunya. Kim satu-satunya yang meramalkan bahwa Eun-joo masih hidup hal yang membuat si ibu dan si bibi percaya. Termasuk anjuran Kim untuk mencari pertolongan pada seorang detektif karena memiliki unsur yang dianggap bisa menyelamatkannya.
the-classified-file
Detektif Kong Gil-yong () adalah detektif yang sebenarnya punya banyak prestasi, tapi karena sifatnya yang terlalu idealis dan slengekan, membuatnya tidak disukai teman-temannya sehingga tidak pernah mendapat kenaikan jabatan. Awalnya, ia tidak terlalu berminat untuk membantu mencari Eun-joo karena wilayah kerjanya berbeda, tapi atas desakan keluarga dan juga hati nuraninya, ia akhirnya setuju membantu. Dan meski ia sempat meremehkan Guru Kim yang dianggap tidak rasional, akhirnya mereka bekerja sama.
the-classified-file3

the-classified-file1
Namun proses penculikan itu cukup rumit. Si pelaku terlalu banyak tingkah. Belum lagi tim internal kepolisian yang tidak kompak dan sibuk memanfaatkan kasus itu sebagai ajang cari muka, yang justru membuat kacau proses penyelidikan. Lee pun dengan idealismenya dan tidak tahan dengan cara kerja timnya, dengan dibantu Guru Kim akhirnya melakukan penyelidikan sendiri dan.. berhasil. Tapi dasar teman-temannya tak tahu malu, mereka sibuk mengklaim keberhasilan itu sebagai hasil kerja mereka dan akhirnya naik jabatan. Sementara Kang dan Kim yang sudah bekerja keras terlupakan.
the-classified-file5
Yah, lagi-lagi soal penculikan anak-anak. Tema yang familiar sekali dalam film Korea. Tapi ya, film thriller selalu menarik karena misteri yang membuat penasaran. Dan saya pikir, film ini mampu menjaga ceritanya dengan baik sehingga membuat penonton ingin terus mengikutinya. Satu hal yang berbeda dari film ini dibanding film tentang penculikan yang sudah ada, karena tema besarnya bukan pada penculikan itu, tapi pada orang yang bekerja untuk mengungkap dan menangkap si penculik. Di tambah lagi, cerita film ini konon memang berdasarkan kisah nyata.  Dan dalam kehidupan nyata, kita memang bisa mendapati kisah yang mirip seperti ini, tentang orang-orang penjilat yang sibuk cari muka dan orang-orang baik yang justru tersingkir. Untunglah, karena juga film ini berdasar kisah nyata, Tuhan tidak tidur dan orang-orang seperti Kang  dan Kim akhirnya bisa memetik buah dari apa yang mereka tanam.
the-classified-file4
Sebuah cerita tentang kebajikan yang diramu dengan bagus. Soal sinematografi blabla, sebagai awam saya melihatnya sih cukup bagus, menggambarkan situasi di tahun 70-an dengan baik. Dari segi akting, semuanya juga bermain dengan baik. bermain bagus sebagai Kang, si detektif pembangkang, meski menurut saya kok karakter yang dimainkannya mirip-mirip ya dengan film-film dia sebelumnya. Akting bagus lainnya adalah sebagai Guru Kim terlihat humble dan tulus. Salut sih untuk ahjussi satu ini karena selalu bisa memberi sentuhan berbeda pada karakter-karakter yang dimainkannya.
Overall, recommended.

Note:
Film ini konon didasarkan pada kisah nyata, penculikan seorang putri orang kaya di Busan yang terjadi pada tahun 1978 dan 1979.

Cast:
– Kong Gil-yong
– Kim Joong-san
Lee Jung-Eun – ibunya Eun-joo
– bibinya Eun-joo
Jung Ho-Bin – Seo Jung-hak
Song Young-Chang – ayahnya Eun-Joo
Hwang Chae-Won – Eun-Joo
Lee Hyo-Je – Kong Sung-Han (anaknya Gil-yong)
Jin Sun-Mi – istrinya Kim Joong-San
Lee Hyo-Je – Sung-Han

Judul: The Classified File / Keukbisoosa
Sutradara:
Penulis: Han Dae-Duk,
Produser: Yoo Joo-Young, Kim Byoung-In
Sinematografi: Ki Se-Hoon
Rilis: 18 Juni 2015
Durasi: 108 menit
Distributor: Showbox/Mediaplex
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: