Train To Busan

Sebenarnya, saya tak terlalu suka film bergenre fantasi, apalagi fantasi thriller. Tapi ada beberapa hal yang membuat saya penasaran sama film ini. Pertama, karena sutradaranya, . Saya sudah nonton film debutannya, , yang banyak mendapat apresiasi. Bagi saya yang awam, menurut saya filmnya memang memiliki kekhasan dan idealisme tersendiri, yang menunjukkan kalau sutradaranya tidak membuat film yang sembarangan.
train-to-busan2
Kedua, film ini diputar di ajang  Festival Film Cannes. Yah, saya tahu kalau film-film Korea memang sering masuk di ajang festival ini, tapi biasanya adalah film dari sutradara-sutradara mapan seperti atau . Dan bahwa film dari sutradara yang bisa dibilang ‘baru’ masuk di sini, menurut saya pastilah ada sesuatu darifilmnya.  Ketiga, saya baca ulasan di internet dan banyak yang bilang kalau film ini bagus. Keempat tentu para cast-nya, aktor-aktor yang cukup familiar bagi saya dan cukup saya sukai: , , .
train-to-busan
Seok-woo () adalah seorang warkaholic. Ia nyaris tak pernah punya waktu untuk putrinya semata wayang, Soo-an. Di hari ulang tahunnya, Soo-an ingin ke tempat mamanya (Seok-woo sudah bercerai) di Busan. Mereka pun pergi dengan naik kereta api.
train-to-busan3
Di dalam kereta api, mereka bertemu beberapa penumpang yang lain. Ada sepasang suami istri, Sang-hwa () dan istrinya, Sung-gyeong ( ), yang sedang hamil tua. Ada Youn-gook, remaja SMA dan kawan-kawan sekolahnya yang hendak tanding baseball dan diikuti pacarnya, Jin-hee. Juga ada Yong-suk, lelaki egois dan pemarah.
train-to-busan6

train-to-busan5
Tanpa ada yang tahu, di antara para penumpang, ada seorang perempuan yang terinfeksi virus aneh dan tiba-tiba berubah menjadi zombie. Ia menyerang penumpang lain dan dalam sekejap, penumpang yang terinfeksi berubah menjadi zombie yang ganas dan agresif. Maka penumpang pun kalang kabut untuk menyelamatkan diri. Tidak hanya itu, karena virus zombie ini juga ternyata menyerang di seluruh kota sehingga kereta api tak bisa berhenti di stasiun-stasiun yang ada. Satu-satunya tempat yang masih aman adalah Busan. Tapi tentu saja, mereka harus berjuang keras melawan serangan para zombie agar bisa selamat sampai ke Busan. Seok-woo yang karena otak bisnisnya, selalu mementingkan diri sendiri, akhirnya sadar bahwa dalam keadaan sulit, ia harus saling membantu dan bekerjasama.

train-to-busan10
Hehe… sebuah film dengan cerita yang bisa dibilang sangat-sangat simple. Tapi anehnya, tetap bisa menjadi sebuah film yang bagus dan enak dinikmati. Meskipun sepanjang film bisa dibilang isinya cuma chaos, kejar-kejaran sama zombie, tapi mampu mengaduk emosi ketika menontonnya. Melihat zombie-zombie yang terus menyerang dan berteriak kadang terasa menggelikan, di sisi lain juga sangat menegangkan melihat para tokoh utama yang berjuang mati-matian untuk menyelamatkan diri. Dan seperti umumnya film Korea, selalu ada drama yang membuat cerita tidak akan kering dan memberi sentuhan humanis yang mengharukan.  Ada hubungan ayah-anak, suami istri, saudara, kekasih, juga sifat mementingkan diri sendiri manusia ketika dalam kondisi terdesak.
train-to-busan13
Meskipun tidak banyak eksplorasi karakter dari para tokohnya, tapi rasanya cukup bisa memahami karakter-karakter tokohnya, yang menurut saya, tentu tak lepas dari permainan bagus dari para aktornya. Semuanya bermain bagus dan pas,  meski , selalu mencuri scene lewat aktingnya sebagai suami penyayang dan pemberani berbadan kekar.

Menurut saya ini adalah film yang brilian. ‘Sederhana’  tapi juga lengkap. Recommended!

Note:
Film ini merupakan sekuel dari film animasi “Seoul Station” yang juga disutradarai

Cast:
– Seok-woo
– Sung-gyeong
– Song-hwa
Kim Soo-ahn – Soo-an
Kim Eui-sung – Yong-suk
Choi Woo-sik – Young-gook
Ahn So-hee – Jin-hee
Jang Hyuk-jin – Ki-chul
– penumpang gelap (pembawa virus)

Judul: Train To Busan / For Busan / Busanhaeng (부산행)
Sutradara:
Penulis: Park Joo-Suk,
Produser: Lee Dong-Ha, Kim Yeon-Ho
Sinematografi: Lee Hyung-Duk
Premiere: Mei 2016 (Cannes Film Festival)
Rilis: 20 Juli 2016
Durasi: 118 menit
Distributor: Next Entertainment World
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

Film Festival:
Cannes Film Festival 2016 – Midnight Screening

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: