Beranda > Uncategorized > Autumn in my Heart

Autumn in my Heart

Ketika booming drama ini, yang juga merupakan awal demam drama Korea, saya belum ‘jatuh cinta’ dengan drama atau sinema Korea. Karenanya, waktu itu, saya sama sekali tak tertarik mengikuti drama ini ketika diputar di salah satu stasiun TV swasta.
endless-love_poster
Belakangan, ketika saya mulai menyukai drama-drama Korea, saya selalu penasaran sama drama ini tapi belum rasanya agak enggan menonton karena tahu bahwa cerita drama ini sangat sedih. Belakangan saya menemukan kopian drama ini dan memutuskan untuk menontonnya.

endless-love6

Moon Geun-young yang jadi Eun-seo kecil.

Yoon Joon-seo dan Yoon Eun-seo (versi kecilnya diperankan yang masih imut) adalah kakak adik yang saling menyayangi. Pun dengan kedua orang tua mereka. Pendeknya, mereka adalah keluarga kecil yang bahagia dan penuh cinta. Hingga suatu hari, terungkap bahwa Eun-seo bukanlah anak kandung keluarga Yoon. Cerita punya cerita, Eun-suh ini tertukar ketika bayi di rumah sakit.
endlesslove_09-avi_001532090
Meski sangat menyayangi Eun-seo, orang tua mereka, terutama sang ayah, sangat penasaran untuk mencari tahu keberadaan anak kandungnya, yang ternyata tak jauh-jauh. Dia adalah Choi Shin-ae, teman sekelas Eun-seo, yang memusuhi Eun-seo karena iri hati. Berbanding terbalik dengan Eun-seo yang hidup bahagia dan kaya, Shin-ae hanya tinggal dengan ibu dan abangnya yang miskin. Ayahnya sudah meninggal ketika Shin-ae lahir. Orangtua Eun-seo merasa bersalah dan kasihan pada kehidupan Shin-ae. Di sisi lain, Shin-ae yang memang selalu iri dengan kehidupan Eun-seo, merasa senang mengetahui bahwa dirinya adalah anak orang kaya dan memutuskan untuk tinggal bersama keluarga Eun-seo.

endlesslove_04-avi_001825658

The never endless beauty Song Hye-kyo

Posisi Eun-seo menjadi serba salah dan tidak nyaman. Apalagi ia juga kasihan melihat ibu kandungnya yang hidup miskin. Akhirnya Eun-seo pun memutuskan untuk tinggal bersama ibunya. Sementara keluarga lama Eun-seo kemudian pindah ke Amerika.

endless-love2

Aw, Song Seung-heon😛

Beberapa tahun berlalu. Joon-seo () yang sudah dewasa kembali ke Korea. Ia juga sudah bertunangan dengan Yu-mi yang cantik. Ia kemudian berusaha mencari Eun-seo (), tapi Eun-seo sudah pindah. Eun-seo yang juga sudah dewasa, sekarang bekerja di sebagai pegawai call center di sebuah hotel. Ia tetap miskin bersama ibunya dan sering dikasari abangnya yang menjadi preman. Di hotel ini, ia kemudian bertemu Han Tae-suk ().

endlesslove_09-avi_003007247

The gergeous Won Bin😛

Han Tae-suk adalah chaebol pemilik perusahaan tempat Eun-seo bekerja. Tae-suk adalah seorang bad boy, yang suka kasar dan playboy.  Tapi setelah ketemu Eun-seo, Tae-suk jatuh cinta sungguhan sama Eun-seo. Tidak hanya itu, karena Tae-suk ini ternyata sahabat baiknya Joon-seo.
endlesslove_04-avi_000993336
Masalah menjadi rumit  ketika akhirnya Joon-seo dan Eun-seo bertemu dan mereka sadar bahwa perasaan mereka bukan lagi sebagai kakak adik. Tidak hanya karena keduanya sudah bersama orang lain, tapi juga penolakan dari orang tua mereka yang tak setuju jika keduanya menjalin cinta. Orangtua Joon-seo yang selama ini selalu menganggap bahwa Eun-seo adalah anak kandungnya, keberatan jika keduanya pacaran.Yu-mi yang posesif juga berusaha untuk tidak melepaskan Joon-seo. Tapi cinta Joon-seo dan Eun-seo begitu dalam dan kuat bahkan oleh maut sekalipun, karena Eun-seo kemudian divonis menderita leukimia dan umurnya tak panjang lagi.
endlesslove_04-avi_002404028
Hmmm…yah… begitulah. Ceritanya sinetron banget. Anak yang tertukar, cinta segi banyak, cinta si gadis miskin dengan pria kaya, penyakit mematikan… yah-yah, cerita yang cenggeng yang cukup melelahkan.Tapi harus diingat, drama ini dibuat ketika yang klise belum menjadi klise, sehingga bisa dipahami bagaimana kemudian waktu itu justru menjadi begitu booming. Dan cukup berbeda dengan cerita serupa ala sinetron, alur drama ini dibuat lebih rapi dan ‘masuk akal.’ Eksekusi-eksekusi adegan-adegannya cukup cepat dan tidak bertele-tele, konflik-konfliknya diselesaikan dengan cepat dan gamblang. Di sini juga tidak ada karakter yang terlalu jahat sehingga tidak sampai membuat gerah menontonnya.
endlesslove_13-avi_003432260
Menurut saya 2/3 bagian drama ini, meski cukup menyesakkan, tapi masih enak diikuti. Saya ikut berdebar-debar setiap kali menyaksikan hubungan Joon-seo & Eun-seo yang penuh kontrol diri dan berharap mereka bisa bersama. Sayang pada episode-episode berikutnya cerita menjadi terlalu melelahkan. Meski sejak awal saya tahu bahwa karakter Eun-seo akhirnya akan divonis menderita penyakit mematikan, tapi menurut saya penulis cerita drama ini terlalu kejam. Rasanya kok tidak adil untuk Eun-seo orang sebaik dirinya, sudah selalu hidup menderita, eh, divonis menderita kanker pula. Dan yah, jangan tanya juga soal endingnya. Beberapa bagian cerita menurut saya juga terlalu bodoh untuk dilogika. Kenapa ayah Joon-seo begitu bodoh meninggalkan Joon-seo kecil kecil sendirian di rumah sakit yang berakibat pada tertukarnya bayi Eun-seo? Jika orang tua angkat Eun-seo begitu mencintai Eun-seo kenapa tidak diadopsi saja sejak awal? Dan karena mereka kaya, kenapa tak diberikan saja uang untuk ibu Eun-seo supaya bisa membesarkan Eun-seo dengan layak? Kenapa juga orang tua Joon-seo jika memang begitu mencintai Eun-seo, menentang hubungan cinta Joon-seo dan Eun-seo? Tokh pada dasarnya mereka berdua tidak punya hubungan darah.
endlesslove_14-avi_001347887
Cerita juga agak nge-drag pada bagian Joon-seo yang memutuskan untuk meninggalkan Eun-seo karena Yu-mi yang posesif. Jika cintanya begitu besar pada Eun-seo, seharusnya dia lebih berani mengambil sikap dan bisa lebih tegas pada Yu-mi. Lalu adegan-adegan sedih di penghujung cerita, menurut saya sudah cerita sedihnya sudah terlalu over sehingga rasanya justru sudah tidak menyentuh lagi.
endlesslove_14-avi_003162178
Terlepas dari ceritanya yang memang demikian, saya pikir cast drama ini yang menjadi kekuatan besarnya. Pemilihan 3 bintang utamanya, menurut saya benar-benar ide brilian dan bisa dipahami jika ketiga bintang ini kemudian benar-benar menjadi sangat populer setelah drama ini. Bagaimana tidak, sepanjang episode mata kita dimanjakan melihat tiga wajah yang begitu rupawan dan rasanya tak pernah bosan untuk dilihat: , , … Plus latar pemandangan musim gugur yang memberi sentuhan romantis pada adegan-adegannya.
endlesslove_04-avi_001564508
Dari segi akting juga tak mengecewakan. yang memang berwajah melonkolis sangat pas membawakan karakter Eun-suh yang penuh penderitaan, tapi tetap memiliki sisi tough. Salut juga untuk dirinya karena dia  banyak sekali adegan menangisnya, yang pastinya bukan adegan yang mudah. Pada bagian-bagian awal, saya sampai ikut-ikutan pengin ikut nangis setiap kali melihat adegan dia yang hidup miskin tapi tetap tabah.

endlesslove_08-avi_000204273

Never enough of Won Bin😛

Won Bin bukan hanya sangat enak dilihat, bermain sangat apik sebagai si bad boy simpatik Han Tae-suk. Dan saya pun paham kenapa karir langsung melejit setelah ini. Tidak hanya tampan, tapi Won Bin memang sungguhan bisa berakting. Di sini, ia mampu membawakan karakter Tae-suk dengan begitu konsisten dari awal sampai akhir. Meski kemdian digambarkan ia berubah menjadi orang yang lebih baik dan lembut setelah bertemu Eun-suh, tak seperti kebanyakan karakter yang biasanya berubah menjadi terlalu manis dan membosankan, karakter Han Tae-suk tetap memiliki sifat dasar bad boy-nya Han Tae-suk yang menurut saya membuatnya tetap menarik.

endlesslove_09-avi_002335708

Song Seung-heon, not so good acting but pretty face🙂

Dari ketiga cast utamanya,  menurut saya justru akting terlemah ditunjukkan . Karakter wajahnya sangat mewakili karakter si Oppa yang memang baik dan penyayang. Untuk adegan-adegan yang tidak terlalu melibatkan banyak emosi, bermain dengan pas. Sayangnya, ia sering kali terlihat kurang berhasil ketika harus memperlihatkan emosi yang mendalam. Pada adegan-adegan sedih dan harus menangis misalnya, ekspresinya sering terlihat kurang meyakinkan. Tapi terlepas dari semua itu, rasanya cukup bisa dimaafkan dengan melihat wajahnya yang sangat manis dan tidak membosankan untuk dilihat. Hehe.
endless-love
Untuk cast-cast pendukung, saya semuanya bermain cukup bagus, termasuk bermain bagus sebagai Shin-ae yang penuh dengki.Bagi penggemar drama Korea, dan penasaran kenapa drama ini bisa begitu populer, silakan dilihat🙂

Cast:
– Yoon Joon-seo
– Yoon/Choi Eun-seo
– Han Tae-suk

– Choi/Yoon Shin-ae
Han Na-Na – SHin Yu-mi
– ibunya Eun-seo
Jeong Dong-hwan – Profesor Yoon
Seo Woo Eun-suk – Lee Kyeong-ha
Choi Woo-hyeok – Joon-seo kecil
– Eun-seo kecil
Lee Ae-jeong – Shin-ae kecil

Judul: Autumn in my Heart / Autumn in the Heart / Autumn Fairy Tale/ Endless Love/ Gaeul donghwa (가을동화)
Sutradara: Yoon Seok-Ho
Penulis: Oh Soo-yun
Tayang: KBS2, 18 September – 7 November 2000
Episodes: 16
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: