Beranda > Film Korea, Uncategorized > Red Family

Red Family

Sebuah keluarga yang terdiri dari Jo Myung-sik, si kakek, Kim Jae-hong  (), suami, Baek Seung-hye, istri dan seorang anak remaja, Oh Min-ji.  Namun, sebenarnya mereka adalah agen Korea Utara yang sedangmenyamar. Masing-masing punya keluarga sendiri di negerinya, tapi dengan berat hati harus ditinggalkan demi tugas negara.

red-family2
Bertetangga dengan mereka adalah keluarga Chang-soo, yang terdiri dari si nenek, suami istri dan Chang-soo, si anak lelaki sebaya Min-ji. Mereka adalah keluarga sungguhan yang selalu mempertengkarkan hal remeh temeh tapi juga saling menyayangi. Hal yang kontras dengan kehidupan para agen yang harus berkutat dengan hal-hal menegangkan menjadi mata-mata dan kadang harus membunuh orang.

Keluarga Chang-soo yang tak menaruh curiga apapun pada keluarga Min-ji selalu bersikap ramah dan memperlakukan mereka dengan hangat. Bahkan Min-ji dan Chang-soo diam-diam menjalin cinta monyet.

red-family2

Kehangatan keluarga Chang-soo ini tak urung membuat masing-masing agen merasa iri dan merindukan keluarganya. Pekerjaan menjadi mata-mata yang membuat mereka harus hidup dalam kepura-puraan dan bahkan tak bisa berkumpul dengan keluarganya, membuat mereka mulai merasa absurd dan frustrasi. Ketika mereka mulai terlibat semakin dalam dengan hidup bersama tetangga mereka, mata-mata lain siap mengawasi dan melaporkan mereka sebagai pengkhianat.

Yah, lagi-lagi film tentang Korea Utara dan seperti umumnya film tentang Korut, temanya tak jauh-jauh dari seputar kisah mata-mata. Tapi hal yang menjadi unik di sini karena film bukan akan bercerita tentang pekerjaan sebagai mata-mata tapi bagaimana beratnya kehidupan sebagai mata-mata. Di film ini, digambarkan bagaimana absurdnya diktatorisme Korut yang menyebabkan warganya hidup penuh tekanan, yang menurut saya digambarkan dengan sangat baik di film ini.

red-familyposter

Meski begitu, saya tak tahu apa memang benar seperti itu kehidupan orang-orang Korut atau ini hanya semacam penggambaran yang saya yakin, cukup subyektif karena film ini memang dibuat oleh orang Korea Selatan. Meski begitu, saya turut merasa prihatin untuk ke sekian kalinya dan rasanya pasti menyedihkan bagi rakyat biasa, bagaimana mereka yang merupakan satu bangsa dan mengalami sejarah masalalu yang sama, harus terpisah menjadi dua negara hanya karena egoisme politik para pemimpin negaranya. Saya sendiri sering  merasa ragu setiap kali mendengar pemberitaan tentang Korut yang katanya penuh represi. Apakah benar memang seperti itu atau itu hanyalah gambaran bersifat propaganda yang dibuat oleh para lawan politiknya? Well, apapun, berharap suatu saat seperti ending film ini, ketika generasi sudah berganti dan muncul anak-anak muda yang berpikiran lebih terbuka dan toleran, masa depan yang lebih baik akan terwujud.

Cast:
Kim Yu-Mi – Baek Seung-hye
– Kim Jae-hong
Son Byung-Ho – Jo Myung-sik
Park So-Young – Oh Min-ji
Park Byung-eun – Ayahnya Chang-soo
Kang Eun-jin – ibunya Chang-soo
Oh Jae-moo – Chang-soo

Judul: Red Family/ Boolgeun Gajok (붉은 가족)
Sutradara: Lee Ju-Hyoung
Penulis:
Produser: Kim Dong-Hoo,
Sinematografi: Lee Chun-Hee
Premier: 23 Oktober 2013 (Tokyo International Film Festival)
Rilis: 6 November 2013
Durasi: 99 menit
Produksi & Distributor: Kim Ki-Duk Film
Negara/Bahasa: Korea Selatan/ Korea

Film Festival:
– Tokyo International Film Festival 2013 – Competition *World Premiere
– Fantasia Film Festival 2014 – Camera Lucida *North American Premiere

Award:
Tokyo International Film Festival 2013:- Audience Award

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: