Beranda > Film Korea > My Dictator

My Dictator

Korea Selatan, berlatar tahun 1972. Kim Sung-geun () adalah pemain teater yang buruk. Ia tidak pernah punya kepercayaan diri ketika tampil di panggung. Padahal, teater adalah satu-satunya tempat ia mencari nafkah untuk menghidupi anak dan istrinya.

my-dictator_poster

Suatu hari, ia mendapat undangan casting dari orang yang mengaku sebagai profesor Huh. Usai casting, ia justru dipukuli hingga babak belur dan dipaksa untuk mengaku sebagai komunis. Karena tak punya pilihan, ia pun akhirnya terpaksa membuat pengakuan. Dan ia pun dinyatakan lulus casting.

my-dictator2

Di bawah pengawasan agen mata-mata, ia disuruh berlatih untuk memerankan tokoh Korea Utara, Kim Il-sung. Bersama dengannya adalah Profesor Huh sang sutradara dan seorang pemuda yang bertindak sebagai penulis. Selama pelatihan, Kim diminta mempelajari paham-paham komunis dan kehidupan Kim Il-sung. Tidak hanya itu, agar perannya benar-benar seperti Kim Il-sung, ia diminta merubah penampilan dan menambah berat badan. Perlahan, Kim pun mulai kesulitan membedakan antara akting dan realita. Ia mulai benar-benar merasa bahwa dirinya Kim Il-sung. Sayangnya, pentas yang dijannjikan batal dan Kim dilepas begitu saja. Frustrasi, Kim pun menenggelamkan diri dalam dunia Kim Il-sung yang dibangunnya. Sosoknya yang semula adalah seorang ayah penyayang, berubah menjadi keras ala diktator.
my-dictator4
Tahun 1994, Kim Tae-shik ( ) adalah putra Kim yang sudah dewasa. Karena tak tahan dengan kegilaan ayahnya, ia sudah lama meninggalkan ayahnya yang sekarang sakit-sakitan. Usahanya sebagai penjual MLM sedang dikejar-kejar hutang. Untuk melunasi hutangnya, ia berniat menjual rumah milik ayahnya yang sedang diincar pengusaha properti. Demi untuk mendapatkan segel ayahnya, Tae-sik pun kemudian merawat ayahnya. Tapi itu adalah hal yang sulit karena ayahnya masih saja hidup dalam dunia Kim Il-sung yang dibangunnya.
my-dictator8
Berhubung saya tidak punya korelasi sejarah dengan cerita film ini, jujur saya agak bingung dengan maksud cerita film ini. Bahwa Sung-geun adalah sebagai korban dari diktatorisme yang berbeda? Ceritanya menurut saya terlalu personal dan membuat saya bertanya-tanya apa ini terinspirasi dari kisah nyata?
my-dictator3
Terlepas dari kebingungan itu, film sendiri digarap dengan bagus dengan jajaran cast yang bagus pula. Sebagai pemeran utama ada sebagai Kim Sung-geun yang ‘kerasukan’ Kim Il-sung, dan terlihat effortless sebagai Tae-sik. Patut diacungi jempol juga akting aktris pendatang baru, sebagai Ye-jung, yang menurut saya terlihat percaya diri beradu akting dengan aktor sekelas Park Hae-il.

Cast:
– Kim Sung-geun
– Kim Tae-sik
Yoon Je-Moon – Kepala Seksi Oh
Lee Byung-Joon – Profesor Heo
– Yeo-jung
– Penagih Utang Baek
– aktor
Lee Kyu-Hyung – Chul-Joo
Son Sang-Gyeong – Deongchi (big man)
Lee Joon-Hyuk – Ki-Chul
Son Young-Soon – ibunya Sung-Geun

Judul: My Dictator/ Naui Dogjaeja (나의 독재자)
Sutradara: Lee Hae-Jun
Penulis: Lee Hae-Jun, Park Chul-Hyun
Produser: Jung Doo-Hwan, Kim Moo-Ryung
Sinematografi: Kim Byung-Seo
Rilis: 30 Oktober 2014
Durasi: 128 menit
Distributor: Lotte Entertainment
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: