Beranda > Film Korea > Right Now, Wrong Then

Right Now, Wrong Then

Film ini dibagi ke dalam dua bagian. Bagian pertama diberi judul  “Right Then, Wrong Now”
right-now2
Ham Chun-soo () adalah seorang sutradara film. Ia datang ke kota Suwon untuk menghadiri pemutaran filmnya dan mengisi diskusi pendek. Karena ia datang sehari lebih cepat, ia kemudian menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan. Pertama, ia ditemani salah satu panitia acara, Yum Bo-ra (), seorang gadis muda yang terlihat mengagumi Chun-soo. Dalam off-screen narasi, Chun-soo mengatakan pada dirinya untuk menjaga dirinya agar tak tergoda kecantikan Bo-ra. Dan penonton pun segera tahu,  karakter Ham Chun-soo.

Perjalanan selanjutnya, Chun-soo mengunjungi istana Hanggung seorang diri. Di sana, ia kemudian bertemu Yoon Hee-jung (), seorang gadis cantik yang tampak kesepian. Chun-soo mengajak Hee-jung berkenalan, yang awalnya ditanggapi berjarak oleh Hee-jung. Tapi ketika Chun-soo menyebut siapa dirinya, Hee-jung terlihat mulai terbuka. Ia menceritakan bahwa dirinya saat ini sedang menekuni dunia lukis,  meski ia merasa dirinya bukan pelukis yang bagus. Pembicaran pun menjadi hangat.
right-now
Chun-soo kemudian mengajak Hee-jung minum di kafe dan Hee-jung terlihat mulai santai dan nyaman menceritakan dirinya pada Chun-soo. Chun-soo juga terlihat semakin tertarik. Hee-jung bahkan kemudian mengajak Chun-soo ke studionya dan menunjukkan lukisannya. Chun-soo memberi komentar tentang lukisan Hee-jung dengan hati-hati dan Hee-jung tampak tak terlalu puas. Mereka jalan lagi, singgah di warung sushi dan minum soju. Dalam keadaan agak mabuk, Hee-jung mengajak Chun-soo ke pesta di tempat temannya, So-yoong.
right-now4
Di tempat ini, Chun-soo mendapat banyak puja-puji dari teman Hee-jung yang mengagumi film-filmnya. Hee-jung kemudian meninggalkan Chun-soo dan teman-temannya, pergi ke ruangan lain untuk berisitirahat. Beberapa saat kemudian, terlihat Hee-jung berjalan dalam keadaan letih dan diomeli ibunya yang menunggunya di depan rumah.

Keesokan harinya,  Chun-soo menghadiri pemutaran film dan melakukan sesi tanya jawab. Ketika MC acara () mengajukan pertanyaan yang agak sensitif, ia menjawab dengan emosional. Ketika ia hendak pulang, ia terlihat sangat kesal.
right-now3
Film kemudian berhenti disitu dan beralih pada bagian kedua. “Right Now, Wrong Then. ”

Pada bagian ini, adalah semacam pengulangan dari bagian pertama, minus moment Chun-soo menghabiskan waktu bersama Bo-ra. Cerita dimulai dari bagian Chun-soo berjalan-jalan di istana dan kemudian bertemu Hee-jung. Pada dasarnya, tak ada perubahan secara alur. Mulai dari perkenalan, minum di kafe, kunjungan ke studio Hee-jung, minum di kedai sushi, bertemu teman-teman Hee-jung, sesi pemutaran film… semuanya bisa dibilang sama persis. Yang membedakannya hanyalah beberapa bagian dalam komunikasi antara Chun-soo dan Hee-jung yang kemudian juga merubah suasana dan hubungan di antara keduanya. Yah, bagaimana kadang cara berbeda dalam komunikasi menghasilkan interaksi yang berbeda pula. As simple as that.
right-now5
Seperti sudah sering saya tulis, saya hanyalah orang awam yang tak paham tentang sinematografi ala arthouse blabla, dan sejujurnya saya tak sepenuhnya paham apa yang hendak disampaikan dalam film ini. Meski begitu, saya tetap bisa menikmati filmnya yang sangat khas. Gaya penceritaan yang terasa kasual dan sehari-hari, dengan karakter-karakter yang terasa familiar dalam film-film Hong, menyoroti kejadian dan obrolan yang terlihat ‘sederhana’ dan kemudian membuat kita yang menonton sadar, bahwa dalam sebuah kejadian sangat ‘sederhana’ pun ternyata implikasinya tak pernah sesederhana kelihatannya.

Cast:
– Ham Chun-soo
– Yoon Hee-jung

– Yum Bo-Ra
– Ahn Sung-Guk
Choi Hwa-Jung – Bang Soo-Young
Seo Young-Hwa – Joo Young-Sil
Youn Yuh-Jung – Kang Duk-Soo
Gi Ju-Bong – Kim Won-Ho

Judul: Right Now, Wrong Then/ Jigeumeunmaggogeuttaeneuntteulrida (지금은맞고그때는틀리다)
Sutradara/Penulis:
Produser: Kim Kyounghee
Sinematografi: Park Hongyeok
Premiere: 13 Agustus 2015 (Locarno IFF)
Rilis: 24 September 2015
Durasi: 121 menit
Distributor: Next Entertainment World
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

Film Festival:
– Locarno International Film Festival – 2015 – Concorso internazionale *World Premiere
– Toronto International Film Festival – 2015 – Masters *North American Premiere
– Busan International Film Festival – 2015 – Korean Cinema Today: Panorama
– Tokyo International Film Festival – 2015 – World Focus *Japanese Premiere

Awards
– Locarno International Film Festival – 2015:
Golden Leopard – Best Actor ()
– Korean Association of Film Critics Awards 2015:
Best Actor ()

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: