Beranda > Drama Korea > Twenty Again

Twenty Again

Ha No-ra () di masa mudanya adalah gadis yang ceria, pintar dan enerjik. Ia hanya tinggal dengan neneknya yang berjualan topokki. Cita-citanya menjadi penari, bersama sahabatnya, Ra Yoon-young dan Cha Hyun-suk. Namun impiannya terkubur ketika di usia 19 tahun, ia menikah karena hamil setelah menjalin hubungan sesaat dengan seorang mahasiswa tampan, Kim Woo-chul (). Ia kemudian ikut suaminya yang melannjutkan kuliah ke Jerman dan menjalani kehidupan sebagai seorang ibu dan istri, melupakan semua mimpinya.

Ha No-ra yang tak bahagia

Ha No-ra yang tak bahagia

Sekarang, 20 tahun berlalu sudah. Usianya sudah 38 tahun. Pernikahannya yang memang selama ini tidak bahagia, diambang kehancuran karena suaminya yang ternyata diam-diam memiliki perempuan lain, ngotot untuk menceraikannya. Ha No-ra menolak untuk diceraikan, lebih karena merasa takut dengan kehidupannya daripada karena masih mencintai suaminya. Demi untuk mengimbangi suaminya yang sekarang menjadi dosen dan selalu mengeluhkan bahwa dirinya tidak bisa diajak berkomunikasi, No-ra pun berniat untuk kuliah lagi. Masalahnya, anaknya, Kim Min-soo juga hendak masuk kuliah dan merasa malu jika No-ra masih kuliah. Tidak hanya itu, karena ternyata No-ra dan anaknya dterima di universitas yang sama. Dan di waktu bersamaan pula, suaminya pindah mengajar di universitas yang sama.

PDVD_011

Suami No-ra yang narsis dan egois

Suami No-ra yang narsis dan egois

Nora sudah hendak urung kuliah, ketika tiba-tiba mengalamai salah diagnosis dan divonis menderita kanker pankareas. Berpikir untuk melakukan hal-hal yang ingin dilakukan sebelum meninggal, ia pun akhirnya nekad kuliah.

Cha Hyun-suk, teman lama yang menyimpan dendam pada No-ra

Cha Hyun-suk, teman lama yang menyimpan dendam pada No-ra

Dan dimulailah hari-harinya sebagai mahasiswa, yang tentu saja tak mudah. Karena usianya tak muda lagi, ia keteteran mengikuti perkuliahan dan mendapat perlakuan diskriminatif dari teman-teman seangakatan yang masih muda-muda. Ia juga harus menyembunyikan diri dari anak dan suaminya.Tidak hanya itu, karena ada kebetuan lain yang membuat hari-harinya semakin sulit, Cha Hyun-suk () , teman SMA-nya yang menyimpan sakit hati kepadanya, ternyata menjadi salah satu dosennya.

Back to 20s

Back to 20s

Cha Hyun-suk, di masala adalah cowok yang kurang populer. No-ra yang kala itu adalah cewek populer, menawarkan persahabatan. Tidak hanya itu, karena Hyun-suk juga kemudian berhubungan baik dengan nenek No-ra. Bersama mereka sering menghabiskan waktu bersama dan diam-diam, Hyun-suk jatuh cinta pada No-ra. Sebelum Hyun-cuk sempat mengungkapkan perasaannya, diketahui kemudian No-ra menikah dan pergi ke Jerman bersama Kim Woo-chul. Hyun-suk semakin sakit hati ketika kemudian bahkan No-ra tak pernah mengunjungi neneknya hingga neneknya meninggal. Dan kenyataannya, hingga sekarang, Hyun-suk belum bisa move on dari Ha No-ra. Ketika perlahan mulai mengetahui keadaan No-ra yang sebenarnya, Hyun-suk pun berusaha membantu No-ra.

bahkan antagonisnya pun  cukup lovable

bahkan antagonisnya pun cukup lovable

Yah, dari judulnya sudah ketebak lah akan seperti apa jalan cerita drama ini. Yups, romance. Menjadi sedikit berbeda karena melibatkan kisah cinta antara orang-orang yang sudah cukup berumur yang seolah-olah kembali ke usia 20-an. Membaca sinopsisnya di awal, saya sempat agak underestimate. Tadinya saya mengira ini akan menjadi cerita romance antara orang dewasa yang bertingkah ala orang-orang belia. Dan saya agak risih membayangkannya. Tapi ternyata tidak kok. Cerita drama ini dikemas sedemikian rupa sehingga para karakternya tetap bertingkah ala orang dewasa, tapi tetap memiliki nuansa ceria dan enerjik ala kehidupan orang muda. Dan meski romance menjadi bagian penting, tapi cerita drama ini juga tidak akan melulu soal cinta, kok. Melainkan lebih pada bagaimana perjuangan seorang perempuan yang tak lagi muda, berusaha untuk menjalani kehidupannya dengan positif dan bahagia.

Kim Hee-chan yang main bagus sebagai Hyun-suk muda

Kim Hee-chan yang main bagus sebagai Hyun-suk muda

Lee Sang-yoon yang selalu lovable

Lee Sang-yoon yang selalu lovable

Semua konflik dibangun dengan latar cerita yang masuk akal. Bahkan tindakan ‘jahat’ suami Ha No-ra juga bisa dipahami. Karakter-karakternya unik, menarik dan realistis. Bahkan sosok antagonis pun tetap menarik karena digambarkan dengan sangat manusiawi. Hal ini tentu juga tak lepas dari akting para pemainnya yang patut diacungi jempol. bermain bagus sebagai si ibu muda yang naif dan polos, Ha No-ra. bermain bagus (dan seemed so good looking, he) sebagai si profesor pemarah dan kekanakan, Cha Hyun-suk. Satu hal yang saya suka dari karakter Cha Hyun-suk adalah karakternya yang tak berubah dari sejak remaja, meskipun dimainkan oleh aktor yang berbeda dan saya pikir, itu juga tak lepas dari bagusnya akting dari kedua aktor yang memerankan karakternya ini (saya baru ngeh kalau yang jadi Hyun-suk muda adalah aktor muda yang memang selalu main bagus meski hanya sebagai side characters). Para second leads juga bermain bagus. bermain bagus sebagai Kim Woo-chul yang narsis dan egois, dan Park Hyo-joo terasa pas sebagai Kim Yi-jin yang agak genit tapi sebenarnya baik dan kesepian.

twenty again

Hal lain yang juga saya suka dari drama ini (menurut saya kebanyakan drama-drama yang diputar di TvN), kehidupan yang menjadi latar cerita dibangun dengan sangat baik. Para side characters di luar tokoh utama tetap terasa penting dan menciptakan ‘dunia’ yang terasa natural dan hidup. Jika biasanya saya agak tak sabar mengikuti interaksi antara karakter utama dengan karakter pendukung, tidak dengan drama ini. Saya cukup menikmati adegan-adegan Ha No-ra bersama sahabatnya, bersama teman-teman kuliahnya, atau adegan Cha Hyun-suk bersama asistennya, dan bahkan adegan Kim Woo-chul bersama selingkuhannya terasa menarik untuk diikuti. Sedikit membosankan bagi saya justru bagian Kim Min-soo dan pacarnya Hye-mi dengan cerita cinta yang begitu standar. Saya merasa bagian ini hanya sebagai pelengkap untuk menarik penonton yang lebih muda saja. Tapi sama sekali tidak mengganggu cerita, kok.

MMedmc

Overall, drama ini terasa enjoyable untuk ditonton. Ringan tapi tetap berisi. Saya nggak tahu, tapi mungkin ini merupakan perpaduan yang solid antara script yang rapi, penyutradaraan yang baik dan jajaran casts yang juga bermain apik. Sedikit mengusik saya, adalah konflik di episode-episode terakhir yang terasa sedikit bertele-tele seolah dibuat hanya untuk memenuhi jumlah episode. Tapi bagi penggemar drama Korea, tentu sudah terbiasa dengan ‘lubang’ seperti ini, dan di drama ini sebenarnya tidak terlalu mengganggu keasyikan mengikuti ceritanya., kok.

Cast:
– Ha No-ra
– Cha Hyun-suk
– Kim Woo-chul
Kim Min-Jae – Kim Min-soo
Park Hyo-joo – Kim Yi-jin

Son Na-eun – Oh Hye-mi
Jung Soo-young – Ra Yoon-young
Choi Yoon-so – Shin Sang-ye
No Young-Hak – Na Soon-Nam
Jin Ki-Joo – Park Seung-Hyun
Kim Gang-Hyun – Seo Dong-Cheol
Ban Hyo-Jung – neneknya No-Ra
Ha Seung-Ri – Ha No-Ra (young)
– Cha Hyun-Suk (remaja)
Kang Tae-Oh – Kim Woo-Chul (remaja)
Im Ji-Hyun – Ra Yoon-Young (remaja)

Judul: Second Time Twenty Years Old/ Twenty Again/ Doobunzzae Seumoosal (두번째 스무살)
Sutradara: Kim Hyeong-Sik
Penulis: So Hyeon-Kyeong
Tayang: tvN, 28 Agustus – 17 Oktober 2015
Episode: 16
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: