Beranda > Film Action, Film Korea > Phantom Detective

Phantom Detective

Ini adalah salah satu film yang saya tunggu-tunggu rilisnya. Ada dua hal yang menjanjikan dari film ini: ini adalah karya berikutnya dari sutradara yang pernah diganjar sebagai sutradara film terbaik, Jo Sung-hee, untuk filmnya yang ngehits banget: “” dan dipuja-puji karena gaya filmnya yang unik. Kedua, tentu saja adalah pemeran utamanya, , aktor muda yang ‘tidak pernah gagal’ memerankan karakter-karakter sulit dan juga sepertinya selalu selektif dalam memilih film-filmnya. Selain itu juga ada nama yang juga selalu berakting bagus dan yang meski aktingnya tidak selalu berhasil, tapi juga lumayan lah.
Phantom_Detective-poster
Tokoh utama film ini adalah seorang detektif jenius yang menderita amnesia, Hong Gil-dong. Bagi penggemar drama Korea, tentu tokoh Hong Gil-dong tidaklah asing karena pernah dibuat dramanya dengan judul yang sama (dibintangi sama dan ). Konon Hong Gil-dong ini memang semacam sosok legenda dalam cerita rakyat Korea. Dan konon, sosok Hong Gil-dong di film ini juga memang terinspirasi dari cerita rakyat itu.

pd

Lee Je-hoon sebagai si detektif Hong Gil-dong

Tapi berbeda dengan sosok Hong di cerita rakyat yang merupakan hero, sosok Hong Gil-dong () di sini bisa dibilang seorang antihero. Ia seorang detektif jenius yang bekerja di bawah organisasi detektif, Hwangbildang yang diketuai seorang perempuan cantik anak orang kaya, Hwang ().

pd0

Si mata satu Kim Byeok-do

Hong di sini bukanlah orang yang simpatik. Akibat trauma masalalu, ia mengalami amnesia. Kepribadiannya cenderung egois dan kejam. Ia tidak terbiasa memiliki hubungan sosial dengan orang lain.  Ketika perlahan ingatannya kembali, satu-satunya aadalah bahwa ibunya dibunuh dan meminta dirinya untuk membalaskan dendam pada seorang lelaki bermata satu, Kim Byeok-do ().

pd14

Kim Sung-kyun yang main bagus sebagai si jahat Kim Sung-il

Sayang, ketika ia hendak menemui Kim Byeok-do, sudah ada orang yang mendahuluinya. Sebuah kelompok misterius yang diketuait Kang Sung-il () yang jahat dan bengis. Kang ini punya niat jahat untuk menghancurkan desa Kim. Cerita menjadi semakin menarik karena Kim Sung-il ternyata tahu banyak tentang siapa sebenarnya Hong berikut masalalunya.
pd6

pd8
Tidak hanya itu, karena Hong kemudian justru bertemu dengan dua cucu Kim yang masih kecil-kecil, Mal-soon dan Dong-yi. Awalnya, Hong yang berhati dingin, hanya ingin memanfaatkan kedua bocah ini sebagai sandera. Tapi seiring waktu kebersamaan mereka,  Hong, yang selama ini selalu berpikir pragmatis, kemudian dihadapkan pada situasi yang melibatkan nuraninya karena ia mulai jatuh sayang pada anak-anak manis ini. Hong pun kemudian dilanda perasaan dilematis karena bagaimanapun, mereka berdua adalah cucu dari musuh bebuyutannya. Dan di sinilah kemudian salah satu moment terbaik film ini disajikan, interaksi Hong dan para bocah yang diselipi humor lucu dan mengharukan. Untuk hal ini, cast para bocah, terutama pemeran Mal-soon yang begitu ‘hidup’,  patut diacungi jempol. Dan saya pikir, juga tak lepas dari kemampuan akting yang mampu membangun chemistry dengan para bocah dengan begitu baik.

pd18

Love this team😀

Hmm, yah, saya memang terlalu berekpektasi pada film ini. Dan harus saya akui, setelah menontonnya, film ini tidak bisa dibilang sempurna. Ketegangan di bangun sejak awal terasa intens dan membuat penasaran, tapi entah bagaimana ke tengah, cerita menjadi agak melambat. Beberapa adegan suspense-nya menurut saya tidak dieksekusi dengan cukup memuaskan. Sinematografinya yang  bergaya noir bisa dibilang adalah sesuatu yang baru dalam perfilman Korea, tapi kok semakin ke sini saya merasa bahwa film ini menjadi agak terlalu kehollywood-hollywoodan.  Dan berhubung saya tidak terlalu bisa menikmati film action, saya juga tak bisa menikmati aksi bunuh-bunuhan di sini.

pd108
Tapi di atas itu semua, secara keseluruhan film ini tidak mengecewakan dan tetap recommended untuk ditonton. Ceritanya menarik, tidak melulu soal balas dendam dan dar-der-dor tapi juga tentang hubungan humanis antar karakternya (terutama Hong dan para bocah).  Dan bagi saya, selalu menarik melihat bagaimana si tokoh utama menjadi ‘a better person’ dalam sebuah cerita.  Film ini juga disajikan dengan begitu  manis lewat interaksi yang terlihat begitu natural antara Hong dengan bocah-bocah. Meskipun ceritanya intens, tapi selipan humornya terasa lucu dan orisinal.  Semua castnya bermain dengan baik. Selain dan dua aktor cilik Roh Jeong-eui (Dong-yi) dan Kim Ha-na (Mal-soon) juga ada yang bermain apik sebagai si antagonis,  Kim Sung-il. Sedikit disayangkan menurut saya adalah sosok yang sebenarnya punya cukup nama besar. Meski karakternya sebenarnya digambarkan cukup penting dalam cerita, tapi adegan yang melibatkannya di sini sangat sedikit dan sekilas-sekilas.
pd10
Selain itu, menonton film ini juga membuat saya berpikir kalau film ini mungkin akan dibuat sekuelnya karena beberapa bagian ceritanya menurut saya masih menggantung. Entah sih, karena sejauh ini saya belum mendengar berita tentang hal itu di internet. Dan meski saya tak terlalu suka ide film yang memiliki sekuel, saya pikir saya tak keberatan untuk menonton kalau film ini memang dibuat sekuelnya kelak. Dengan jajaran cast utama yang sama tentunya. Well, who knows? Hehe..

Cast:
– Hong Gil-dong
– Kang Sung-il
– Hwang
Roh Jeong-Eui – Dong-yi
Kim Ha-na – Mal-soon
– Kim Byeong-duk
Jung Sung-hwa – Pemilik Penginapan
– saudaranya pemilik penginapan

Yoo Seung-Mok – pemilik bengkel mobil
Hong Young-Geun – Kim Jin-Ho
Yoon Young-Kyun – Choi Tae-Jung
Lee Joon-Hyuk – pemilik agen real estate
Lee Min-Ji – Tracksuit Girl
– anggota Gwangeunhwe yang mengikuti Hong Gil-Dong (cameo)
Ko Woo-Rim – Hong Gil-Dong (kecil)

Judul: Phantom Detective / Detective Hong Gil-Dong: Disappeared / Tamjung Honggildong: Sarajin Maeul (탐정 홍길동: 사라진 마을)
Sutradara/Penulis: Jo Sung-Hee
Produser: Shin Chang-Hwan
Sinematografi: Byun Bong-Sun
Rilis: 4 Mei 2016
Durasi: 125 menit
Distributor: CJ Entertainment
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: