Beranda > Drama Korea > Descendants of the Sun

Descendants of the Sun

Yoo Shi-jin) adalah seorang kapten tentara pasukan khusus. Ia terbiasa dengan tugas-tugas negara yang sulit dan berbahaya sekaligus rahasia. Sementara Kang Mo-yeon () adalah seorang dokter bedah di sebuah rumah sakit. Sebuah ‘kebetulan’ mempertemukan mereka dan dalam waktu singkat, saling jatuh cinta (meski saya tak suka dengan ide jatuh cinta pada pandangan pertama, tapi di sini cukup masuk akal karena Kang Mo-yeon yang cantik dan Shi-jin yang menarik).

descendant7

The lovable Song Joong-ki

Ketika keduanya sepakat untuk mulai menjalin hubungan, masalah mulai muncul terkait dengan profesi Shi-jin.  Sebagai tentara pasukan khusus, ia harus siap pergi setiap saat untuk menjalankan tugasnya dan tidak bisa berterus terang tentang misi-misinya pada Mo-yeon. Selain itu, profesi mereka juga bertolak belakang: Mo-yeon sebagai dokter yang bertugas menyelamatkan orang sedangkan Shi-jin adalah tentara yang kadang harus membunuh orang.
descendant2
Namun cinta di antara keduanya semakin kuat ketika mereka sama-sama bertugas di sebuah negara pasca perang di Timur Tengah (negaranya fiktif). Mo-yeon memimpin relawan medis dan Shi-jin sebagai kapten pasukan penjaga perdamaian. Di tengah menjalankan tugas profesi mereka, mereka berdua pun berusaha untuk lebih saling memahami dan menerima satu sama lain.

Saya menyukai dua cast utamanya, dan  . Meski begitu, ketika mendengar kabar bahwa keduanya akan dipasangkan dalam satu drama, saya merasa cukup khawatir dan meragukan chemistry mereka. Meskipun tetap terlihat cantik dan awet muda dan usia keduanya tak terpaut terlalu jauh ( 34 dan   31), tapi   memiliki tampang yang cukup imut-imut. Di sisi lain, cerita drama ini juga terasa tidak terlalu kuat. Apalagi juga, saya baca kalau penulis drama ini adalah penulis yang sama dengan penulis drama , (yang menurut saya salah satu drama dengan cerita yang buruk) dan Secret Gardens (yang hanya sanggup saya tonton separuh-separuh). Meski begitu, saya tetap meanantikan drama ini dengan sedikit harap-harap cemas. Akan sangat disayangkan kalau dua bintang yang lovable ini ‘jatuh’ dalam drama yang buruk.
descendant4
Saya mengikuti resensi drama ini sejak episode pertama dan merasa lega, karena ternyata reviewnya begitu positif. Tak tanggung-tanggung, karena drama ini segera saja menjadi tren dan meraih rating tertinggi di masa penayangannya di negara Korea sono. Saya tak tahu, apa itu karena nama besar dua pemeran utamanya, dan   atau memang karena ceritanya yang dianggap benar-benar menarik.

Saya pribadi, meski cukup senang dengan bagusnya penerimaan publik pada drama ini, tapi jujur, sebenarnya saya tidak terlalu menyukai cerita drama ini. Tokoh tentara dan latar perang, adalah hal yang cukup baru dalam drama Korea dan cerita drama ini juga berusaha mengetengahkan isu-isu kemanusiaan, namun entah bagaimana saya merasa eksekusinya terlalu cheesy. Sosok prajurit Yoo Si-jin digambarkan sebagai sosok superhero yang selalu terlibat dalam hal-hal penting dan mampu menyelesaikan masalah dengan sempurna.

descendant

Jin Goo, aktor yang cukup senior yang baru mendapat popularitas🙂

Konflik-konfliknya juga terasa terlalu drama (si antagonis Argus) dan klise. Hal lain yang agak mengusik saya adalah chemistry antara dan  . Bagaimanapun mereka seperti berusaha keras untuk menunjukkan romance antara Yoo Si-jin dan Kang Mo-yeon, tapi saya masih merasa bahwa keduanya terasa kurang pas sebagai pasangan. Belum lagi eksekusi adegan-adegan romance di antara keduanya yang kadang juga terasa kurang elegan. Juga romance antara dan , yang begitu ramai dibicarakan oleh netizen, menurut saya juga biasa-biasa saja. Dan untuk hal ini, tentu yang bermasalah adalah script/penyutradaraaannya.

Khusus untuk , saya agak merasa lucu karena lewat drama ini tiba-tiba dia menjadi begitu populer. Sebagai penggemar sinema Korea saya sudah cukup familiar dengan , meskpipun selama ini dia bisa dibilang spesialis 2nd man, tapi kemampuan aktingnya tidak perlu diragukan dan dia sudah cukup lama wara-wiri berakting di film berkualitas ( . Justru di drama ini, menurut saya aktingnya biasa saja tapi disini  dia dipuja-puji. Sementara untuk , yah menurut saya dia berakting cukup bagus, meski saya kurang menyukai karakternya di drama ini.
descendant1
Meski begitu, di atas segala kekurangannya, sekali lagi saya cukup puas dengan popularitas drama ini dan puja-puji pada para cast-nya. Saya cukup menyukai dua karakter utamanya, Yoo Si-jin dan Kang Mo-yeon. Saya senang karena baik   maupun sama-sama mendapat peran utama dengan eksplorasi karakter yang berimbang. Dan saya senang bagaimana melihat bahwa bagi keduanya, tidak melulu hubungan cinta mereka yang utama, tapi profesi mereka sebagai prajurit dan dokter.  , menepis keraguan publik dengan tampang imutnya, mampu memerankan sosok Yoo Si-jin yang manly dan juga bermain baik sebagai seorang dokter yang dedicated sekaligus sosok cewek sassy. saya juga lega dengan jumlah episodenya yang standara, 16 episode, meskipun begitu populer. karena drama ini memang konon pre-produksi.

descendant6

Whatever, feeling happy for their high popularity

Yah, bagi penggemar drama Korea, drama ini tetap wajib tonton!🙂

Cast:
– Yoo Shi-jin
– Kang Mo-yeon

– Seo Dae-young
– Yoon Myeong-joo

Kang Shin-Il – Jendral Yoon (ayah Myeong-joo)
Kim Byung-chul – Park Byung-soo (atasan Shi-jin)
Kim Min-suk – Kim Ki-bum
– Dr Song
Seo Jung-yeon – Ha Ja-ae
Onew – Lee Chi-hoon
Park Hwan-hee – Choi Min-ji
Hyun Jyu-ni – Pyo Ji-soo (dokter teman Mo-yeon)
Tae In-ho – Han Suk-won (kepala RS)
Park Ah-in – Kim Eun-jjji
Joo Woo-ri – Jang Hee-eun
Cho Tae-kwan – Danielle
Jeon Soo-jin – Ri Ye-hwa
David McInnis – Agus
– part-time worker (ep.1)
– Pegawai bank (episode 13)
Red Velvet (episode 16)

Park Hoon – Choi Woo Geun
Choi Woong – Kong Chul-ho
Ahn Bo-hyun – Im Gwang-nam

Judul: Descendants of the Sun / Taeyangui Hooye (태양의 후예)
Sutradara: Lee Eung-Bok
Penulis: Kim Eun-Sook, Kim Won-Suk
Tayang: KBS2 24 Februari – 14 April 2016
Episode: 16

 Awards:
Baeksang Art Awards 2016:
– Grand Prize
– Nominasi: Best Drama, Best Director, Best Actor (), Best Actress ( ), Best Screenplay
– Most Popular Actor & Actress ( , )
– iQiyi Global Star ( , )

  1. Juni 2, 2016 pukul 8:43 am

    setujuuuuuu. Sama, aku nggak dapat gregetnya. tos…

    • Juni 6, 2016 pukul 4:49 am

      hihi, saya kira saya doang yang merasa kurang bisa suka sama drama ini🙂

      • Juni 6, 2016 pukul 5:41 am

        Banyak juga kok yang ngerasain hal yang sama. Dannnn kebanyakan dari mereka itu emang udah nonton drama sekaliber Misaeng atau Signal, so yang begini-begini… bye. hahaha Menurutku krn kurang dieksekusi, alurnya hanya terpusat pada idea untuk making the leading male and female lookin good. lol

      • Juni 6, 2016 pukul 2:29 pm

        Betol2, setelah nonton drama sekelas Misaeng or Signal, drama-drama yang terlalu klise memang jadi terasa ‘hambar’ hehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

