Signal

Ini adalah salah satu most anticipated drama bagi saya karena mendengar bahwa drama ini adalah proyek barunya sutradara yang menyutradarai drama . , bagi saya adalah semacam pemecah dari kejenuhan saya menonton drama Korea yang ceritanya nyaris selalu begitu-begitu saja.  Dan jujur, setelah menonton , menonton drama Korea dengan cerita (terlalu drama) dan cast (idol, flower boy) yang mainstream, menjadi agak hambar bagi saya.

sgnlkk

My new fave actor, Lee Je-hoon, sebagai Det. Park Hae-young. He really deserve a good drama!

Rasa penasaran saya semakin bertambah ketika mendengar jajaran cast drama ini. Pertama adalah , aktor yang belakangan mulai saya favoritin setelah melihat aktingnya di beberapa film berkualitas (, ,  , My Paparotti), plus kemampuan akting berkualitas pula (Lee menyabet penghargaan Best New Actor di film dan  ). Berikutnya ada nama , aktris kawakan yang lebih dikenal sebagai pemain film daripada drama. Dan kenyataan bahwa aktris sekelas Kim mau kembali ke dunia drama, pastilah bukan drama yang main-main. Lalu ada nama . Meski bisa dibilang dia spesialis pemain lapis kedua, tapi filmografi dan aktingnya juga keren. Ketiga aktor ini, meski secara fisik cukup enak dilihat (terutama , hehe), tapi juga tidak ‘sangat sempurna’ seperti kebanyakan artis Korea yang terlalu pretty.  Yah, bisa dibilang, cast drama ini keluar dari mainstream drama Korea, yang mungkin karena demi mengejar popularitas, seringkali memasang para idol yang kadang, kemampuan aktingnya menyedihkan.

Signal berkisah tentang Park Hae-young (, seorang profiler (semacam detektif yang bertugas menganalis bukti-bukti gitu, deh) di kepolisian. Karena kejadian pahit di masalalu–abangnya tewas karena kesalahan penyelidikan–sebenarnya, Hae-young benci dan tidak percaya pada polisi. Ia lebih suka menyelidiki kasus remeh temeh (perselingkuhan selebriti, dsb), daripada kasus-kasus yang lebih ‘berat.’ Hingga suatu malam, tanpa sengaja ia menemukan walkie talkie tua ‘ajaib’ yang membuatnya bisa berkomunikasi dengan seorang detektif dari masalampau yang dinyatakan hilang selama 15 tahun, Lee Jae-han ().

sgnlrt

Joo Jin-woong sebagai Det. Lee Jae-han. Love his character!

Komunikasi lewat walkie talkie ini kemudian bisa membantu memecahkan  kasus kriminal di masalalu dan akhirnya membuat Hae-young ‘terpaksa’ bergabung dengan tim Kasus Dingin (kasus kriminal yang tidak selesai), di bawah pimpinan seorang detektif perempuan, Cha Soo-hyun () . Dengan bantuan walkie talkie ini pula, Park Hae-young, Lee Jae-han dan Cha Soo-hyun pun bahu membahu menyelesaikan berbagai kasus kriminal. Dan seiring itu, mengurai benang rumit yang menghubungkan mereka.

sgnl2

sgnl564

Keren. Begitulah kesan saya usai nonton drama ini. Sebagai penonton awam, bagi saya ini adalah drama yang cukup sempurna. Meskipun berbau fantasi (melibatkan benda ‘ajaib’) tapi ceritanya tetap menggunakan logika yang ‘masuk akal ‘ dan sangat berbobot karena mengusung tema tentang keadilan dan humanisme (beberapa kasus yang diangkat adalah kisah nyata). Cukup berat, intens dan serius memang, tapi anehnya tidak membosankan. Jika biasanya menonton drama 16 episode terlalu melelahkan bagi saya dan karenanya seringkali saya skip-skip pada beberapa bagian, tapi tidak dengan drama ini. Saya dengan tekun mengikuti setiap scene, setiap episode. Nggak ada episode yang terasa wasted. Plotnya terjaga rapi dari episode awal hingga episode akhir, dengan ending yang terasa ‘berkelas.’ Demikian juga dengan soundtracknya, gambar-gambarnya, dan tentu saja, jajaran castnya. Ketiga aktor utamanya bermain sama baiknya, menunjukkan chemistry yang kuat satu sama lain serta mendapat peran dan ekplorasi karakter yang sama porsinya. Nggak ada wasted of talent lah. Bahkan termasuk jajaran aktor pendukung yang mungkin hanya muncul pada beberapa scene, semuanya memiliki peran yang jelas dan menunjukkan akting yang pas.

sgnlkkk

What a solid casts!

Saya sempat membaca di internet, ada yang mengkritik akting di sini yang dianggap terlalu over acting (terutama pada episode awal) sebagai Park Hae-young, tapi menurut saya aktingnya baik-baik saja. Mungkin karakter Park Hae-young yang dimainkan Lee memang bukan karakter sempurna, tapi justru menurut saya disitulah letak menariknya. Park Hae-young digambarkan sebagai sosok yang agak sinis, cenderung emosian dan tidak sabaran. Tapi rasanya itu masuk akal karena karakternya digambarkan sebagai polisi muda yang terlalu banyak melihat ketidakadilan di sekitarnya. Dan menurut saya, Lee mampu menyampaikan emosi-emosi karakternya dengan pas. Apalagi, dalam sebuah wawancara saya membaca kalau Lee bahkan harus berakting sendiri untuk beberapa adegan karena dia adalah aktor pertama yang dicast. Pastilah itu juga bukan hal yang mudah.

, seperti biasa, juga bermain apik sebagai detektif pemberani, Lee Jae-han. Tentu saya yakin hanya kebetulan saja, tapi karakter Lee Jae-han mirip dengan karakter detektif baddass yang diperankan oleh di film keren, , dan saya menyukai dua-duanya. Sosok orang biasa yang tanpa kenal takut berusaha menegakkan kebenaran.
Signal_Poster_asianwiki
memainkan sosok detektif perempuan Cha Soo-hyun yang tough dan mature, dengan sangat pas. Tidak hanya itu, karena Kim juga memainkan karakter Soo-hyun muda yang pemalu dan feminin dan perubahan karakter Soo-hun muda ke Soo-hyun dewasa dimainkan dengan sangat baik oleh Kim. Jika biasanya karakter perempuan hanya menjadi pelengkap dalam drama, tidak di sini. Sosok Cha Soo-hyun memiliki peran sama besarnya dengan kedua detektif utama.
Selipan romance antara Soo-hyun dan Jae-han juga terasa manis dan pas. Dan meskipun melibatkan dua laki-laki dan satu perempuan, tidak akan ada cinta segitiga yang biasa terdapat di drama-drama Korea di sini. Bisa dipahami kalau Soo-hyun tidak pernah bisa melupakan Lee Jae-han. Sementara hubungannya dengan Hae-young lebih seperti hubungan noona-dongsaeng pun demikian halnya hubungan Jae-han dengan Hae-young. Mereka berdua seolah adalah senior dan kakak-kakak Hae-young.

Keren lah pokoknya. ^_^

Note:
– Cerita drama ini mengingatkan saya sama drama Korea yang lain dan bertema mirip, yang dibintangi dan . God Gift yang juga nyaris menjadi drama yang sempurna hanya saja eksekusi endingnya kemudian merusak cerita:(
– Karena penasaran dengan kualitas penyutradaraannya yang keren, saya coba browsing di internet tentang Sutradara , yang setelah menonton dan Signal, membuat saya berkesimpulan bahwa beliau adalah salah satu sutradara drama terbaik Korea saat ini. Ternyata, sutradara satu ini adalah sutradara yang sebelumnya menyutradarai drama-drama  yang cukup ngehits: Cinderella’s Sister, , … Bagi saya agak mengejutkan karena drama-drama awalnya terasa begitu mainstream. Dan sejak , agaknya beliau merubah gaya penyutradaraan drama-dramanya dan menurut saya, keren. Berharap semoga ke depan, beliau akan membuat drama-drama keren lainnya dan berharap juga bahwa karya-karyanya bisa menjadi contoh sutradara-sutradara drama Korea yang lain supaya drama Korea nggak jatuh pada satu klise ke klise yang lain.

sgnl54
– Konon, sebelumnya pernah ditawari peran di drama yang disutradarai sebelumnya, , sebagai si lugu Jang Geu-rae, tapi tidak bisa karena terlibat di drama Secret Door (yang sayangnya, berakhir buruk). Meskipun  bermain dengan sangat bagus dan begitu pas dengan sosok Jang Geu-rae, tapi saya juga bisa membayangkan jika peran itu diambil juga pasti akan sangat pas. Hmm, sayang ya. Untunglah, sepertinya Sutradara cukup ‘ngefans’ dengan Lee, sehingga ketika dia membuat drama lagi, dia kembali menawari Lee dan hasilnya sama sekali tidak mengecewakan. Dan saya sama sekali tidak keberatan kalau ke depan, mereka kerjasama lagi di proyek yang sama kerennya 🙂
dan sudah beberapa kali bermain film bersama dan selalu menunjukkan chemistry bromance yang kuat. Mungkin karena keduanya berasal dari agency yang sama (Saram Entertainment).

Cast:
– Park Hae-young
– Cha Soo-hyun
– Lee Jae-han

Jang Hyun-Sung – Kim Bum-joo
Jung Hae-Kyun – Ahn Chi-soo
Kim Won-Hae – Kim Gye-chul
Lee Yoo-Joon – Jung Hun-ki
Kim Min-Kyu – Hwang Ui-kyung
Jung Han-Bi – Oh Yoon-seo
Oh Yeon-A – Yoon Soo-a
Hwang Tae-Gwang – Kim Jung-Je
Kang Chan-Hee – Park Sun-Woo
Lee Dong-Ha – Han Se-Gyoo
Lee Moon-Soo – ayahnya Jae-Han
Seo Ju-Hee –  ibunya Soo-Hyun
Kim Hyun-bin – Park Hae-young kecil

Judul: Signal/ Sigeuneol (시그널)
Sutradara:
Writer: Kim Eun-Hee
Tayang: tvN, 22 Januari – 12 Maret 2016
Episodes: 16
Negara/Bahasa: Korea Selatan/ Korea

Awards:
Baeksang Art Awards 2016:
– Best Drama
– Best Actress ()
– Best Screenplay
– Nominasi: Best Director, Best Actor (),

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: