Beranda > Film Action, Film Korea > Northern Limit Line

Northern Limit Line

NLL (Northern Limit Line) adalah garis batas laut yang memisahkan Korea Utara & Korea Selatan. Karenanya, garis iniselalu siaga dijaga oleh angkatan laut dari masing-masing pihak. Sebagai garis batas, tentu tempat ini merupakan tempat yang rawan bentrok. Dan film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi di garis batas ini, bertetapan dengan berlangsungnya Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan.

nll

Film ini menceritakan sepasukan tentara AL yang bertugas di atas kapal untuk menjaga NLL. Ada si nakhoda kapal, Han Sang-kook ( ), staff medis yang masih ‘hijau’ Park Dong-hyeok ( ), serta kapten baru, Yoon Young-ha (). Kapten Yoon adalah kapten muda yang dingin dan kaku. Ayahnya juga seorang tentara elit yang kemudian diturunkan jabatannya karena tak sanggup menembak musuh. Sedangkan Han Sang-kook adalah nakhoda loyal yang hangat dan dicintai semua orang, tapi memiliki masalah pada tangan kanannya sehingga terancam dimutasi. Sementara Dong-hyeok adalah kapten muda lulusan kedokteran gigi, seorang anak manis dari seorang ibu tunawicara.

nllm

nll9

Di tengah gempita dan euforia Piala Dunia, suasana di garis batas ini mendadak menjadi menegangkan ketika terjadi serangan. Bentrok tak terelakkan. Para prajurit ini pun tak punya pilihan lain selain menjadi garda depan dalam peperangan kecil ini.

nllf

Hmm, selalu miris melihat perang yang terasa konyol. Tapi film ini sendiri menurut saya bukan sebagai film perang, tapi seperti sebuah film yang didedikisikan untuk para korban dalam serangan tersebut. Tentu saja, sebutan pahlawan adalah hal yang sangat relatif, tergantung dilihat dari pihak siapa. Tapi apapun, saya merasa salut dengan Korea Selatan yang menghormati pahlawannya melalui film ini.

Northern_Limit_Line-001

Untuk para pemainnya, seperti umumnya film perang, tak ada karakter yang menonjol, meski begitu tokoh-tokoh di sini tetap ditampilkan sebagai karakter yang memiliki banyak dimensi. Di sini ada , dan yang menurut saya bermain apik dan pas. Dan salut juga karena film ini sebagai sebuah karya sinematografi menurut saya juga digarap dengan baik dengan kualitas cerita, plot dan gambar yang mebuat film jauh dari kering.

Note:
Film ini didasarkan pada insiden “Second Battle of Yeonpyeong” yang terjadi pada 22 Juni 2002, ketika kapal patroli Korut melanggar batas dengan menyebarangi wilayah perairan Korsel, dan menyerang kapal Korsel, Chamsuri 357. Insiden ini terjadi pada malam final Piala Dunia. Enam prajurit terbunuh dan 18 terluka. (sumber: asianwiki.com)

Cast:
– Kapten Yoon Young-ha
– Sersan Han Sang-kook
– Park Dong-hyeok
Lee Wan – Mayor Lee Hee-wan
– Kapten Choi
Chun Min-hee – Ji-sun
Kim Hee-jung – ibunya Dong-hyeok
Judul: Northern Limit Line / Battle of Yeonpyeong/ Yeonpyeong Haejeon (연평해전)
Sutradara: Kim Hak-Soon
Penulis: Kim Hak-Soon
Produser: Kim Hak-Soon, Park Se-Hwan, Jung Moon-Gu
Sinematografi: Kim Byung-Il
Rilis: 24 Juni 2015
Durasi: 130 menit
Distributor: Next Entertainment World
Negara/ Bahasa: Korea Selatan/ Korea

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: