Veteran

Seo Do-cheol () adalah seorang detektif yang tak punya rasa takut dan tak tahan melihat ketidakadilan. Bersama timnya yang solid: Tim Leader Oh (), Miss Bong dan Det.Yoon, ia selalu menjadi “kompor” untuk tak menyerah pada apapun.

vtr53

vtr2

Jo Tae-oh () adalah seorang chaebol tamak berwatak bengis dan sewenang-wenang. Ia memiliki harta dan kuasa, hal yang membuatnya seolah tak tersentuh hukum. Ketika ayahnya jatuh sakit, Tae-oh yang ditugaskan untuk mengendalikan perusahaan dengan bantuan kaki tangannya yang setia, Choi ( ). Suatu hari, ketika ada pegawai perusahaannya protes, ia menanggapinya dengan menghajar si pegawai sampai sekarat. Do-cheol yang mencium kejahatan Tae-oh, tak bisa tinggal diam. Dengan segala daya upaya, ia bertekad untuk menangkap Tae-oh.

vtr78

Yoo Ah-in yang berperan jadi si antagonis Jo Tae-oh

Veteran adalah satu satu film yang dinominasikan dalam beberapa ajang penghargaan film di Korea Selatan dan saya pun maklum karena setelah menontonnya, saya benar-benar ingin bertepuk tangan. Cerita tentang kriminal dan polisi-polisian bisa dibilang salah satu mainstream-nya film Korea, tapi menurut saya film ini jauh dari repitisi yang membosankan dan saya pikir hal itu tak lepas dari racikan yang pas dari sutradara yang karya-karyanya selama ini memang selalu yahud, . Ia dengan lihai memadukan aksi, drama dan komedi dengan begitu pas, hal yang mengingatkan saya pada salah satu film awalnya, (tapi di sini terkesan lebih matang).

vtrr3

Good acting of Yu Hae-jin

Rumusnya sebenarnya cukup klise dan sederhana: pertarungan antara si baik dan si jahat, cerita yang sekilas mirip dengan cerita film ala superhero. Biasanya saya merasa annoying dengna sosok one man hero, tapi sosok Do-cheol yang jadi hero di sini, bukanlah sosok superhero yang super. Dia detektif biasa, seorang family man dengan kehidupan rumah tangga yang sederhana, bertampang biasa saja dan cenderung ceroboh. Satu hal yang dimilikinya hanyalah kemuakan pada kesewenang-wenangan dna ketiadaan rasa takut. Sosok yang mungkin ada di sekitar kita, sosok impulsif yang bisa memberi pembakar semangat dan keberanian pada orang sekitar. Melihat kegeraman Do-cheol saya sebagai penonton juga merasa ikut geram dan ingin ikut melakukan sesuatu bersamanya untuk mengalahkan Tae-oh.

vtr8

Love this bromance

Di awal saya sempat agak cemas, kalau-kalau kesimpulan film ini sesuatu yang nihil, khas film-film serius. Tapi untunglah, Ryu sepertinya cukup dermawan untuk memuaskan hati penontonnya dengan ending yang terasa menyenangkan.

vr67

love this team

Ohya, selain nominasi film terbaik, film ini juga mendapat nominasi untuk katergori aktor terbaik/aktor pendukung terbaik (, , , ) yang memang bermain bagus di sini. Semua pemeran di film ini bermain dengan sangat baik, , seperti biasa, selalu nge-bland dengan karakter apapun yang diperankannya. Tak terkecuali di sini, sebagai Do-cheol yang seolah tak pernah kehabisan energi. Lalu ada , yang jadi kaki tangan Tae-oh dan menurut saya memberikan salah satu penampilan terbaiknya. Yu meski selalu sebagai pemeran pendukung, tapi sellau menunjukkan kulaitas akting yang tidak main-main. Selama ini saya terbiasa melihat akting dia sebagai sosok yang komikal (didukung dengan wajahnya), dan di sini dia bertransformasi sebagai pengawal bos, berjas dan berpenampilan necis dengan ekspresi wajah yang multidimensi: pennjilat, jahat, licik, tapi juga ketidak berdayaan sebagai si anak buah yang harus bersedia melakukan apa saja untuk si bos. Meski sebagai kaki tangan, tapi kita bsia melihat kalau sebenarnya ia punya kendali atas Tae-oh. Dan tentu yang menjadi pembicaraan adalah yang seolah menjadi gebrakan dalam karirnya sebagai aktor selama ini. Seperti aktor generasinya yang dikenal sebagai pangeran drama yang cenderung identik dengan kesan ‘flower boy’ (meski menurut saya Yoo tak ‘secantik’ teman-teman seangkatannya), agaknya ingin menunjukkan totalitasnya sebagai seorang aktor di sini dengan mengambil peran antagonis, meski menurut saya aktingnya di sini tidak luar biasa, tapi not bad lah.

Well, salah satu film yang mengesankan.

Cast:
– Det. Seo Do-cheol
– Jo Tae-oh
– Direktur Choi
– Tim Leader Oh
Jang Yoon-Ju- Miss Bong

Kim Shi-hoo – Det. Yoon
Oh Dae-hwan – Det. Wang
– Manajer Jeon
-Supir Truk Bae
Song Young-chang – Kepala Jo
– Joo-yeon
Yu In-young – Da-hye
Park So-dam – artis
Lee Dong-hwi – Yoon Hong-ryul
Bae Sung-woo – penjual mobil
Cheon Ho-jin
Um Tae-go – bodiguard Jo Tae-oh
Jang So-Yeon – Istri Sopir

Judul: Veteran/ Beterang (베테랑)
Sutradara/Penulis:
Produser: Jo Sung-Min, Kang Hye-Jung
Sinematografi: Choi Young-Hwan
Rilis: 5 Agustus 2015
Durasi: 123 menit
Distributor: CJ Entertainment
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

Film Festival:
– Toronto International Film Festival 2015 – Vanguard *North American Premiere
– Busan International Film Festival 2015 – Korean Cinema Today: Panorama

Awards:
Korean Association of Film Critics Awards 2015:
– Best Director

Blue Dragon Film Awards 2015:
– Best Director
– Nominasi: Best Film, Best Actor (), Best Supporting Actress (Jin Kyung), Best Screenplay, Best Cinematography & Lighting, Best Music, Best Technical Award

Daejong Film Awards 2015:
– Nominasi: Best Film, Best Director, Best Actor (), Best Supporting Actor (Yu Hae-jin), Best Supporting Actress (Jang Yoon-ju), Best New Actress ((Jang Yoon-ju)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: