Beranda > Uncategorized > C’est si bon, Soundtrack

C’est si bon, Soundtrack

Seperti saya tulis di artikel sebelumnya, salah satu kekuatan film adalah musiknya yang keren dan yang menjadi makin keren adalah bahwa seluruh lagu yang menjadi soundtrack film ini dinyanyikan oleh para aktor pemerannya di film. Dan suara mereka tidak kalah keren dari para penyanyi sungguhan (atau justru malah lebih keren dari suara beberapa penyanyi sungguhan?). Lagu-lagu yang dibawakannya juga sangat asyik didengar, bernuansa folk akustik yang terasa nostalgis tapi juga tetap terasa everlasting didengar sekarang.
c'es si bon-poster
Yang menarik adalah bahwa hampir semua aktor utama yang main di sini sumbang suara, mulai dari , , , , , , dan . Dan hampir semuanya punya suara yang enak di dengar. Bisa dipahami sih karena ternyata beberapa aktor ini juga dikenal sebagai aktor ( , , , ),panggung musikal yang menuntut mereka untuk punya kemampuan menyanyi.

sb3

Twin Folio

Karena sebagian cerita film ini mengetengahkan cerita tentang Twin Folio, band Korea yang sungguhan ada, maka lagu-lagu yang menjadi ost film ini adalah lagu-lagu yang dulunya dinyanyikan oleh Twin Folio. Saya coba-coba browsing di internet, tapi tak banyak informasi dalam bahasa Inggris tentang siapa itu Twin Folio, selain bahwa mereka adalah duo yang beranggotakan Chang-Shik dan Yoon Hyong-Jo. Twin Folio populer pada tahun ’70an-’80an. Lagu-lagu yang mereka bawakan umumnya adalah lagu-lagu Barat populer pada masa itu yang kemudian digubah dalam versi Korea, seperti lagu Wedding Cake-nya Connie Francis dan White Handkerchief-nya Nana Mouskuri. Perpaduan instrumen akustik dan vokal keduanya yang unik menjadi kekuatan khasnya Twin Folio.

Meski hampir semua aktor ikut sumbang suara,namun duaย  pemeran Twin Folio di film, dan , bisa dibilang sebagai pengisi utama soundtrack dan menurut saya adalah pilihan yang sangat tepat karena keduanya memang memiliki suara yang bagus.

Sejak penampilannya di drama yang juga mengetengahkan tentang musik, Monstar, saya tahu bahwa memang sungguhan bisa menyanyi dan main alat musik (terutama gitar). Kang memang mengawali karirnya di panggung musikal. Ia memiliki suara tipis yang khas. Di film ini dia cukup jor-joran menyumbang suara dan saya sama sekali tak keberatan karena dia selalu terlihat keren ketika mulai menyanyi dan main gitar. Dan kalau didengar-dengar, Kang ini memang memiliki suara dan penampilan yang mirip sama sosok yang diperankannya, Yoon Hyung-jo. Iseng saya browsing di internet dan menemukan upload-an di Youtube ketika ia (bersama dan ) dipertemukan dengan Yoon Hyun-jo di sebuah acara variety show (Hui Yool Sketchbook) dan Yoon memuji-muji vokal Kang.

csb9.jpg

Jo Bok-rae, si pendatang baru yang cukup mencuri scene

adalah nama baru bagi saya. Ketika melihat penampilannya di sini, saya terus bertanya-tanya, siapa dia? Dan ya, ternyata dia memang pendatang baru dalam dunia perfilman. Seperti Kang, Jo ini juga dikenal sebagai aktor panggung. Selain aktingnya yang cukup berhasil mencuri scene di film, ia juga memiliki suara tenor yang penuh dan powerfull.

Sementara untuk aktor lain, juga tak kalah keren. , cukup membuat saya terkejut karena saya tak menyangka kalau ahjussi berwajah serius ini punya suara bagus. Suaranya agak husky yang empuk dan enak didengar.

sb13

Kim Yun-seok yang ternyata punya vokal oke

Dua pemeran utamanya yang selama ini dikenal sebagai aktor populer, dan juga sumbang suara. Dan jujur, keduanya mewakili ketidaksukaan saya pada aktor yang menyanyi. Mereka tidak punya cukup kemampuan menyanyi tapi menyanyi. Jung Woo memiliki suara bariton yang berat tapi juga terdengar masih sangat mentah dan fals. Demikian jugaย  yang suaranya terasa sangat pas-pasan.

csb34

Twin Folio versi Kang Ha-neul dan Jo Bok-rae yang ternyata juga keren bingits๐Ÿ™‚

Well, di antara jajaran lagu bagus di film ini, favorit saya adalah duet dan di lagu White Handkerchief (hayan sonsugeon). Di lagu ini, suara tenor Jo yang powerful berpadu apik dengan suara tinggi Kang , plus petikan instrumen akustik yang kental, membuat lagu ini benar-benar terdengar indah. Menurut saya, dan adalah pasangan duet yang sangat pas. Mendengarkan lagu ini, membuat saya berharap bahwa suatu saat nanti keduanya benar-benar menelurkan lagu atau album berdua. Hehe.

csb00

Kim Hee-ae yang ternyata punya suara keren

Wedding Cake adalah lagu kedua yang saya suka. Lagu ini seolah menjadi lagu temaย  film ini. Versi asli lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi Amerika, Connie Francis. Di film, lagu ini dinyanyikan dalam dua versi, versi duet & Jang Hyun-sung dan versi . Menurut saya keduanya sama-sama bagus meski saya lebih suka versi , karena karakter vokal yang melengkapi nuansa oldies lagu ini.

Lagu berikutnya yang cukup saya sukai adalah When The Saints Go Marching In yang di sini dinyanyikan oleh Trio C’est si bon (versi asli lagu ini dinyanyikan Louis Amstrong). Vokal dan disini dilengkapi dengan vokal yang bariton dan memberi nuansa ‘jenaka’ pada lagu.

Berikut list lagu yang mengisi film ini:

1.When The Saints Go Marching In – Trio C’est si bon ( , , )
2.Wedding cake –ย  , Jang Hyun-sung vers.
3. White Handkerchief (hayan sonsugeon),
4.Daeege modu deulil
5. Wedding Cake .vers.
6.ย  Let’s Forget It (Ijen ijgilo haeyo)ย  –
7. jogaekkeobjil mukk-eo (Shells tie?) –ย  ft. Ukelele Picnic
8. sarnghaneun ma-eum (Loving Hearts/),
9. na geudaeege modu ?euliliย  – ,
10. Daydream (Baek ilmong), ,
11.ย  It’s Love (Sarangiya) – Jo Bok-rae
12. It’s You (geugeon neo)ย  –
13. Delilah
14. na geudaeege modu deulili – ,
15. V.A – C’est si bon (๋‰ด์Ž„์‹œ๋ด‰)
16. V.A – Call of Love/sarang-uijeonhwa (Ja-young theme)
17. V.A. – ์ถฉ๋ฌด์—์„œ LA๊ณตํ•ญ๊นŒ์ง€
18. V.A. – ์Šฌํ”ˆ ํ”„๋กœํฌ์ฆˆ
19. V.A. – ๊ทธ๋•Œ ๊ทธ์‹œ์ ˆ (์ž์˜, ๊ทผํƒœ ํ…Œ๋งˆ)
20. V.A.ย  – 20๋…„์ „ ์ง„์‹ค
21. V.A.ย  –ย  ๊ทผํƒœ ํ…Œ๋งˆ
22. V.A. – ์‚ฌ๋ž‘ํ•˜๋Š” ์‚ฌ๋žŒ๋“ค์€ ๋Š™์ง€ ์•Š๋Š”๋‹ค (40๋Œ€ ํ…Œ๋งˆ)
23. V.A. – ๋ฐ์ดํŠธ (์ž์˜ ํ…Œ๋งˆ)

Beberapa lagu yang juga muncul di film ini tapi tidak masuk ost list adalah:
1. My Bonnie Lies over the Ocean. Lagu ini adalah lagu pertama yang dibawakan oleh Yoon Hyung-ju (Kang Ha-neul) di kafe.Lagu ini aslinya adalah lagu folk Scotlandia dan sudah dinyayikan oleh banyak penyanyi.
2. You Mean Everything to Me. Lagu ini juga dinyanyika oleh Kang ketika berkompetisi dengan Chang-sik di kafe. Ini adalah lagu romantis klasik yang aslinya dinyanyikan oleh Neil Sedaka.

  1. meidara
    November 28, 2016 pukul 6:01 am

    min, tau dimana bisa download soundtrack filmnya ngga min. aku suka banget soalnya

    • November 29, 2016 pukul 11:53 pm

      aduh maaf, sudah lupa saya karena sudah agak lama. coba googling saja, kayaknya banyak kok link dunlutannya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: