Beranda > Film Korea > Collective Invention

Collective Invention

Penasaran sama film ini karena 3 pemain utamanya yang lovable: , , , ditambah lagi saya ketahui kemudian kalau produser film ini adalah salah satu sutradara kawakan Korea, . Meskipun saya agak kurang menyukai ide ceritanya ketika membaca sinopsisnya, tapi melihat jajaran nama besar itu, saya cukup berharap banyak. Mungkin ini semacam film komedi satir ala ,  yang menurut saya salah satu film Korea yang keren itu.

PDVD_001

Lee Kwang-soo yang jadi si monster ikan, kind of wasted acting?

Park Goo  ()seorang mahasiswa biasa saja, yang memiliki latar belakang keluarga biasa saja. Suatu hari, dia ikut jadi volunter percobaan di sebuah laboratorium milik seorang dokter  terkenal, Dr. Byun. Eh, siapa sangka ternyata percobaan itu kemudian membuat Goo perlahan-lahan berubah menjadi monster ikan. Goo yang sudah berubah wujud, karena tak tahu harus pergi kemana, akhirnya bersembunyi di rumah seorang cewek yang pernah menjadi teman one night stand-nya, Yoojin ().


Sang-won (), seorang pemuda culun, lulusan universitas lokal dan tak memiliki kemampuan spesial. Impiannya adalah menjadi reporter yang bisa membantu orang. Ketika diterima menjadi reporter magang di sebuah stasiun TV, ia membuat berita tentang si manusia ikan dengan bantuan Joo-jin. Pemberitaan Goo membuat heboh masyarakat yang memiliki beragam reaksi. Ada yang awalnya memuja-muji tapi kemudian menghujat dan mencaci maki. Sementara pihak yang bersalah, karena uang dan kekuasaan berhasil justru dengan mudah membalikkan opini masyarakat. Sudah jatuh tertimpa tangga, itulah yang kemudian dialami Goo yang bukan siapa-siapa. Untunglah, masih ada orang-orang di sekitarnya yang peduli terhadapnya. Selain Joo-jin dan Sang-won , juga ada sang ayah dan Kim, si pengacara. Namun, kekuatan kecil ini tak bisa berbuat banyak.
PDVD_023PDVD_027
Well, menonton film ini, jujur saya agak bingung mencerna ceritanya.  Di awal saya cukup ‘suka’ dengan ceritafilm ini karena seakaan membuat sosok monster ikan sebagai sosok yang biasa, sosok yag bisa diterima di masyarakat. Tapi semakin ke sini, ternyata ceritanya kok terasa nggak jelas.Tadinya, saya berpikir bahwa ceritanya akan sejenis atau , dengan pesan moral yang terasa universal. Tapi film ini? Hmm, jujur saya agak bingung  dan membuat saya bertanya-tanya: jadi what’s the point? Bahwa Goo orang biasa yang kemudian tidak bisa berbuat apa-apa ketika menjadi korban dalam percobaan ilmiah. Lantas apa kesimpulannya? Saya tidak pernah keberatan dengan sebuah ending terbuka sebuah film, tapi ending film ini sendiri menurut saya tidak keduanya. Apakah ini sekadar semacam film fantasi tentang kisah monster ikan? Yah,  mungkin memang hanya demikian.
PDVD_028PDVD_032
Untuk para pemainnya, dan sendiri menurut saya bermain bagus seperti biasa. Hanya saja, yah, itu tadi, ceritanya terasa biasa saja. Dan ? Yah, boleh dibilang karirnya di dunia akting masih sedikitjam terbangnya, tapi secara popularitas dia tak kalah dengan dua aktor lainnya. Karenanya, rasanya kok agak wasted ya karena di film ini dia tidak pernah berakting dengan wajahnya, melainkan diganti dengan wajah ikan. Kenapa tidak menggunakan animasi saja, misalnya? Yah, bagi yang tak keberatan dengan semua itu, film ini tetap layak untuk dinikmati kok.

Cast:
– Park Goo
– Joo-jin
– Sang-won
Jang Gwang – ayahnya Goo
Lee Byung-Joon – Dr. Byun (profesor)
Kim Hee-Won – Pengacara Kim

Judl: Collective Invention/ Mutant / Dolyeonbyuni (돌연변이)
Sutradara/ Penulis: Kwon Oh-Kwang
Produser: Lee Chang-Dong, Jeong Tae-Sung, Kim Woo-Sang
Sinematografi: Kim Tae-Soo
Rilis: 22 Oktober  2015
Durasi: 92 menit
Distributor: CJ Entertainment
Negara/ Bahasa: Korea Selatan/ Korea

Film Festival:
– Toronto International Film Festival 2015 – Vanguard *World Premiere
– Busan International Film Festival  2015 – Open Cinema

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: