Beranda > Drama Korea, Uncategorized > Oh My Ghost

Oh My Ghost

Saya sebenarnya tidak suka dengan film atau drama yang bercerita tentang hantu-hantuan. Tapi mengingat cast-nya yang begitu menjanjikan, saya pun memutuskan untuk menonton drama ini. Yup, dua pemeran utama drama ini adalah dua aktor Korea yang bisa dibilang berpredikat A, karena track record aktingnya selama ini di kancah sinema Korea sono: dan . Bukan saja karena akting mereka yang selama ini sering mendapat puja-puji, tapi selama ini mereka juga dikenal cukup selektif dalam memilih peran di film-film yang qualified. Karenanya, meski ceritanya terdengar agak tidak masuk akal (soal hantu), saya berpikir bahwa jika dua aktor ini bersedia berperan di sana, pastilah bukan sembarang cerita hantu.

PDVD_056

Na Bong-sun yang pemurung

di sini berperan sebagai Na Bong-sun, seorang gadis canggung yang bekerja sebagai pegawai magang di sebuah restoran, Sun Restoran, milik Kang Sun-woo () yang sekaligus berperan sebagai chef restoran. Selain canggung, Bong-sun juga dikenal sebagai si pemalu, penyendiri dan penidur. Ia sering insomnia karena diganggu hantu-hantu, karena memiliki keturunan sebagai cenayang. Karakternya yang demikian, membuat Sun-woo seringkali hilang kesabaran dan memarahinya. Padahal, diam-diam Bong-sun naksir Sun-woo. Hal yang hanya bisa ia ungkapkan lewat blog-nya, sunshine, yang ternyata digemari Sun-woo.

oh my ghost2

Kang Sun-woo, chef yang karismatis

Sun-woo sebenarnya orang yang baik dan hangat, meski agak narsis. Ketidaksukaannya pada Bong-sun lebih karena Bong-sun mengingatkannya pada dirinya di masalalu. Ibunya melahirkannya ketika masih 19 tahun dan menjadi single  mother untuk sementara waktu. Ibunya kemudian sibuk meneruskan sekolahnya dan Sun-woo nyaris selalu sendiri dan tumbuh jadi anak yang canggung dan kuper. Meski sekarang dengan kemampuan dan posisinya, ia sudah menjadi orang yang percaya diri.

PDVD_120

Shin-ae, hantu perawan yang amnesia

Di sisi lain, ada Soon-ae (), seorang hantu perawan yang hilang ingatan. Ia tidak ingat kenapa ia mati, tapi satu-satunya hal yang ia sesali adalah bahwa dia meninggal tanpa mengenal cinta. Karenana, ia terobsesi untuk merasuki tubuh seseorang dan menjadikannya ‘tubuh kedua’ untuk mencari pacar. Tubuh Bong-sun ah yang ternyata cocok dengannya. Tentu saja hal ini menjadi masalah, karena pribadi keduanya yang bertolak belakang. Soon-ae adalah gadis periang, tak tahu malu dan agresif. Ketika Bong-sun menjelma menjadi Soon-ae, teman-teman kerjanya pun dibuat terbengong-bengong, termasuk Sun-woo, yang kemudian dibuat kelabakan karena dikejar-kejar Bong-sun (Soon-ae).

PDVD_088

Na Bong-sun yang kerasukan hantu agresif. Good acting of Park Bo-young

Tapi ceritanya sendiri tidak akan melulu soal cinta, melainkan ada misteri yang lebih gelap. Kenapa Soon-ae merasuki Bong-sun dan apa sebenarnya yang terjadi dengan kematiannya, kemudian akan menjadi kunci cerita.

oh my ghost

Lim Ju-hwan yang main bagus sebagai si antagonis

Yah, ceritanya memang agak terlalu fantasi. Tapi karakter-karakter utamanya sebenarnya cukup realistis. Terutama Kang Sun-woo, yang memiliki kedalaman karakter sedemikian rupa. Demikian juga dengan karakter di sekellilinya: ibunya yang kesepian, rekan-rekan kerjanya di restoran… Pun demikian dengan Bong-sun dan Soon-ae. Meski kemudian saya merasa agak terusik dengan sosok Soon-ae yang lebih mendominasi cerita ketika merasuki Bong-sun. Sementara kedalaman cerita Bong-sun seolah menjadi terabaikan. Yah, walaupun sosok Soon-ae dan Bong-sun kemudian diperankan oleh aktor yang sama () tapi tetap saja, saya melihat keduanya dalah sosok yang berbeda. Dan hal ini terasa mengganggu cerita. Aneh rasanya melihat Kang Sun-woo terlibat cinta segitiga dengan hantu.
PDVD_119
Whatever, ceritanya disajikan sedemikian rupa. Meski melibatkan hantu dan misteri, tapi tetap terasa ‘ringan’ dan menghibur. Dan untuk aktingnya, agaknya ekpektasi saya di awal tidak meleset. Baik maupun  menunjukkan kemampuan aktingnya yang prima.  Terutama yang memerankan dua karakter sekaligus. Dia benar-benar bisa terlihat seperti ‘kerasukan’ (Soon-ae). yang beperan sebagai Soon-ae, tentu juga tak bisa diabaikan, meski bisa dibilang sosok seperti Soon-ae adalah spesialisasinya. Akting bagus yang lain ditunjukkan oleh . Saya cukup menyukai aktor satu ini sejak perannya sebagai bangsawan dingin di drama .  Berbeda dengan peran-perannya selama ini yang selalu jadi pratagonis, untuk pertamakalinya, saya melihat dia menjadi si antagonis. Dan meski karakternya sangat hatable, tapi hal itu juga menunjukkan kemampuan aktingnya sebagai real actor yang mampu berakting dengan baik. Selain itu ada juga Shin Eun-kyung, yang jadi mamanya Sun-woo yang juga memperlihatkan akting sebagai sosok multidimensi yang sangat baik. Cast yang lain, juga cukup lovable: Kwak Si-yang (Joon), (So-hyung, hmm, walaupun selalu peran kecil, but I always like her casual performance), bahkan juga Kang Ki-young yang jadi si annoying Min-soo.
Menghibur.

Cast:
– Na Bong-sun
– Kang Sun-woo
– Choi Sung-jae
– Shin Soon-ae
– Lee So-hyung

Kang Ki-Young – Keo Min-soo (sous chef)
Choi Min-Chul – Jo Dong-cheol
Kwak Si-Yang – Seo Joon (Gordon)
Oh Eui-Sik – Choi Ji-woong
Lee Dae-Yeon – Shin Myeong-ho
Shin Hye-Sun – Kang Eun-hee (adiknya Sun-woo)
Shin Eun-Kyung – Jo Hye-young (ibunya Sun-woo)
Lee Jung-Eun – Seobinggo (cenayang)
Lee Hak-Joo – Shin Kyung-mo (adiknya Soon-ae)
Ryoo Hyoun-Kyoung – Polwan Kang
Seo In-Guk – Chef Edward Seo (cameo ep.16)

Judul: Oh My Ghost/ Oh Naui Gwishinnim (오 나의 귀신님)
Sutradara: Yoo Je-Won
Penulis: Yang Hee-Seung
Tayang: tvN/ 3 Juli – 22 Agustus 2015
Episode: 16
Negara/ bahasa: Korea Selatan/ Korea

Awards:
APAN Star Awards 2015:
– Nominasi Excellent Actor (mini series) :
– Penghargaan Excellent Actress  (mini series):

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: