Beranda > Drama Korea, Uncategorized > Naeil’s Cantabile

Naeil’s Cantabile

adalah salah satu dorama favorit saya. Berapa kalipun saya nonton dorama ini, rasanya tak pernah bosan. Sekali waktu, saya pernah berharap bahwa Korea akan membuat remake-nya. Karena versi Jepang yang cenderung komikal, saya membayangkan bahwa Korea akan membuat versi yang lebih realistis dan romantis. Meski saya juga tak terlalu yakin bahwa Korea bisa mengimbangi Nodame yang asli karena dorama itu memang nyaris sempurna.
neils3
Rasa tak terlalu yakin itu semakin kuat ketika saya membaca di internet bahwa cast utamanya adalah dan . Oke, keduanya adalah aktor muda yang sebenarnya memiliki kemampuan akting yang banyak dipuja-puji, tapi membayangkan mereka sebagai Chiaki dan Nodame rasanya kok agak kurang sreg. Meski begitu, saya tetap berharap dan mencatat drama ini dalam list tonton saya ketika dirilis nanti.
neils4
Begitu drama ini mulai rilis di negaranya sono, saya terus  memantaunya di internet. Episode awal reviewnya cukup positif meski juga tidak terlalu positif. Lalu berikut-berikutnya… mulai banyak komen yang mengungkapkan kekecewaan. Saya pun tak terlalu antusias lagi untuk mengikutinya. Meski saya tetap penasaran ingin menontonnya langsung, kalau-kalau ada waktu senggang.
neils
Dan saya menontonnya beberapa hari lalu. Di episode pertama, plot, cerita, bisa dibilang sama persis dengan Nodame versi Jepang. Demikian juga karakter-karakter utamanya. Ada Chiaki yang di versi ini bernama Cha Yoo-jin, Son Nae-il (Nodame), Il-rak (Mine), Masumi dan beberapa dekan kampus yang karakter-karakternya juga nyaris persis.

neils5

The annoying Nae-il😦

Saya cukup menikmati episode pertama ini. Para aktornya bermain cukup pas. bermain apik sebagai Chiaki tapi dengan karakternya sendiri sehingga saya tetap bisa melihat dia sebagai Cha Yoo-jin, sosok yang berbeda dengan Chiaki versi . Demikian juga Ko Gyun-po yang yang jadi Il-rak yang sama nice-nya dengan Mine yang diperankan Eita. Sedikit mengganggu justru adalah sosok Son Nae-il yang dimainkan oleh . Karakternya dibuat sangat mirip dengan Nodame, tapi alih-alih menjadi karakter yang unik (campuran antara freak dan kekanakan yang imut) ala , Nodame versi justru terkesan annoying dan terlalu dibuat-buat.

neilscc

Sosok Yoon-ho yang berusaha ‘keluar’ dari versi asli Nodame. But not big help😦

Meski begitu, saya masih mencoba mengikutinya hingga beberapa episode. Tapi kemudian bagian Nodame saya skip-skip. Saya benar-benar merasa tak tahan melihat Nodame ala Son Nae-il yang demikian terasa fake. Tapi beberapa adegan cukup menyenangkan untuk diikuti.  Il-rak dan Shi-won, misalnya. Lalu agak ke tengah, muncul  sosok Yoon-ho, yang kemudian akan menjadi semacam orang ketiga dalam hubungan Yoo-jin dan Nae-il.

Munculnya sosok Yoon-ho seolah adalah upaya drama ini untuk keluar dari versi aslinya. Di versi Jepang, orang ketiga sempat muncul (Kuroki yang naksir Nodame), tapi hanya dalam porsi sekilas saja sementara di versi drama ini, konflik cinta mengambil porsi cukup banyak. Di satu sisi, cerita semacam ini memang membuat drama ini memiliki versi sendiri ala Korea, tapi di sisi lain juga agak terasa terlalu cheesy😦

neils56

Untunglah, ada karakter lain yang cukup menghibur

Yah, kalau mau dibandingkan dengan Nodame Cantabile, bisa dibilang drama ini memang cukup jauh. Tapi kalau bisa melihatnya sebagai drama yang terpisah, sebenarnya tidak buruk-buruk amat kok. Nilai plusnya adalah , dan Park Bo-gum… dan tentu saja, full musik klasik yang meski tak sepadat di , tapi cukup pas lah.

Cast:
– Cha Yoo-jin
– Seol Nae-il
Park Bo-Gum – Lee Yoon-hoo

Bae Min-Jung – Jung Shi-won
– Yoo Il-rak
– Min Do-hee
Jang Se-Hyun – Ma Soo-min
– Stresemann
Lee Byung-Joon – Do Gang-jae
Ye Ji-Won- Song Mi-na
Ahn Kil-Kang – Yoo Won-sang
Namgung Yeon – Ahn Gun-sung
Kim Yoo-Mi – Chae Do-gyeong
Bang Eun-Hee – ibunya Nae-il

Judul: Naeil’s Cantabile/ Naeildo Kantabilre (내일도 칸타빌레)
Sutradara: Han Sang-Woo, Lee Jung-Mi
Penulis: (manga), Shin Jae-Won, Park Pil-Joo
Tayang: KBS2, 13 Oktober – 2 Desember 2014
Episodes: 16
Bahasa/ Negara: Korea/ Korea Selatan

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

