Beranda > Film Asia Lain > About Elly

About Elly

Tiga pasang keluarga muda yang bersahabat mengadakan liburan ke pinggiran laut Kaspian. Bersama mereka adalah sahabat mereka, Ahmad, yang baru bercerai dan pulang dari Jerman. Mereka pun sepakat untuk memperkenalkan Ahmad dengan Elly, seorang gadis muda guru sekolah anak-anak mereka. Yang diserahi tanggung jawab sebagai mak comblang adalah Sepideh.
ae7
Karena tidak mendapatkan penginapan, mereka pun sepakat tinggal di sebuah villa kosong yang agak rusak dan berniat menghabiskan tiga hari di sana. Demi tidak menimbulkan omongan dari pemilik villa, mereka pun berbohong kalau Elly dan Ahmad adalah pasangan pengantin baru. Hal yang membuat Elly terlihat kurang nyaman.
ae4
Liburan itu terasa begitu hangat dan sempurna. Hingga keesokan harinya, tiba-tiba salah seorang anak mereka tenggelam di laut dan bersamaan dengan itu, Elly yang diminta menjaga anak-anak, menghilang. Di tengah rasa cemas, takut dan panik, terungkaplah bahwa mereka sebenarnya tidak benar-benar mengenal siapa Elly. Di tengah kebingungan, mereka mulai saling menyalahkan satu sama lain. Dan pada titik ini, penonton pun kemudian akan dibawa dalam rasa cemas dan gusar: siapa sebenarnya Elly? Kenapa dia tibatiba menghilang? Pergi kemana dia sebenarnya? Dan sang sutradara begitu lihai menyimpan misteri itu hingga di penghujung film pun, rasanya masih meninggalkan tanya.
About Elly
Another Iranian movie. Agak berbeda dengan film-film Iran yang sudah saya tonton yang biasanya sangat liris dan mengharu biru, film ini sendiri terasa lebih ‘ringan’ dan modern. Dan sepertinya memang itulah yang ingin diangkat sang sutradara, Asghar Farhadi. Setelah filmnya yang lain, Separation yang juga mengetengahkan masyarakat urban modern Iran, film ini juga mengetengahkan karakter yang hampir mirip. Dari penampilan dan obrolan mereka, kita tahu bahwa karakter-karakter di film ini adalah orang-orangmuda yang berpendidikan, mengenakan bajubaju yang terlihat stylist berikut mobil mewah. Tapi di sisi lain, mereka juga masih “Iran” dengan permasalahan-permasalahan budaya sendiri dan nilai-nilai yang mereka anut (cara mereka berpakaian meski terkesan modern tapi masih mengenakan kerudung dan pakaian yang tertutup, perdebatan mereka tentang mempertahankan nama baik seorang perempuan, kebohongan mereka tentang hubungan Elly-Ahmad dan tentu saja, Elly yang hubungannya tak disetujui orang tuanya).

Cast:
Golshifteh Faharani – Sepideh
Shahab Hosseini – Ahmad
Taraneh Alidoosti – Elly
Merila Zare’i – Shohreh
Mani Haghighi – Amir
Peyman Moaadi – Peyman
Ra’na Azadivar – Naazi
Ahad Mehranfar – Manoochehr
Saber Abbar – Alireza

Judul lain: Darbareye Elly
Sutradara: Asghar Farhadi
Produser: Asghar Farhadi, Simaye Mehr, Mahmoud Razavi
Sinematografi: Hossein Jafarian
Musik: Andrea Bauer
Penulis: Asghar Farhadi, Azad jafarian
Riilis: 6 juni 2009
Bahasa: Persia, Jerman
Negara: Iran, Perancis

Award:
Berlin International Film 2009:
– Best Director, nominasi Golden Berlin Bear
Asia Pacific film Festival: – Special Jury Award, Best Screenplay
Asia Pasific Screen Award:
– Best Screenplay, Jury Grand Prize
Brisbane International FA 2009:
Netpac Award (Asghar Farhadi)
etc see imdb

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: