Twenty

Daya tarik utama film ini tentulah karena casting utamanya yang merupakan jejeran aktor muda yang sedang naik daun bercampur idol: , , Jun-ho “2PM”, dan .

Twenty, yang bertabur bintang muda yang sedang naik daun

Twenty, yang bertabur bintang muda yang sedang naik daun

Gyung-jae (), Dong-woo dan Chi-ho () berteman sejak SMA, diawali dari memperebutkan cewek yang sama, So-min. Meski pada akhirnya Chi-ho lah yang berhasil mendapatkan So-min karena dia yang lebih berani move duluan.

PDVD_004

Sekarang, mereka sudah lulus SMA, dan berumur 20 tahun. Gyung-jae yang berasal dari keluarga menengah yang biasa, melanjutkan kuliah dengan impian standar yang ideal: kelak bisa bekerja di perusahaan besar. Dong-woo yang anak sulung dan berasal dari keluarga miskin, tak bisa melanjutkan kuliah. Sambil bekerja ini itu, ia terus menyimpan impian menjadi seniman komik. Sementara Chi-ho, si anak manja dari keluarga yang cukup berada, tidak memiliki impian apa-apa. Keinginannya hanya menikmati hidup, hura-hura dari uang pemberian orang tua dan tebar pesona pada cewek-cewek.

Kim Woo-bin yang jadi si manja Chi-ho

Kim Woo-bin yang jadi si manja Chi-ho

Dan karena ini adalah certia tentang para anak muda, tentu masalah cewek dan seksualitas menjadi bahasan yang krusial. Sebagai anak-anak muda yang biasa saja, mereka terobsesi ingin mengakhiri keperjakaannya, masalahnya, mereka tidak memiliki pengalaman dan keberanian.

Gyung-jae yang si lurus yang dimanfaatin kakak kelasnya. Poor acting of MIn Hyo-rin

Gyung-jae yang si lurus yang dimanfaatin kakak kelasnya. Poor acting of Min Hyo-rin!😦

Lalu, Gyung-jae naksir Jin-joo (), kakak kelas kaya dan cantik tapi ternyata cuma dimanfaatkan. Chi-ho, meski masih terikat hubungan dengan So-min, tapi naksir Eun-hye, cewek cantik yang sedang merintis karir sebagai aktris. Dan Dong-woo, menjalin hubungan yang manis dengan Soo-hee ( ), adiknya Gyung-jae.

The cute relationship of Soo-hee & Dong-woo

The cute relationship of Soo-hee & Dong-woo

Dan yah, begitulah, kehidupan anak-anak muda 20 tahun, sebuah cerita tentang masa transisi, yang dipenuhi dengan mimpi-mimpi dan kebingungan-kebingungan, juga cinta serta optimisme anak muda.

Ceritanya sendiri disajikan dengan ringan dan sedikit komedik sehingga terasa menghibur. Tidak akan melibatkan konflik yang tajam atau perenungan mendalam, tapi tidak jatuh ke cheesy kok. Tetap ada pesannya, tapi memang sepertinya lebih ditonjolkan sisi menghiburnya dan saya sendiri cukup menikmati.

PDVD_033

Chemistry antar para pemainnya juga terbangun dengan baik. Persahabatan antara Chi-ho, Dong-woo dan Gyung-jae terasa nyata. Ditambah kemudian sosok Soo-hee dan So-min. Saya senang karena pada akhirnya, masuknya orang luar (Eun-hye dan Jin-joo) hanyalah semacam selingan dan pada akhirnya yang tetap solid adalah antara mereka yang sudah saling mengenal sejak lama sehingga membentuk semacam ikatan yang manis.

PDVD_023

Dari segi akting, masing-masing memerankan karakternya yang pas. Bagi para penggemar dan biasa lihat peran dia sebagai si bad boy atau cowok cool di sini ia memerankan karakter yang sedikit berbeda seabgai Chi-ho yang childish dan playboy. Demikian juga Jun-ho yang keluar dari sosok anak boyband, menjadi sosok Dong-woo yang “sederhana dan dewasa.” Sementara … yah sejak lihat akting dia beberapa kali saya tak meragukan bakat cowok satu ini. Ketika membaca sinopsisnya, saya sempat agak underestimate karena digambarkan sosok Gyung-jae yang diperankannya adalah sosok “lurus” dan berpikir tak jauh dari karakter-karakter yang pernah diperankannya. Tapi ternyata, karakter Gyung-jae menurut saya justru paling berwarna dan ‘nyata.’ Dan saya pikir, hal ini tak lepas dari sosok yang cukup ekspresif memperlihatkan karakter Gyung-jae dengan begitu baik.

Good acting of Kang Ha-neul.

Good acting of Kang Ha-neul.

PDVD_039

Untuk jajaran para cewek, dan juga tidak mengecewakan meski juga tidak mengesankan, tapi saya pikir lebih karena jatah scene mereka yang terbatas sehingga tidak ada eksplorasi karakter yang lebih mendalam. Terutama untuk sosok yang nyaris tidak memiliki karakter khusus, sementara pada beberapa adegan, saya pikir cukup mampu mencuri scene.

Yeah, twenty should be like this! :D

Yeah, twenty should be like this!😀

Sementara untuk karakter tambahan, ada sebagai Jin-joo dan Jung Joo-yeon sebagai Eun-hye. Dan saya cukup lega karena ternyata mereka benar-benar hanya sebagai pelengkap saja. Jung Joo-yeon, saya pikir bermain cukup baik meski karakternya terasa tidak penting, tapi ? Jika dibuat daftar kualitas akting di sini, saya pikir dialah yang menempati urutan paling bawah. Oke, dia digambarkan sebagai sosok yang bermasalah dan menyembunyikan sesuatu, saya bisa menerima kalau dia kemudian terkesan dingin. Tapi bukan kesan itu yang saya tangkap dari aktingnya, melainkan ekspresi yang terasa flat dan akting yang kaku. Saking penasaran, saya sempat browsing di internet siapa dia dan cukup terkejut karena ternyata dia cukup populer dan menjadi pemeran utama di beberapa drama (Preserve, Goo Hae-ra).

Whatever, cukup recommended!

Cast:
– Chi-ho
Lee Joon-Ho – Dong-woo
– Gyung-jae
– So-min
– So-hee
Jung Joo-yeon – Eun-hye
– Jin-joo

Kim Eui-sung – ayah Chi-ho
Park Myung-shin – ibu Chi-ho
Oh Hyun-kyung – ibu Dong-woo
Park Hyuk-kwon – sutradara film
Na Jong-chan – Dong-won (adik Dong-woo)
Song Ye-dam – si kembar
Song Ye-joon -si kembar
Kim Jong-Soo – paman Dong-Woo
So Hee-Jung – ibu Gyung-Jae

Judul: Twenty/ Seumool (스물)
Sutradara/ Penulis: Lee Byeong-Hun
Produser: Lee Sung-Doo, Lim Ji-Moon
Sinematografi: No Seung-Bo
Rilis: 25 Maret 2015
Durasi: 115 menit
Distributor: Next Entertainment World
Bahasa/ Negara: Korea/ Korea Selatan

Festival:
New York Asian Film Festival – 2015 – Centerpiece Presentation *International Festival Premiere

Awards:
Baeksang Arts Awards 2015:
– Nominasi  Best New Actor ()

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: