Hello Ghost

Sang-man () adalah seorang lelaki muda yang selalu menjalani hidupnya sendiri. Merasa depresi, ia pun memutuskan untuk bunuh diri. Namun usahanya gagal. Alih-alih mati, setelah sadar dari koma, ia justru bisa melihat hantu.

Sang-man yang tiba-tiba bisa melihat hantu setelah gagal bunuh diri

Sang-man yang tiba-tiba bisa melihat hantu setelah gagal bunuh diri

Pertama, adalah seorang lelaki berjas biru yang dengan tenang merokok di sebelahnya. Tak jelas maksud si hantu, karena dia hanya mengikuti Sang-man kemana-mana tanpa mengatakan apa-apa. Kedua, adalah seorang perempuan yang selalu menangis. Tak jelas juga apa yang membuat si perempuan begitu sedih. Ke-tiga, seorang kakek-kakek yang agak cabul, dan keempat, seorang bocah lelaki pethakilan.

Para hantu yang 'aneh'

Para hantu yang ‘aneh’

Keempat hantu ini mengatakan bahwa mereka akan meminjam tubuh Sang-man untuk melakukan hal-hal yang dilakukan orang hidup. Meski merasa keberatan, tapi Sang-man tak bisa menolak karena para hantu terus mengikutinya. Bersama, mereka tinggal di rumah Sang-man. Perlahan, Sang-man yang selama ini selalu sendirian, justru merasa terhibur dengan kehadiran mereka. Ia pun menuruti keinginan-keinginan para hantu.

Anehnya, keinginan hantu-hantu ini juga tak muluk-muluk. Si Kakek minta tolong untuk mengembalikan kamera milik teman lamanya. Si Lelaki minta ditemani jalan-jalan dengan taksi ke pantai. Si perempuan ingin memasak untuk orang yang dicintainya, sementara si bocah ingin ditemani nonton kartun dan membeli gula-gula. Meski begitu, tingkah Sang-man yang kemudian seperti memiliki banyak kepribadian, membuat aneh orang yang melihatnya dan menyangkanya setengah gila. Kecuali Yun-soo (), si perawat cantik yang kemudian ditaksirnya.
hgiu
Mendengar judulnya, saya pikir ini adalah semacam film horor dan hal itu membuat saya tak terlalu berminat untuk menonton. Tapi ketika saya lihat embel-embel penghargaan, saya pun penasaran. Jarang-jarang kan film horor dapat penghargaan. Ditambah lagi, pemain utamanya adalah  yang selama ini, film-filmnya tak pernah mengecewakan.
hgn
Dan setelah menonton…agaknya dugaan saya salah. Meskipun melibatkan kata ‘ghost’ tapi ini bukanlah film horor. Alih-alih ini adalah film drama-komedi. Hantu-hantunya sama sekali nggak seram dan juga nggak akan mengganggu atau menakut-nakuti orang-orang. Dan yang menarik dari film ini adalah alurnya yang sulit ditebak. Apa sebenarnya maksud para hantu ini? Tadinya saya pikir mereka adalah arwah penasaran yang minta dibalaskan dendam atau dibantu menyelesaikan urusan dunia. Tapi hingga hampir di ujung film, tak ada tanda-tanda semacam itu. Permintaan para hantu ini biasa-biasa saja sehingga konfliknya juga terasa datar. Dan jujur, pada titik itu saya agak bosan karena bingung dengan maksud ceritanya apa. Apa mereka sekedar datang untuk menemani Sang-man dan membantunya menemukan cewek cantik? Apalagi ceritanya juga agak terlalu mellow untuk sebuah komedi.
hg2c
Tapi, tunggu dulu!  Menjelang ending, sebuah kejutan tak terduga akan muncul dan menjadi kunci cerita! Pada titik ini saya benar-benar merasa lega dan ingin tertawa terharu. Sebuah kejutan yang benar-benar manis dan menyenangkan. Salut untuk si sutradara yang mampu menyimpan “gong” film dengan begitu rapi dan nyaris tak terduga. Mungkin karena itulah dia diganjar penghargaan sebagai Best New Director di  PaekSang Arts Awards tahun 2011 yang saya pikir, cukup layak.
Recommended! 😀

Cast:
 – Sang-man
 – Jung Yun-soo
Lee Moon-Soo – hantu Kakek     cabul
Ko Chang-Seok – hantu lelaki perokok
 – hantu perempuan menangis
Cheon Bo-Keun – hantu bocah
Kong Ho-Suk – Cenayang
Yoo Soon-Woong – Detektif No
Jeong Gyu-Su – Jung Choo-Han
Goo Seung-Hyun – Sang-Man kecil

Judul: Hello Ghost/ Hellowoo Goseuteu (헬로우 고스트)
Sutradara/Penulis: Kim Young-Tak
Produser: Lim Sung-Bin, Choi Moon-Soo
Sinematografi: Choi Sang-Muk
Rilis: 23 Desember 2010
Durasi: 111 menit
Distributor: Next Entertainment World
Negara/ Bahasa: Korea Selatan/ Korea

Awards:
PaekSang Arts Awards 2011:
– Best New Director

Film Festivals
– Fantasia Film Festival 2011 *Canadian Premiere
– Korean Film Festival In Paris 2011 – Landscape 2011 *French Premiere
– Hawaii International Film Festival 2011 – Gala Presentations
– San Diego Asian Film Festival 2011 – Asia Pop

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: