Beranda > Drama Korea > Modern Farmer

Modern Farmer

EXO atau “Excellent Seoul” adalah band rock populer yang berisikan 4 anak muda:Min-ki, Hyuk, Ki-Joon dan Han-chul. Sekarang, 7 tahun berlalu sejak masa kegemilangan mereka. Band dan para personel pun bernasib tragis setelah mereka diputus kontrak.

Modern Farmer

Lee Min-ki ( ),  sang vokalis bekerja di restoran sembari masih menyanyi off air untuk acara-acara tak penting. Keadaannya tambah parah karena dililit utang. Han-chul ( )menjadi pekerja kantoran tapi masih dalam status magang dan menjadi obyek intimidasi seniornya. Belum lagi ia tiba-tiba divonis mengalami kanker dan kemungkinan umurnya tak akan panjang. Hyuk (), yang anak orang kaya dan mahasiswa kedokteran, bekerja di rumah sakit milik ayahnya, namun terlihat tak bahagia karena hubungannya dengan sang ayah yang buruk. Di sisi lain, ia dianggap sebagai orang yang menyebabkan hancurnya karir EXO. Anggota yang paling muda, Ki-joon), dipaksa orangtuanya untuk mengikuti ujian negara menjadi pegawai negeri. Jikapun tak lulus, ia disuruh meneruskan usaha restoran Jokbal milik orang tuanya.
modern farmer2
Masing-masing menyimpan ketidakbahagiaan dengan kehidupan yang mereka jalani dan masing-masing masih memiliki keinginan untuk kembali bermusik, tapi tak ada yang tahu bagaimana caranya.

“Titik terang” muncul ketika nenek Min-ki meninggal dan Min-ki mendapat warisan tanah pertanian beberapa petak di desa. Awalnya, ia berniat menjual tanah itu untuk membayar utangnya. Tapi ternyata harga tanah di desa sangat murah. Setelah mendengar kabar bahwa harga sawi mahal, ia pun berniat untuk menanami lahannya dengan sawi. Karena tak mungkin mengerjakannya sendiri, ia pun mengajak teman-temannya dengan “menipu” mereka bahwa hasil pertanian itu untuk biaya mereka membuat album.

Para penghuni desa Heudorok yang unik tapi menyenangkan :)

Para penghuni desa Heudorok yang unik tapi menyenangkan 🙂

Dan.. dimulailah kehidupan mereka sebagai petani. Tentu saja, sebagai anak-anak muda yang besar di kota, anak band pula, mereka tak tahu menahu soal bertani sawi. Untunglah, ada orang-orang desa yang setelah berbagai insiden konyol, kemudian menjadi teman, guru, keluarga dan bahkan kekasih mereka.

Ada Kang Yoon-hee (), si kepala desa cantik-single mother yang ternyata adalah noona cinta pertamanya Min-ki. Yoon-hee ini yang kemudian akan menjadi love interest utama di drama ini. Selain itu ada juga Sang-deuk, si lelaki muda pemabuk yang ternyata tidak bisa move on dari kekasih yang mengkhianatinya. Pak Man-goo, lelaki ceriwis berwajah unik tapi ternyata sangat baik hati, lengkap dengan anggota keluarganya yang juga unik. Pak In-ki,  mantan penyanyi dengan anak perempuannya, Sang-eun, yang pemberontak. Lalu Soo-yeon, si gadis misterius dari kota yang datang untuk mencari harta karun dan Bul-ja, si imigran illegal dari China yang jadi penangkap ular.
mf89 (2)
Pertama, sebenarnya saya tertarik untuk menonton drama ini lebih karena judulnya yang melibatkan kata “farmer”: petani,yang saya pikir akan melibatkan latar daerah pedesaan dengan gambar-gambar yang menyegarkan mata. Meski begitu, saya tak terlalu berekspektasi (dan bahkan agak underestimate) karena melibatkan tokoh utama seorang idol, . Saya sudah menonton beberapa film/drama yang dia bintangi () dan aktingnya tidak buruk. Hanya saja, sejauh ini belum ada proyeknya yang terasa greget. Sementara nama-nama lain, saya kurang familiar (saya baru ngeh setelah menonton kalau  yang jadi Ki-joon adalah  si culun Jung-woo di drama  yang lumayan saya sukai dan  yang jadi Han-chul adalah Bang Sung-jae di drama favorit, ).Suasana pedesaannya cukup menyegarkan mata

Suasana pedesaannya cukup menyegarkan mata

Sedikit “harapan” adalah adanya nama  saya agak penasaran juga. Selama ini, bisa dibilang dia adalah aktris lapis kedua dan saya nggak pernah terlalu memperhatikan aktingnya, tapi setelah menonton di mana dia bahkan dinominasikan dalam berbagai ajang penghargaan sebagai aktris terbaik, saya pun penasaran mengingat di sini dia mendapat peran utama.

Dan yah… drama ini sama sekali tak mengecewakan. Seperti yang saya bayangkan di awal, drama akan melibatkan suasana pedesaan yang terasa sejuk, segar dengan orang-orang yang ramah dan hangat. Ditambah lagi, cerita drama ini juga terasa sangat ringan dan bernuansa komedik sehingga benar-benar terasa menyenangkan.Masing-masing tokoh mendapat eksplorasi karakter dengan maksimal dan ceritanya juga terasa lengkap: pendewasaan diri, cinta, keluarga, persahabatan bahkan sedikit menyingung isu sosial seperti imigran ilegal dan diskriminasi.

Lee Ha-nui yang main bagus sebagai Kang Yoon-hee

Lee Ha-nui yang main bagus sebagai Kang Yoon-hee

Untuk akting, semuanya bermain dengan baik. Akting terbaik menurut saya ditunjukkan oleh  sebagai Kang Yon-hee. Meski cukup berharap, tapi saya sempat agak ragu mengingat physicly memilik kecantikan yang terkesan ‘mewah’ yang harus memerankan sosok perempuan desa. Tapi ternyata, dia mampu membuktikan kualitas aktingnya di sini. Tidak saja penampilannya yang walaupun masih cantik, tapi terlihat “sederhana” ala perempuan desa dan petani, tapi juga kepala desa yang memiliki wibawa, lovable, dan memiliki sisi rapuh.

Tidak bisa dibilang drama yang sempurna memang, karena ada beberapa detil yang seolah ‘terlupakan’ atau ada beberapa adegan yang kurang greget eksekusinya. Ada juga beberapa bagian yang terasa terlalu berlama-lama. Tapi celah terbesar, dan sangat disayangkan rasanya adalah chemistry yang kurang dapet antara  & . Keduanya bermain dengan apik dan memainkan karakternya dengan pas, hanya saja, romance keduanya kurang terasa. Saya pikir sebenarnya ini masalah di skrip karena memang minimnya adegan yang memperlihatkan ‘romance timing’ mereka. Di sisi lain, sepertinya juga kurang bisa menunjukkan ekspresi ‘jatuh cinta’ dengan baik, karena dengan Yoo-na pun tidak ada kesan romantis yang kuat. Mungkin hal ini didukung wajahnya yang terlalu ‘imut-imut’ dan karakternya di sini yang kadang terlalu childish.

Very good chemistry dari Yoong-hee dan Hyuk. And really love this couple. Sayang, he's just 2nd lead :(

Very good chemistry dari Yoong-hee dan Hyuk. And really love this couple. Sayang, he’s just 2nd lead 😦

Chemistry yang bagus justru terbangun dengan the 2nd man, Yoon-hee- Hyuk. Sosok Hyuk dengan karakternya yang complicated plus senyum misteriusnya, dimainkan dengan sangat baik oleh . Momen-momen dia jatuh cinta pada Yoon-hee juga terasa sangat nyata, bagaimana dia menatap dan memperlakukan Yoon-hee memperlihatkan kalau dia truly in love sam Yoon-hee. Dan menjadi sangat menyebalkan karena bagaimanapun, he’s just the 2nd man, yang dalam rumus drama Korea, hampir mustahil mendapatkan cinta si cewek pertama. (Pengecualian untuk beberapa drama yang berani membalikkan “rumus” itu seperti King Baker, misalnya), tapi agaknya tidak dengan drama ini).
mf9v
Dan saya pikir, lebih karena pemain utamanya. adalah idol dengan popularitas yang sudah tidak diragukan lagi. Dan atas pertimbagan pasar, tentulah si penulis/sutradara drama ini tidak akan mengambil resiko dengan membuat cerita yang ‘tidak memuaskan’ untuk karakter utamanya. Sementara  yang jadi Hyuk, bisa dibilang jauh dari populer. Meski tercatat dia sudah terlibat di beberapa drama, tapi peran-perannya seolah tidak penting dan mudah dilupakan (saya sendiri tak ingat bahwa dia ternyata pernah main di ). Dan bagaimanapun bagus akting dan karakternya di sini, dia tetaplah 2nd man dengan penyelesaian akhir yang bisa diduga. Whatever, secara keseluruhan, drama ini layak tonton dan sangat menghibur!

Cast:
– Lee Min-ki
 – Kang Hyuk
– Yoo Han-cheol
 – Han Ki-joon
 – Kang Yoon-hee

Lee Han-Wi – Kang Young-sik (pamannya Yoon-hee)
 – Yoon Hye-jung (bibinya Yoon-hee)
Kim Jae-Hyun – Park Hang-goo (adiknya Yoon-hee)
Hwang Jae-Won – Kang Min-ho (anaknya Yoon-hee)
Kim Byung-Ok – Han In-ki (mantan rocker)
Park Jin-Joo  – Han Sang-eun (manajer Modern Farmer)
Jo Sang-Geon – Park Deuk-chool (si Kakek)
Kim Bu-Seon – Lee Yong-nyeo (ibunya Sang-deuk)
Seo Dong-Won – Park Sang-deuk (si Pemabuk)
Min A – Lee Soo-yeon
Park Young-Soo – Hwang Man-goo
Maria – Diana (istrinya Man-goo)
Lincoln Paul Lambert – Hwang Man-guk (anaknya Man-goo)     Oh Yeong-Sil – Kim Soon-boon (ibunya Man-goo)
Jo Woo-Ri – Hwang Ji-yi (adiknya Man-goo)
Han Joo-Hyun – Bul Ja/ Hwang Ran
Han Bo-Reum – Han Yoo-na
Kim Won-Hae  – Doksa (lintah darat)
Nam Myung-Ryul – Direktur Kang (ayahnya Hyuk)
Jung Si-A – Yoo Mi-young (eks kekasihnya Sang-deuk)
Jang Seo-hee – Choi Eun-woo (anaknya Mi-young)
Lee Jae-Woo – Lee Hyun-Seok (ayah Min-ho, mantan Yoon-hee)

Judul: Modern Farmer/ Modeonpameo (모던파머)
Sutradara: Oh Jin-Seok
Penulis: Kim Ki-Ho
Tayang: SBS,  18 Oktober – 27 Desember 2014
Episode: 20
Negara/ Bahasa: Korea Selatan/ Korea

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: