Beranda > Film Keluarga, Film Korea > Chronicle of Blood Merchant

Chronicle of Blood Merchant

Sejak pertama dengar kabar pembuatan film ini, saya sudah penasaran tak sabar nunggu rilisnya. Pertama tentu nama  yang di sini berperan sebagai sutradara sekaligus aktor utamanya. Yah, meski karirnya sebagai sutradara bisa dibilang baru dimulai dan dari film pertamanya, , tidak bisa dibilang ‘wah’ tapi juga tidak mengecewakan. Ditambah lagi, pasangannya di sini adalah artis populer , berikut cast tambahan beberapa aktor kawakan Korea: , (kebanyakan rekan mainnya di film-filmnya dan saya duga main di sini lebih dalam rangka “membantu teman” daripada sebagai aktor yang dibayar) dan bahkan ada nama.
hL6q1
Berlatar tahun 50-an. Heo Sam-gwan () adalah pemuda biasa saja. Petani sederhana yang tidak memiliki apa-apa selain bahwa ia rajin bekerja. Suatu hari, ia jatuh cinta dengan Heo Ok-ran (), gadis penjual popcorn yang disebut-sebut tercantik di kota itu. Sam-gwan pun berniat untuk menikahi Ok-ran. Masalahnya, Ok-ran sudah memiliki kekasih, lelaki kaya tapi playboy, Ha So-young. Tapi tentu saja, Sam-gwan tak patah arang. Dengan modal nekad dan kepandaian mengambil hati ayah Ok-ran (), ia akhirnya berhasil menikahi Ok-ran.

Ok-ran, gadis tercantik penjual popcorn

Ok-ran, gadis tercantik penjual popcorn

cb90u
Sebelas tahun berlalu. Sam-gwan dan Ok-ran hidup sederhana dan bahagia dengan 3 orang anak lelaki yang pintar dan lucu-lucu: Il-rak, Yi-rak dan Sam-rak. Masalah muncul ketika orang-orang mulai menggosipkan bahwa anak pertama mereka, Il-rak, mirip dengan So-young. Dan ketika terbukti melalui tes darah bahwa Il-rak memang anak So-young, harga diri Sam-gwan sebagai lelaki pun terusik. Ia menjadi bahan ejekan orang-orang karena begitu bodoh membesarkan anak orang lain. Menepiskan rasa sayangnya pada Il-rak, ia memperlakukan Il-rak dengan dingin. Namun ketika keluarga So-young menginginkan Il-rak, Sam-gwan pun sadar bahwa ia mencintai Il-rak seperti anaknya sendiri dan tak rela ketika orang lain ingin mengambilnya.

cb324
Di sisi lain, keadaan ekonomi yang sulit membuat keluarganya sering kekurangan makanan. Menjual darah adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang. Dan agaknya, dari sinilah judul film ini berasal. Meski sebenarnya, fokus cerita film ini lebih pada keluarga.
cb567
Saya membaca kalau film ini diadaptasi dari novel penulis China yang konon cukup terkenal, Yu Ha. Saya sendiri belum pernah membacanya sehingga tak bisa membandingkan, namun dalam novel itu konon banyak melibatkan latar sejarah sehingga menjadi penting. Tentu saja, sulit diangkat karena latarnya di sini berbeda. Tapi bisa dilihat bagaimana sulitnya keadaan ekonomi pada masa itu (tahun ’50-an/ ’60an) dimana orang-orang sampai harus menjual darah untuk bertahan hidup.

Ending yang menyenangkan :)

Ending yang menyenangkan🙂

Jujur, film ini tidak bisa dibilang sangat berkesan, meski juga tidak mengecewakan. Sejak awal saya sendiri memang tak terlalu banyak berekspektasi. Di awal-awal, film ini terasa sangat segar dan juga menghibur. Karena meskipun ceritanya bisa dibilang serius tapi selalu ada nuansa komedik yang membuatnya terasa lucu dan segar (khas ). Namun agak ke belakang, cerita menjadi terlalu lambat dan agak cengeng. Untunglah,  film kemudian ditutup dengan ending yang terasa menyenangkan🙂 didukung gambar-gambar sinematografi yang pas. Whatever, salut untuk yang memang multitalented.

Note:

Bagi penggemar  dan ingin melihat aktingnya yang lain dari biasa, bisa dilihat di film ini. Meski cuma sebagai pemain lapis sekian, tapi cukup meninggalkan kesan🙂

Yoon Eun-hye yang 'rela' dipermak jadi cewek gendut :)

Yoon Eun-hye yang ‘rela’ dipermak jadi cewek gendut🙂

Cast:
 – He Sam-Gwan
 – Heo Okran
Nam Da-reum – Ilrak
No Kang-min – Yi-rak
Jun Hyun-suk – Sam rak
Jeon Hye-jin – Song istri Soyoung
Min Moo-je – Ha Soyoung
Jang Gwang – Dr Choi
– Mr Bang
Kim Sung-kyun – Geunryong
– Mr sim
 – Mr An
– Paman
 – ayahnya Ok-ran
Kim Young-ae – ibunya Kye-hwa

 – Im Boon-bang
– Kye-hwa

Judul: Chronicle of Blood Merchant/ Heosamgwan
Sutradara:
Penulis: Yu Hua (novel)
Rilis: 15 Januari 2015
Durasi: 124 menit
Distributor: Next Entertainment World
Negara/Bahasa: Korea Selatan/Korea

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: