Happiness

Han Yong-su ( ) seorang lelaki manajer bar di Seoul, divonis sakit sirosis hati karena kebiasaannya merokok dan minum alkohol. Ia memutuskan untuk berobat di sanatorium di daerah pedesaan, meninggalkan kehidupan kota dan kekasihnya, Su-yeong ( ). Namun karena malu mengakui sakit, ia berbohong bahwa ia pergi ke luar negeri.

hbg78

Di sanatorium, ia bertemu pasien lain, berbagi masalah yang sama. Di antaranya adalah Eun-hee (), yang menderita kelainan pada paru-parunya. Eun-hee yang berpikir bahwa hidupnya tak akan lama dan ingin menjalani hidup hanya untuk ‘hari ini’, jatuh hati pada Yong-su dan kemudian mengajak hidup bersama. Berdua,mereka menghabiskan waktu yang indah di tengah kehidupan daerah pegunungan yang tenang. Saling merawat satu sama lain. Tapi ketika kesehatannya mulai membaik, dan mantan kekasihnya ( datang berkunjung, Yong-su mulai terusik untuk kembali pada kehidupan lamanya di Seoul, berpikir bahwa disanalah dia akan mendapatkan kebahagiaannya. Namun benarkah?

Love the setting

Love the setting

Alasan utama saya menonton film ini adalah karena cast utamanya:  dan , yang masuk jajaran aktor/aktris papan atas Korea. Saya cukup ngefans dengan , sementara dengan , saya mengapresiasi peran-perannya di berbagai film yang sangat berkualitas. Karenanya, meski baca di sinopsis kalau film ini akan mengetengahkan kisah cinta antara dua pesakitan, namun mengingat para pemainnya, saya pikir bukan sekedar film romantis biasa. Apalagi sutradaranya adalah , yang termasuk salah satu sutradara dengan film-film yang berisi (Chrismast in August, April Snow)

hbg2

Dan yah… sejujurnya tidak terlalu seperti yang saya bayangkan. Alur dan jalan ceritanya sendiri terasa ‘biasa’ saja, hampir standar film romantis pada umumnya. Meski begitu, tetap meninggalkan perenungan. Seperti judulnya, kebahagiaan. Seringkali orang berpikir untuk mencari kebahagiaan di suatu tempat, padahal kebagiaan yang nyata sebenarnya ada di depan kita. Di film ini, diwakili lewat sosok Yong-su. Sosok Yong-su sendiri terasa cukup menyebalkan, tapi sepertinya, memang sang sutradara sengaja menghadirkan sosok yang sepertinya yang ‘tidak sempurna’ tapi juga terasa realistis. Dan akhirnya, kita pun bisa memahami pilihan-pilihan yang dibuatnya.

hengbok_korean

Di sisi lain, gambar-gambar di film ini juga enak dilihat karena sebagian besar mengambil latar daerah pinggiran yang terasa sejuk dan indah permai ditambah soundtracknya yang terasa pas. Sementara untuk para pemainnya, Hwang Jung-min dan Lim Soo-jung menunjukkan chemistry yang kuat dan bermain apik.

Cast:

 – Yong-soo
– Eun-hee
-Su-yeon
– Dong-jun (temannya Yong-soo)
Shin Shin-Ae – Kepala sanatorium
Park In-Hwan – Suk-gu

Judul: Happiness/ Haengbok (행복)
Sutradara:
Penulis:  Lee Sook-Yun, Shin Joon-Ho, Seo Yoo-Min
Produser: Jo Sung-Woo
Sinematografi: Kim Hyung-Ku
Rilis: 3 Oktober 2007
Durasi: 124 menit
Distributor: Showbox/Mediaplex
Bahasa/ Negara: Korea/ Korea Selatan

Film Festival:
– Udine Far East Film 2008
– New York Asian Film Festival 2008  – New York Premiere

Award:
– Critics Choice Awards 2007: Best Screenplay
– Golden Cinematography Awards 2008: Best Film, Gold Medal Cinematography

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: