Haemoo

Korea tahun 1998. Kang ( ), adalah kapten kapal penangkap ikan dengan 5 anak buah, Dong-sik () anak muda yang cenderung lugu dan lembut, Wan-ho si penjaga mesin yang kebapakan, Chang-wook pemuda yang terobsesi untuk having sex, Ha-young yang agresif dan Kyung-koo yang family man.
hm0
Di tengah krisis ekonomi, didera banyak hutang dan nyaris bangkrut, pemilik kapal berniat menjual kapal yang dikomandoi Kang. Namun Kang, yang tak punya harapan lain selain di kapal, berusaha bertahan. Ia pun berubah haluan dengan menerima pekerjaan ilegal: menyelundupkan imigran gelap yang hendak masuk ke Korea Selatan. Meski merasa berat, para anak buahnya menerima pekerjaan itu demi mencari nafkah.
hmw
Klien pertama mereka adalah segerombolan imigran dari China keturunan Korea yang hendak mencari penghidupan yang lebih baik di Korea Selatan. Di antara mereka adalah seorang perempuan muda bernama Hong-mae ( ) yang terjatuh dan nyaris tenggelam ketika menaiki kapal. Dong-sik yang menolongnya kemudian jatuh cinta kepadanya. Di sisi lain, Wan-ho juga blingasatan karena ada perempuan di kapalnya.
hmbc
Tapi ini bukanlah semata cerita tentang cinta, karena film kemudian akan fokus pada kehidupan di atas kapal penyelundup itu, mengarungi lautan yang kadang disergap kabut. Kang dan anak buahnya yang tak punya pengalaman apa-apa soal menyelundupkan manusia harus berusaha tegas ketika didebat para imigran yang merasa diperlakukan tak manusiawi. Lalu bagaimana juga mereka harus menghindari para petugas patroli.

Hingga… sebuah horor mengerikan terjadi dan Kang pun harus mengambil keputusan logis, demi bertahan hidup.

Sejak awal, meskipun menyodorkan dua nama aktor muda yang bisa membuat berekspektasi (terutama  tentu saja, yang selama ini dikenal sebagai salah satu pangeran drama), tapi saya sudah menduga bahwa ini pastilah bukan film drama semanis gulali. Apalagi film ini melibatkan nama  (, , ) dan , yang terkenal dengan film-film serius dan cenderung gelap. Dan yah, memang demikianlah film ini. Seperti judulnya, Sea Fog.
hmq
Film ini mencoba menggambarkan kehidupan para kelas pekerja yang keras dan bagaimana mereka kadang dipaksa oleh keadaan untuk membuat keputusan-keputusan ‘kejam’ dan terkesan ‘jahat’ demi bertahan hidup. Mungkin agak sedikit annoying dengan tingkah para ABK (terutama Chang-woo) yang seperti maniak. Tapi saya pikir hal itu bisa dipahami, karena mereka, para lelaki ini, harus menghabiskan hampir seluruh waktunya di laut dengan kehidupan yang begitu-begitu saja yang pastinya sangat menjemukan. Ke-harsh-an film akan diimbangi dengan cinta yang lembut antara Hong-mae dan Dong-sik dan saya pikir, proporsinya cukup pas.

Dari segi akting,  yang berperan sebagai Dong-sik, mendapat banyak apresiasi berkat perannya di sini. Bagi yang sudah sering melihat aktingnya di layar kaca (harus saya akui dia memang cukup berbakat), sebenarnya akting dia di sini tidak bisa dibilang sangat istimewa. Namun saya cukup mengapresiasi pilihannya untuk mulai terjun ke dunia layar lebar dan dimulai dari film yang berkelas seperti ini. Saya pikir itu adalah langkah lanjutan yang bagus untuk karir dia di dunia akting. Yah, dunia drama Korea tidaklah buruk, tapi seringkali terlalu banyak pengulangan dan tak jarang justru membuat seorang aktor terjebak pada peran yang begitu-begitu saja. (sebagai contoh, Lee Min-ho, misalnya). Kenyataan bahwa  mengawali terjun ke dunia entertainment dari panggung idol, menambah apresiasi saya.

Debut Park Yoo-chun di layar lebar. Not bad :)

Debut Park Yoo-chun di layar lebar. Not bad🙂

Untuk aktor lain; , tentu tak ada yang perlu diragukan dengan kemampuan aktingnya yang memang bisa dibilang spesialis peran-peran ‘gelap’ seperti ini. Sementara ? Yah, setelah melihat aktingnya yang mengesankan di film , saya merasa dia akan selalu cocok berperan di jenis film apa saja dan berharap ke depan dia akan lebih banyak mendapat peran utama.

Note:
Saya baca di internet, konon, awalnya  yang ditawari untuk memerankan Dong-sik, tapi dia nggak bisa karena sedang wajib militer. Tentu saya  cukup bagus, tapi saya bisa membayangkan kalau  yang memerankan karakter Dong-sik sepertinya akan sangat pas juga dan rasanya lebih cocok dengan yang sama-sama punya wajah innocent. Hihi.., belum rejeki dia lah🙂

Cast:
 – Kapten Kang
 – Dong-Sik
 – Hong-mae

Lee Hee-joon – Chang-wook
Moon Sung-geun – Wan-ho
Kim Sang-ho – Ho-young
Yoo Seung-mok – Kyung-koo

Jung In-Gi – Oh-Nam (imigran)
Jo Kyung-Sook – Yool-Nyeo (imigran)
Gu Ji-bong – pemilik kapal
Kwon Byung-gil – Det. Noh
Park Moo-young – istri Kang
Ye Soo-jung – ibunya Dong-sik
Yoon Je-moon – Polisi Laut Kim
Kim Young-woong – Gil-soo

Judul: Haemoo / Sea Fog (해무)
Sutradara: Shim Sung-Bo
Penulis: Shim Sung-Bo,
Produser:
Rilis: 13 Agustus 2014
Durasi: 111 menit
Distributor: Next Entertainment World
Bahasa/ Negara: Korea/ Korea Selatan

Awards:
Blue Dragon Film Awards  2014:
– Best New Actor ()
– Best Art Design

Daejong Film Awards 2014:
– Best New Actor ()

Korean Association of Film Critics Awards 2014:
– Best New Actor ()

Film festival:
– Toronto International Film Festival  2014 – Gala Presentations *International Premiere
– Vancouver International Film Festival  2014 – Dragons and Tigers
– Fantastic Fest 2014 *U.S. Premiere
– San Sebastian International Film Festival  2014 – Official Selection
– Busan International Film Festival 2014 – Korean Cinema Today: Panorama
– Hawaii International Film Festival 2014 – Spotlight on Korea *Hawaii Premiere
– Marrakech International Film Festival 2014 – Films in Competition

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: