Beranda > Film Action, Film Korea > Nameless Gangster

Nameless Gangster

Saya pernah membaca komentar netizen, bahwa meskipun ia tak tahu atau belum pernah baca sinopsis filmnya seperti apa, tapi tak keberatan menonton asal ada nama . Dan saya pikir, ya juga sampai pada tahap itu. Meski film ini, saya sudah sering mendengar ulasannya sekilas-sekilas, karena memang termasuk salah satu film Korea yang banyak mendapat apresiasi.

Choi Min-sik sebagai Choi Ik-yun

Choi Min-sik sebagai Choi Ik-yun

Choi Ik-hyun ( ), seorang lelaki yang bekerja di kantor bea cukai. Dan agaknya memang sudah jadi rahasia umum di seluruh dunia ini, kalau itu adalah tempat yang ‘sangat basah’, melibatkan penyelundupan dan sogok menyogok. Tak terkecuali bagi Ik-hyun dan teman-temannya.

Ketika dilakukan penyelidikan, demi menyelamatkan nama baik instansi, diputuskan untuk dicari salah seorang yang akan ‘dikorbankan’. Karena jumlah tanggungan keluarganya paling sedikit Ik-hyun yang kemudian diminta mengorbankan diri. Tentu saja itu hal yang berat, karena Ik-hyun harus menghidupi istri dan 3 anaknya.

Ha Jung-woo sebagai si kepala gangster Choi Hyung-bae

Ha Jung-woo sebagai si kepala gangster Choi Hyung-bae

Hingga suatu malam, hari ketika sedang bertugas, ia menemukan heroin dan Ik-hyun pun mengatakan bahwa ia tak keberatan dikorbankan asal bisa menjual heroin itu. Ia kemudian dikenalkan dengan bos mafia setempat, Choi Hyung-bae () yang memiliki koneksi dengan yakuza di Jepang.

Dari pertemuan tersebut, Ik-hyun mengetahui kalau ternyata Hyung-bae yang sama-sama bermarga “Choi” masih satu klan dan dia bahkan mengenal ayah Hyung-bae. Karena secara kekeluargaan Ik-hyun adalah paman jauh Hyung-bae, Hyung-bae pun kemudian menaruh hormat pada Ik-hyun dan setuju untuk bekerja sama. Segera saja mereka menjadi partner di dunia permafia-an Busan. Hyung-bae dengan reputasinya sebagai gangster dan Ik-hyun yang memiliki koneksi orang-orang penting.
nmr
Namun, tentu saja itu adalah kerjasama yang rentan karena bagaimanapun, mereka berasal dari ‘dunia’ yang berbeda. Hyung-bae dengan dunia gangsternya yang meski ‘gelap’ tapi juga memiliki moral kepercayaan dan kesetiaan, sementara Ik-hyun, setengah kakinya masih menapak pada ‘dunia luar’ yang berisi kepentingan-kepentingan pribadinya (ambisi dan keluarganya), dan karenanya, kemudian membuatnya mencari kesempatan yang paling menguntungkan untuk dirinya sendiri.
nmls2
Hmm, karena bahkan pada judulnya tak segan-segan mencantumkan kata “Gangster”, tadinya saya kira ini cerita gangster-gangsteran yang agak absurd dengan adegan yang melibatkan pertarungan antar gangster yang penuh kekerasan. Ternyata…yah, untuk ke sekian kalinya, saya harus memuji para sineas Korea, karena meski gangster adalah tema yang bisa dibilang sangat mainstream dalam dunia perfilman mereka, tapi selalu saja ada cerita baru yang membuatnya tetap menarik untuk ditonton. Demikian juga film ini yang mampu memadukan cerita ‘crime‘ dan drama dengan sangat baik.  Yah, agaknya dunia gangster adalah dunia abu-abu yang menyajikan 1001 cerita yang seolah tak pernah habis dikulik. Dipadu dengan permainan maksimal para aktor utamanya:   dan  (ada juga nama Kim Sung-Kyun yang jadi Park Chang-woo, orang nomor 2-nya Hyung-bae dan ternyata dia adalah Samchunpo di ), menjadikan Nameless Gangster sebuah film yang sayang untuk dilewatkan.

Note:
– Film ini konon box office banget di negaranya sono dan bahkan menjadi film pertama yang mampu menjual tiket lebih dari 4 juta pada tahun 2012. Bisa dimengerti sih karena filmnya memang bagus dan juga memiliki nilai komersil. Hmm, kapan ya film lokal kita bisa jadi langganan box office di negeri sendiri😦

Cast:
 – Choi Ik-hyun
 – Choi Hyung-bae
Cho Jin-Woong – Kim Pan-ho
– Kim Sung-bang
Kwak Do-Won – Jo Bum-suk
Kim Sung-Kyun – Park Chang-woo
Kim Hye-Eun – manajer night club

Judul: Nameless Gangster: Rules of the Time / The War Against Crime/ Bumchoiwaui Junjaeng: Nabbeunnomdeul Jeonsungshidae (범죄와의 전쟁 : 나쁜놈들 전성시대)
Sutradara:
Penulis: , Han Dong-Wook
Produser: Han Jae-Duk, Park Shin-Kyu, Kim Do-Soo, Yoo Jung-Hoon
Sinematografi: Go Rak-Sun
Rilis: 2 Februari 2012
Durasi: 133 menit
Distributor: Showbox/Mediaplex
Bahasa/Negara: Korea/ Korea Selatan

 Film Festivals
– Shanghai International Film Festival 2012 – Spectrum
– New York Asian Film Festival 2012 –  Mr. Vengenance
– Fantasia Film Festival 2012 *Quebec Premiere
– Vancouver International Film Festival 2012 – Dragons and Tigers
– Melbourne International Film Festival 2012 – Accent on Asia
– Sitges Film Festival 2012 – Official Fantàstic Competition
– Busan International Film Festival 2012 – Korean Cinema Today – Panorama
– BFI London Film Festival  2012 – Films in Thrill
– Korean Film Festival In Paris  2012 – Landscape
– San Francisco International Film Festival 2013 – World Cinema
– Korean Film Festival in Australia 2013 – Crime and Punishment

Awards
PaekSang Arts Awards 2012:
– Grand Prize
– Best New Actor (Kim Sung-Kyun)
Korean Association of Film Critics Awards 2012:
– Best Screenplay
Blue Dragon Film Awards 2012:
– Best Actor ()
– Best Screenplay
– Best Music
KOFRA Film Awards Ceremony 2013:
– Best Actor (

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: