Whistle Blower

Yoon Min-Cheol ()adalah seorang PD acara TV untuk program investigasi, yang selalu penuh semangat dan dedikasi pada pekerjaannya untuk mengungkap kebenaran.

Park Hae-il sebagai Yoon Min-Cheol, si jurnalis TV yang penuh dedikasi

Park Hae-il sebagai Yoon Min-Cheol, si jurnalis TV yang penuh dedikasi

Suatu hari ia mendapat laporan dari seorang yang bernama Shim Min-ho (), tentang proyek penelitian palsu yang dilakukan salah seorang ilmuwan terkenal, Prof. Lee Jang-hwan ( ). Shim dulunya adalah dokter yang bekerja di tempat Prof. Lee, namun kemudian memutuskan keluar karena tak tahan bertentangan dengan hari nuraninya. Meskipun menyaksikan semua kebohongan dengan mata kepala sendiri, namun Shim tak punya banyak bukti. Apalagi, istrinya juga bekerja di tempat Prof Lee dan anaknya sakit parah.

Yoo Yoen-suk sebagai ilmuwan Shim Min-ho. Not bad :)

Yoo Yeon-suk sebagai ilmuwan Shim Min-ho. Not bad 🙂

Yoon,dibantu kameramen muda yang enerjik, Yi-seul ( , dia yang jadi Kim Byeol di film ), pun berusaha menelusuri kebohongan itu sembari mencari bukti-bukti. Tapi masalah menjadi rumit, karena Prof Lee adalah sosok populer yang hipokrit sehingga menarik banyak simpati publik. Alih-alih mendapat dukungan karena berusaha mengungkap kebenaran, Yoon dan teman-temannya di Tv malah diduga melakukan fitnah.

Cerita yang seru? Tentu saja. Apalagi, konon cerita film ini didasarkan pada kisah nyata yang menimpa salah seorang ilmuwan terkemuka Korea Selatan, lho. Ngeri ya? Tapi mungkin memang banyak ilmuwan, politikus atau orang-orang terkenal yang demi popularitas, rela melakukan tindakan-tindakan curang dan munafik seperti itu. Menjijikkan memang. Meski begitu, fokus film ini sebenarnya bukan pada kejahatan yang dilakukan si ilmuwan, tapi lebih pada sosok Yoon, jurnalis TV yang tanpa mengenal takut berusaha membeberkan kebenaran, cerita yang mengingatkan saya pada sebuah film Amerika yang menjadi tontonan wajib bagi para calon jurnalis: All the President Man.
wbrs
Yah, saya pikir seharusnya seperti itulah tugas seorang jurnalis sejati. Berusaha sebisa mungkin membeberkan kebenaran, bukannya malah menjadi alatnya para penguasa untuk melakukan propaganda. Hal itu yang kemudian mengingatkan saya pada banyak media (terutama TV) belakangan ini.

Untuk soal akting, tak usah khawatir karena film ini memasang 3 nama besar di sini: , dan yang memang sedang berada di puncak karirnya belakangan ini, menunjukkan akting yang tak pernah mengecewakan sebagai PD Yoon, jurnalis yang seolah tak pernah kehabisan energi.

Lee Kyoung-young yang selalu main keren

Lee Kyoung-young yang selalu main keren

Demikian juga dengan . Wah, saya benar-benar mulai ‘jatuh cinta’ dengan kemampuan akting aktor gaek satu ini. Meski sudah uzur tapi ia selalu menunjukkan performa terbaiknya. Beberapa waktu lalu saya baru melihatnya di  dan . Di , dia berperan sebagai lelaki tua yang gentle dan dandy, sementara di , sebagai bajak laut yang bengisnya minta ampun. Sungguh dua karakter yang begitu berbeda tapi berhasil dimainkannya dengan begitu gemilang. Dan di sini, dia memerankan sosok profesor munafik dengan begitu meyakinkan. Wah, pokoknya two thumbs up deh untuk kakek satu ini!

Terakhir, adalah , Chilbongi di  ,  yang menjadi ilmuwan jujur, Shim Min-ho dan saya pikir juga berhasil memainkan perannya dengan baik. Meski jam terbangnya belum bisa disejajarkan dengan dua aktor seniornya di atas, saya pikir ia juga sedang menaiki tangga kesuksesan dan popularitas dalam karir beraktingnya (semoga saja dia terus selektif memilih peran).
whistle blower
Ada beberapa hal yang sedikit mengganggu pada ceritanya. Ketika Yoon dan TV tempatnya bekerja di-bully dan bahkan oleh para rekan media dan mereka seolah menjadi satu-satunya media yang berpegang pada kebenaran. Saya nggak tahu apa seperti itu kenyataan di dunia media ya? Setahu saya, biasanya rekan-rekan di media itu punya semacam solidaritas dan akan saling dukung terutama jika menyangkut ‘melawan kekuasan’, tentu saja akan ada banyak media yang didekengi para penguasa, tapi biasanya dari sekian banyak media, ada saja media yang memiliki solidaritas semacam itu. Entahlah. saya juga nggak paham dunia media, sih, lagipula, ini juga hanya film yang mungkin sengaja untuk memberi efek dramatisasi 🙂

Note:
-Film ini konon berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh ilmuwan Korea, Dr. Hwang Woo-Suk.

Cast:
 – Yoon Min-Cheol
 – Lee Jang-Hwan
 – Shim Min-Ho
Park Won-Sang – Lee Sung-Ho
Ryoo Hyoun-Kyoung – Kim Mi-Hyun
 – Kim Yi-Seul

Judul: Whistle Blower/Jeboja (제보자)
Sutradara: Yim Soonrye
Rilis: 2 Oktober 2014
Distributor: Megabox Plus M
Negara/ Bahasa: Korea Selatan/ Korea

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: