Beranda > Film Korea > The Railroad

The Railroad

Man-soo (), seorang lelaki yang bekerja sebagai masinis subway Seoul-Busan. Ia menghabiskan hari-hari dengan rutinitas yang sama di atas kereta api, terisolasi di ruang kemudi sehingga nyaris tak punya kehidupan sosial. Di sebuah stasiun, seorang gadis selalu menunggunya dan memberinya bungkusan berupa kue dan kopi. Lelaki itu merasa jatuh cinta pada si perempuan tapi si perempuan tak pernah mau menyebutkan namanya.
rr2
Han-na, seorang perempuan single yang sudah berumur, bekerja sebagai dosen tidak tetap di sebuah universitas. Ia menjalin hubungan gelap dengan seorang profesor yang sudah beristri. Meski begitu, ia menginginkan hubungan yang lebih terikat, yang tentu saja sulit diwujudkan.Di sisi lain, ibunya terus mendesaknya segera menikah dan menggunakan ijazah dokternya daripada sastra Jerman yang tidak prospektif.
rr
Suatu hari, Man-soo mengambil cuti setelah sebuah insiden mengerikan dan Han-na gagal bertemu kekasihnya karena ketahuan sang istri. Dalam keadaan sama-sama terluka, keduanya ‘terdampar’ di sebuah pemberhentian terakhir kereta api pada suatu malam yang bersalju dan mereka pun menghabiskan waktu bersama.
rr0
Menonton film ini sedikit mengingatkan saya dengan , tapi The Railroad tidak sedalam dan sepuitis Cafe Lumiere. The Railroad lebih berisik dan cair, bahkan beberapa bagian terasa agak permukaan. Saya juga agak tergangggu dengan penggunaan dua karakter di film ini terkait dengan judulnya. Han-na, yang awalnya sama sekali tak punya latar belakang “rel kereta api” seolah adalah bagian terpisah yang kemudian dikaitkan dengan agak paksa di ujung. Sedangkan karakter Man-soo? Saya pikir adalah kekuatan film ini. Pilot atau  bahkan sopir bus adalah karakter yang sudah sering dibahas, tapi tidak dengan masinis dan saya pikir film ini memberi gambaran yang terasa nyata tentang kehidupan seorang masinis. Lumayan, kok.
Railroad
Cast:
– Man-soo
Son Tae-Young – Han-na

Baek Jong-Hak – Professor Kim Ho
Cha Seo-Won – Gadis di stasiun

Judul: The Railroad/ Gyeong-ui-seon (경의선)
Sutradara/ Penulis: Park Heung-Sik
Produser: Park Mu-Seung
Sinematografi: Park Gi-Wung
Rilis: 10 Mei 2007
Durasi: 107 menit
Studio: KM Culture, Min Film
Distributor: Showbox/Mediaplex
Bahasa/ Negara: Korea/ Korea Selatan

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: