The Chaser

Saya lagi “fall in love” sama aktingnya  dan karenanya, penasaran dengan film-film yang dia bintangi. Di film ini, aktingnya banyak mendapat pujian dan meski saya agak-agak ngeri nonton karena baca sinopsisnya kalau film ini tentang psikopat, tapi saya memutuskan nonton juga. Di sisi lain, saya juga khawatir kalau jadi “membenci”  karena di sini perannya sebagai antagonis, hihi.
the-_chaser
Jung-ho (), mantan detektif yang sekarang menjadi semacam mucikari untuk para perempuan panggilan. Ia merasa risau karena belakangan, beberapa perempuan yang bekerja untuknya tiba-tiba menghilang ketika menjalankan “misi” panggilan. Selidik punya selidik, para perempuan itu ternyata hilang setelah menerima panggilan dari sebuah nomor yang sama. Karena bisnisnya adalah bisnis kotor, Jung-ho tak mungkin menghubungi polisi dan karenanya berusaha melakukan penyelidikan sendiri. Motif Jung-ho praktis saja, ia merasa dirugikan dan ingin menuntut ganti rugi. Dalam asumsinya, para perempuan itu hilang karena dijual lagi oleh si pemanggil.
ch6
Film ini tak hendak berpanjang-panjang dengan misteri. Karenanya, kemudian cerita segera dibuka kalau ternyata para perempuan itu hilang karena dibunuh dan siapa si pembunuh juga segera diperlihatkan. Ji Yeong-min () adalah dalang di balik semua itu. Seorang lelaki psikopat yang bertampang “biasa saja” tapi kelakuannya sangat keji. Karena sebuah insiden, Ji dibawa ke kantor polisi bersama Jung-ho dan diinterogasi, dengan tenang Ji mengatakan kalau ia membunuh para perempuan itu. Jawaban yang tentu saja membuat kepolisian risau sekaligus antusias karena mereka memang sedang dihadapkan pada kasus pembunuhan seperti yang diceritakan Ji.

Ha Jung-woo yang main bagus sebagai si psikopat

Ha Jung-woo yang main bagus sebagai si psikopat

Namun, pengakuan tentu saja tak cukup dan diperlukan bukti-bukti yang kuat untuk membuktikan kalau Ji memang benar-benar bersalah.

Di sisi lain, Jung-ho yang entah karena naluri detektifnya yang masih bekerja atau semata merisaukan bisnisnya, juga berusaha mencari tahu kebenaran ucapan Ji.

Dan di situlah cerita film ini akan berkutat. Berbeda dengan cerita film thriller yang biasanya menyimpan misterinya di belakang, film ini mendedahkan semuanya sejak di awal. Penonton diberitahu sejak awal siapa si penjahat dan bagaimana ia melakukan aksinya. Cerita kemudian akan difokuskan kepada bagaimana para polisi dan Jung-ho menemukan bukti kejahatan si psikopat. Dan di situlah justru letak menariknya film ini.
ch7
Sejak awal, penonton dibuat ngeri dan benci dengan aksi keji si psikopat, lalu menjadi gemas, gregetan sekaligus cemas berharap polisi atau Jung-ho segera menemukan bukti untuk menangkapnya. Juga rasa khawatir, bagaimana kalu tidak berhasil ditangkap? Dan saya pikir, disitulah kepandaian si pembuat cerita film ini mempermainkan emosi penonton sejak awal.

Untuk akting seperti yang banyak saya baca sebelumnya,  memang menampilkan salah satu akting terbaiknya di sini. Sedikit merusak “imajinasi” saya tentang dirinya, tapi yah, acting is acting, dan aktor yang baik adalah ia yang berani mengambil peran-peran menantang dan mampu memerankannya dengan baik. Dan saya pikir,  adalah salah satunya. Dia aktor yang baik dan bahkan berani mengambil peran yang “dibenci semua orang” seperti itu.

Ada Kim You-jung juga, yang masih imut banget di sini, hihi

Ada Kim You-jung juga, yang masih imut banget di sini, hihi

Untuk , yah he’s one of senior actor, tak ada yang perlu diragukan tentang hal itu meski saya agak lelah dengan ekspresi marah dan muramnya. Saya pikir,   lebih cocok memerankan karakter-karakter “antihero” seperti itu.

Satu lagi, meski ini thriller, dan yah, melibatkan adegan “mengerikan” tapi tidak terlalu intens kok. Di sisi lain, selalu ada drama yang membuat cerita tidak kering.

Cast:
 – Uhm Joong-ho
 – Ji Yeong-min
Seo Young-hee – Kim Mi-jin
Koo Bon-woong – Oh-jot (asistennya Jung-ho, si dungu)
 – Eun-ji (anaknya Mi-jin)
Jeong In-gi – Det. Lee
Park Hyo-joo – Det. Oh
Choi Jeong-woo – Kepala Polisi
Min Kyeong-jin – Ketua Tim

Judul: The Chaser/ Chugyeokja (추격자)
Sutradara: Na Hong-jin
Produser: Kim Su-jin, Yun In-beom
Penulis: Na Hong-jin, Lee Shin-ho, Hong Won-chan
Musik: Kim Jun-seok, Choi Yong-rak
Sinematografi: Lee Seong-je
Distributor: Showbox
Rilis: 14 Februari 2008
Durasi: 123 menit
Negara/ Bahasa; Korea Selatan/ Korea

Awards:
Baeksang Arts Awards 2008:
– Grand Prize (Daesang) for Film
– Best New Director – Na Hong-jin
Nominasi: Best Film, Best Actor (), Best Actor (), Best Director (Na Hong-jin), Best Screenplay

Grand Bell Awards 2008:
– Best Film
– Best Actor ()
– Best Director (Na Hong-jin)
– Best Cinematography  (Lee Seong-je)
– Nominasi: Best Actor (), Best Supporting Actress (Seo Young-hee), Best Screenplay, Best Editing, Best Sound, Best New Director

Blue Dragon Film Awards 2008:
– Best Actor ()
– Nominasi: Best Film, Best Actor  (), Best Supporting Actress  (Seo Young-hee), Best Screenplay, Best Cinematography, Best Editing, Best Music, Best New Director

Pusan Film Critics Awards 2008:
– Best Actor  ()
– Best Screenplay

Korean Film Awards 2008:
– Best Film
– Best Actor  ()
– Best Director  (Na Hong-jin)
– Best Screenplay
– Best Editing
– Best New Director  (Na Hong-jin)
– Nominasi: Best Supporting Actress  (Seo Young-hee), Best Cinematography, Best Music

Director’s Cut Awards 2008:
– Best Actor  ()
– Best New Director  (Na Hong-jin)

etc (see wikipedia.org)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: