Beranda > Etcetera, Film Komedi > Film-Film Paling Menghibur

Film-Film Paling Menghibur

Drama, termasuk di dalamnya drama keluarga, drama komedi, komedi romantis, adalah genre film favorit saya. Bukan apa-apa, menonton film-film semacam itu merupakan hiburan yang menyenangkan. Saya adalah penikmat film yang tak keberatan menonton film dari negara mana saja. Tapi tak bisa dipungkiri, kebanyakan film yang saya tonton selain Hollywood adalah film-film Asia, terutama Korea, Jepang dan China. Berikut beberapa film bergenre drama yang pernah saya tonton dan menurut saya, sangat menghibur:

1. Cinema Paradiso (Italia, 1988)

cinema9
Film yang bercerita tentang film dilihat dari kehidupan seorang bocah lelaki yang tergila-gila dengan film. Berlatar sebuah kota kecil di Italia pasca PD II, Cinema Paradiso seolah menjadi nostalgia romantis tentang kegiatan menonton film pada masa-masa dimana industri dan teknologi belum secanggih sekarang. Lucu dan nostalgis.

2.  (Perancis, 2003)

Triplets
Seorang nenek berusaha menyelamatkan cucunya yang diculik ketika mengikuti balab sepeda Tour De France. Dengan bantuan trio idolanya di masa muda, Triplets of Belleville, yang sekarang juga sudah menjadi nenek-nekek, sang nenek melakukan segala cara untuk menyelamatkan sang cucu. Karena melibatkan para nenek, tentu saja selain mengharukan, juga lucu. Meski dikemas dalam bentuk animasi, tapi tak mengurangi kelucuan film ini.

3. Amelie  (Perancis, 2000)

amelie
Amelie Poulain hanyalah seorang gadis kesepian yang bekerja sebagai pelayan bar di Montmarte. Tapi ia adalah orang yang positif dan dengan imajinasinya, ia kemudian memberi kejutan-kejutan menyenangkan bagi orang-orag di sekelilngya.

4.  (Jepang, 2001)

spirited-away
Ini adalah film pertamanya  yang saya tonton dan membuat saya jatuh cinta dengan film-film beliau yang lain.  seperti judulnya, memang melibatkan cerita tentang roh-roh. Tapi tenang saja, mereka sama sekali tidak seram. Dan sebagaimana film animasi yang memang umumnya dimaksudkan sebagai tontonan anak-anak, adalah cerita yang sangat menghibur dengan pesan-pesan bijak yang tersirat.

5. (Jepang, 1989)

kikis-delivery-service-161036
Pada dasarnya saya tak pernah terlalu suka film kartun, tapi karya-karya Miyazaki adalah pengecualian. Selain gambarnya yang indah, cerita film ini juga sangat menghibur. Tak seperti animasi Barat yang biasanya rumus ceritanya begitu-begitu saja, film-film Miyazaki ceritanya terasa orisinal. Mencampurkan dongeng anak-anak dan cerita sehari-hari. Film ini mengambil cerita coming age story dari seorang penyihir remaja, Kiki, yang belajar untuk hidup mandiri dengan magang di sebuah kota. Di sana, ia kemudian akan bertemu banyak orang dan belajar banyak hal.

6. (New Zealand, 2010)

Boy
Boy adalah seorang bocah lelaki 11 yang menjadi ‘kepala keluarga’ untuk adik dan sepupu-sepupunya. Ketika ayahnya yang selalu ia imajikan sebagai sosok hebat datang, Boy harus menelan kecewa karena ayahnya hanya seoran looser. Ber-setting di sebuah kota kecil di New Zealand, Waihau Bay tahun 1984, iIni adalah film yang membuat saya tertawa sekaligus tak kuasa menahan air mata. Karena diceritakan dari sudut padang seorang bocah yang beranjak dewasa, beberapa adegan benar-benar sangat lucu, tapi juga mengharukan.

7. Death at AFuneral (Inggris, 2008)

death at funeral
Film tentang ‘kematian’ terkesan sedih, muram dan agak menakutkan. Tapi tenang saja,film ini bukan hendak menceritakan orang-orang yang bersedih atas sebuah kematian. Alih-alih, ini adalah tentang hal-hal konyol yang terjadi pada sebuah upacara pemakaman. Sebuah komedi satir yg meggelitik, lucu dan cerdas.

8. Sideways (AS, 2004)

Sideways
Cerita tentang dua orang sahabat berbeda sifat, Miles yang konvensional  dan Jack yang bebas, yang melakukan perjalanan ke perkebunan anggur di kampung halaman Miles menjelang pernikahan Jack. Miles yang canggung bertemu dengan mantan istrinya dan Jack terlibat cinta yang dianggapnya hanya utk sekadar hura-hura. Ceritanya  sangat cair dengan latar perkebunan anggur membuat film ini terasa fresh.

9.  (Perancis, 2002)

le-papillon
Julien, seorang lelaki tua yang hidup hanya bersama koleksi kupu-kupunya setelah kematian putranya. Pada waktu tertentu, ia akan pergi ke hutan untuk mencari jenis kupu-kupu bernama “Isabele”, seperti yang dibisikkan anaknya sebelum meninggal. Hingga suatu hari, ia bertemu Elsa, bocah perempuan yang terpisah dari ibunya. Elsa, kemudian mengajari Julien tentang arti cinta dan kehangatan.

10. Quickie Express (Indonesia, 2007)

Quickie_Express
Jujur, saya memang tak pernah terlalu berharap dengan film Indonesia. Bukan tak nasionalis, tapi yah, tahu sendiri. Meski beberapa film cukup layak diapresiasi. Salah satunya film ini. Meski ceritanya sendiri melibatkan kehidupan para gigolo, tapi ini bukan film vulgar, lho. Besutan sutradara Dimas Jay dan dibintangi oleh para Lukman Sardi, Aming dan Tora Sudiro, ceritanya mengalir sangat lancar, lucu dan segar seolah ingin merayakan hedonisme dan menelanjangi kemunafikan manusia urban. Musiknya juga keren habis dengan narasi off-screennya yg membuatnya terasa bukan sekadar film lucu-lucuan.

11. The One Night Time Picnic/ Yoru no Pikiniku (Jepang, 2006)

one night time
Film ini bisa dibilang sangat sederhana dan bahkan hanya mengambil waktu pada suatu acara tahunan sekolah jalan kaki 80 km dalam satu malam. Ceritanya tentang dua bersaudara tiri sebaya dan satu sekolah pula, Takako dan Nishiwaki yang berusaha menerima satu sama lain sebagai saudara. Berlatar acara maraton sekolah, film ini diselingi adegan-adegan kocak teman-teman Takako dan Nishiwaki selama jalan kaki yang membuat film terasa bernyawa.

12. (Jepang, 2001)

waterboys-1
Ini dalah tentang para cowok culun yang berusaha eksis melalui renang. Sebuah film yang sangat menyegarkan. Cukup membuat sakit perut oleh aksi Suzuki cs, para loosers yang konyol bukan main.

13. (Jepang, 2004)

swing-girls
Tentang sekelompok anak SMA yang terpaksa bergabung di band sekolah demi menggantikan para anggota yang sakit. Padalah mereka tak tahu menahu soal musik. Tapi keinginan untuk belajar membuat mereka mampu melakukan sesuatu yang berarti. film ringan tapi berbobot yang sangat menghibur!

14. Diary of Wimpy Kid: Rodrick Rules (AS, 2011)

diary-of-a-wimpy-kid-rodrick-rules-poster4
Bagian kedua dari seri Wimpy Kid. Masih seputar kehidupan Greg, si cupu yang hidup di tengah keluarga dan teman-temannya yang freak. Tidak hanya menyajikan hal-hal konyol, film ini juga menggambarkan bagaimana Greg memahami arti persahabatan dan persaudaraan dengan sang kakak. Dari seri Wimpy Kid yang sudah saya tonton, menurut saya bagian ke 2 ini yang terbaik.

15. (Korea Selatan, 2006)

radiostar
Siapa bilang film menarik hanya kalau berkisah soal cinta dan dibintangi aktor berwajah tampan?  membuktikannya. Ini adalah film tentang persahabatan, di antara para om-om lagi, tapi anehnya tetap terasa segar dan berenergi, apalagi musik rock-nya yang salah satunya diisi sama band punk rock Korea yang keren banget, .

16. (Korea Selatan, 2004)

little bride
Ceritanya sendiri agak drama khas Korea, anak SMA dan anak kuliahan yang dipaksa demi memenuhi janji perjodohan para kakek. Tapi alih-alih sedih karena menjalani ‘pernikahan paksa’ ceritanya justru diliputi berbagai kelucuan karena keduanya harus beradaptasi dengan berbagai perbedaan. Dan tentu saja, romantis. Dibintangi oleh    (yang waktu itu masih imut banget) dan   adalah sebuah tontonan yang sangat segar dan menghibur.

17. Sisterhood of Traveller Pants (AS, 2005)

Sisterhood
Cerita tentang persahabatan tentang 5 orang cewek dengan masing-masing kisahnya. Bernuansa sangat teenage, segar tapi tidak cheesy.

18.  (Perancis. 2004)

le-boulet1
Film ini berksiah tentang petualangan dua orang super beda– Moltes sang narapidana dan Regio, si sipir penjara–ke Afrika demi mengejar tiket undian yang dibawa istri Regio. Tapi perjalanan menjadi tak mudah karena melibatkan para mafia yang membuat mereka kalang kabut babak belur.
Komedi aksi ala Perancis yang membuat perut mulas tertawa. Salah satu film terlucu yang pernah saya tonton!

19. (Korea Selatan, 2004)

lovely rival
Bagaimana kalau guru harus bersaing dengan muridnya yang masih kecil untuk merebut perhatian guru baru yang ganteng? Konyol tentu saja. Tapi tenanglah, film ini bukan semata hendak menceritakan kekonyolan itu, tapi juga sebuah drama yang mengharukan tapi tetap menghibur.

20. (Korea Selatan, 2004)

too beautiful
Seorang mantan narapidana berbohong demi mengembalikan barang yang tertukar. Siapa sangka kebohongannya justru jadi bumerang? Tapi tenang saja, karena kebohongannya tidak diniatkan untuk hal jahat, buahnya pun kemudian akan manis dan yah, romantis. Berlatar kota kecil yang tenang, dibintangi oleh dan , ini adalah hiburan yang benar-benar terasa segar.

21.  (Thailand, 2011)

suck seed
Harus diakui, industri perfilman negara tetangga ini semakin hari semakin semakin maju. Meniru negara-negara Asia seperti Korea dan Jepang, belakangan mereka gencar membuat film-film bertema remaja, di antaranya adalah film ini.  Ceritanya sendiri adalah tentang 3 cowok cupu yang berusaha menjadi populer dengan membentuk band “Suck Seed” dan hasilnya tentu saja berantakan😀 Dan seperti umumnya film remaja, film ini juga berkisah tentang cinta dan persahatan.

22.  (Korea Selatan, 2010)
the-scary-one-the-ghost-and-i
Kang Doo-sub adalah seorang ketua gangster yang ditakuti dan dibenci banyak orang. Hidupnya berubah ketika tiba-tiba ia sering didatangi hantu cantik berpakaian anak SMA. Merasa tak nyaman, ia akhirnya meminta tolong seorang detektif “pencari kucing” yang kemudian membantu si bos mafia menelusuri masalalunya. Meskipun judul dan ceritanya melibatkan hantu, tapi drama ini sama sekali tidak seram, sebaliknya justru mengharukan dan lucu.Dibintangi salah satu aktor muda berbakat,, meskipun cuma drama special  (semacam FTV), tapi kualitasnya tak kalah dengan film ‘sungguhan’.

23. (Korea Selatan, 2011)

DeafToneClinic2
Awal ceritanya sebenarnya cengeng: seorang cewek yang ingin bisa menyanyi demi menarik perhatian gebetannya sejak SMA. Ia pun harus belajar keras memperbaiki vokalnya yang super somber dan bahkan bela-belain nyamar jadi anak SMA demi mendapat diskonan harga les vokal. Dan berbagai kelucuan pun kemudian muncul dari awal hingga akhir.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: