26 Years

18 Mei 1980 merupakan hari yang menjadi sejarah kelam Korea Selatan. Ketika terjadi ‘Gwangju Democraziton Movement’ ribuan orang terbunuh. Beberapa korban adalah warga sipil yang terkena peluru nyasar. Di antara sekian banyak korban, ada tiga bocah yang menyaksikan anggota keluarganya terbunuh dengan tragis. Jung-hyuk melihat ‘nuna’nya yang sedang mengajaknya jalan-jalan terkena peluru nyasar dan tewas mengenaskan. Mi-jin, yang masih balita,  tiba-tiba ibunya yang tengah menggendongnya tertembak peluru yang masuk lewat jendela, juga tewas seketika. Sang ayah kemudian menjadi setengah gila. Anak yang lain, Jin-bae (), mendapati ayahnya tewas mengerikan di antara tumpukan mayat dan seumur hidup harus melihat ibunya yang trauma.
26
Dua puluh enam tahun berlalu dan anak-anak ini, yang telah tumbuh menjadi orang dewasa, belum bisa melupakan kejadian itu. Mereka tumbuh dalam kemarahan dan sakit hati. Apalagi melihat orang yang menjadi otak segala kekejian itu ternyata hidup tenang dan damai dan bahkan tak pernah meminta maaf.
26e
Suatu hari, seorang lelaki pemilik sebuah perusahaan tiba-tiba mendatangi mereka. Bersama sang ayah, yang ternyata bekas tentara yang terlibat penembakan dan karenanya merasa dihantui perasaan bersalah, mengajak mereka bertiga untuk melakukan sebuah aksi diam-diam, meminta sang diktator meminta maaf. Tapi, yah, tentu saja itu bukan hal yang mudah. Mereka hanyalah ‘orang-orang biasa’ yang harus melawan orang yang begitu berkuasa.
26h
Miris, tentu saja. Dan film ini juga tak hendak beromantis-romantis karena adegan-adegannya terasa cepat dan blak-blakkan. Mungkin bagi sebagian orang yang tak mengalami langsung kejadiannya, akan berpikir bahwa kemarahan dan aksi anarkis orang-orang itu agak berlebihan. Tapi saya pikir, kemarahan seperti itu bisa diterima. Ketika seseorang diperlakukan tidak adil  tapi tak berdaya untuk melakukan apa-apa, apalagi yang harus dilakukan selain anarkisme?
26gh
Saya sendiri tak terlalu memahami sejarah Korsel dan apakah benar kondisinya seperti yang digambarkan di film ini. Tapi jika memang demikian, rasanya memang menyesakkan melihat ketidakadilan seperti itu (dan sayangnya kejadian seperti itu ternyata terjadi hampir di semua negara, termasuk Indonesia). Terlepas dari unsur-unsur teknis sinematografi bla-bla yang saya nggak paham, saya pikir ini adalah sebuah film yang cukup berani dan seolah menjadi kritik untuk melawan lupa.

26r

Note:
Gwangju Massacre atau Pembantaian Gwangju adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada tangggal 18 Mei 1980.  Peristiwa ini dilatari dengan protes rakyat terhadap presiden Choi Ku-ah. Demonstrasi oleh pelajar dan mahasiswa terjadi dimana-mana. Protes menjadi memanas ketika pemerintahan diambil alih oleh Jendereal Chun Doo-hwan. Kim Dae-jung, kandidat presiden dari partai oposisi yang berasal dari Gwangju ditahan dan  membuat penduduk marah besar. Ribuan pelajar dan pekerja memenuhi jalan-jalan utama Gwangju. Bentrokan pun terjadi. Para pemuda dan rakyat menguasai Gwangju selama 9 hari. Jenderal yang merasa wibawanya terinjak, menerjunkan ribuan pasukan khusus lengkap dengan persenjataannya, siap menumpas para demonstran yang dianggap dibantu kaum Komunis dari Korut. Para tentara menyerbu rumah-rumah penduduk yang diduga sebagai tempat persembunyian demonstran. Ratusan orang tewas, tapi konon jumlah sebenarnya mencapai dua ribuan. Dan konon juga, peristiwa ini disokong oleh AS. Hmm, miris ya…:(

Ketika Kim Dae-jung terpilih jadi presiden, Chun Doo-hwan dan Roh Tae-woo yang dianggap bersalah atas pembantaian, diadili. Tapi mungkin seperti digambarkan dalam film ini: itu semua tidak akan pernah terasa cukup bagi korban yang telah kehilangan banyak hal. (dari berbagai sumber)

Cast:
 – Kwak Jin-bae
Han Hye-Jin – Shim Mi-jin
 – Kwon Jung-hyuk
 – Kim Joo-an
– Kim Kap-se
Jang Gwang – Chun Doo-hwan
Jo Duk-Je– Ma Sang-ryeo
Ahn Seok-Hwan – Ahn Soo-ho

Judul: 26 Years/ 26 Nyeon (26년)
Sutradara: Cho Keun-Hyun
Penulis: Kang Pool (comic), Cho Keun-Hyun
Produser: Mo Sung-Jin, Choi Yong-Bae
Sinematografi:Kim Tae-Kyung
Rilis: 29 November 2012
Durasi: 135 menit
Produksi: Chungeorahm Films
Distributor: Invent D, Chungeorahm Films
Bahasa/ Negara: Korea/ Korea Selatan

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: