Beranda > Film Action, Film Korea > Breathless

Breathless

Sang-hoon (), pemuda kasar yang suka mencaci dan memukul. Dia bekerja sebagai debt collector untuk temannya, Man-sik ( ). Itu pekerjaan yang mudah baginya. Ia bisa memaksa seolah tanpa perasaan hingga babak- belur pada para pengutang untuk membayar.
Breathless
Meski terlihat heartless, sebenarnya Sang-hoon punya sisi ‘lembut’ juga. Ia memberikan uang hasil kerjanya untuk kakaknya yang single parent dan keponakannya, Hyung-in dan juga ayahnya yang penyakitan dan ia benci setengah mati. Sang-hoon punya masalalu buruk. Ayahnya dulu suka memukuli ibunya dan sebuah insiden membuat ibunya tewas. Sejak itulah Sang-hoon membenci ayahnya. Bukan saja karena ayahnya membuat ibunya tewas, tapi karena ia tak lagi bisa mengendalikan diri menjadi ‘seperti ayahnya’.
breathless
Yeon-hee () seorang anak SMA. Suatu hari ia terlibat pertengkaran dengan Sang-hoon. Sang-hoon memukulnya hingga pingsan. Namun Sang-hoon juga yang kemudian menunggui Yeon-hee hingga siuman. Yeon-hee pun menawarkan persahabatan. Yeon-hee punya rahasia yang ia sembunyikan. Ia tinggal dengan ayah dan abangnya yang looser dan bermulut kasar.  Kelak, abangnya Yeon-hee ini akan jadi anak buahnya Sang-hoon.

Sang-hoon, sebenarnya merasa sangat tak bahagia dengan kehidupannya. Ketika ia mulai membuka diri untuk Yeon-hee, kakaknya, keponakannya dan juga ayahnya, ia pun berpikir untuk berhenti dari pekerjaannya.
breatless11
Tadinya, saya tertarik untuk menonton film ini karena berpikir kalau sutradaranya . Entah bagaimana saya merasa pernah membaca kalau sutradaranya adalah  dan ternyata bukan (film  judulnya, ‘Breath‘). Meski begitu, saya tak menyesalinya. Breathless adalah another gangster story. Agak-agak mengingatkan sama  atau  tapi tetap punya orisinalitasnya sendiri. Bagaimana kekerasan terbentuk, mungkin itulah yang ingin diangkat dari film ini. Akarnya, dari keluarga. Kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan. Begitulah.
breathless11
Meski ini film gangster-gangsteran, tapi juga cukup ‘manis.’ Meski kata-kata kasar berhamburan dan setiap saat nyaris ada pukulan, tapi adegan kekerasannya tidak diperlihatkan terlalu frontal (seperti Bittersweet, misalnya). Dan seperti film sejenis ala Korea, dramanya selalu ada sehingga tidak kering. Untuk aktor aktris-nya juga cukup patut diacungi jempol. Bisa dibilang, para pemain film ini bukanlah para aktor papan atas apalagi para pemain pendukungnya, tapi akting mereka cukup pas, tidak pernah sampai blank. Cukup recommended.

Note:
Film ini ditulis dan disutradarai oleh , yang juga memerankan tokoh utama di film ini, Sang-hoon. Dia sebenarnya kebanyakan jadi aktor, dan biasanya dapat peran-peran yang tidak terlalu besar (bisa dimaklumi karena tampangnya memang tidak terlalu ‘menjual’ hehe). Tapi di film ini dia membuktikan kalau dia nggak cuma mampu akting, tapi juga bikin film.

Cast:
– Sang-hoon
– Yeon-hee
– Man-shik
Lee Hwan – Young-jae
Yun Seung-hun – Hwan-kyu
Kim Hee-su – Yeong-in
Park Jung-sun – Seung-chul (ayah Sang-hoon)
Lee Seung-yeon – Hyeon-seo (kakaknya Sang-hoon)

Judul: Breathles/ Ddongpari
Sutradara/Penulis:
Produser: Jang Seong-jin
Musik: Park Ji-woong
Sinematografi: Yun Jong-ho
Editing: Lee Yeon-jung
Rilis: 8 Oktober  2008 (Busan International Film Festival)
Durasi: 130 menit
Negara/Bahasa: Korea Selatan/ Korea

Awards:
Asia Pacific Screen Awards 2009
– Best Performance by an Actor

 Asian Film Awards 2010:
Nominasi: Asian Film Award     Best Supporting Actress ()

Blue Dragon Awards 2009
– Best New Actor  ()
– Best New Actress ()

many more…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: