Jude

Jude () seorang yatim piatu yang dibesarkan bibinya, Aunt Drusilla. Richard, seorang gurunya di sekolah dasar yang kemudian pergi ke kota menginspirasinya untuk kelak melanjutkan sekolah ke kota juga. Ia pun belajar dengan tekun, mempelajari Bahasa Latin demi mencapai impiannya. Namun impiannya nyaris kandas karena ia tergoda pada seorang perempuan agresif yang kemudian dinikahinya karena dikira hamil, Arabella.
jude
Kehidupan pernikahan itu tak bahagia. Arabella yang merasa Jude tak cukup mencintainya, akhirnya pergi meninggalkannya. Jude pun kemudian kembali pada impiannya,  ingin belajar ke kota. Ia bekerja sebagai pemahat batu, sembari belajar otodidak dan berharap bisa diterima belajar di perguruan tinggi. Di kota inilah, dia bertemu gadis cantik dan pintar, Sue () yang ternyata adalah sepupunya.

Sue yang cantik dan smart

Sue yang cantik dan smart

Mereka menjadi sahabat dan diam-diam merasa tertarik satu sama lain. Tapi kemudian lebih memilih hubungan yang bersifat platonis. Apalagi Jude masih berstatus suami orang. Sue pun kemudian menikah dengan Richard, tapi pernihakahannya  tak bahagia.

Merasa tak bisa berpisah, Sue pun kemudian memutuskan hidup bersama Jude. Meski didera kemiskinan, tapi mereka hidup bahagia bersama, saling mencintai dan saling menerima satu sama lain. Hingga kemudian anak-anak mereka lahir, termasuk anak dari pernikahan Jude dan Arabella, dan semuanya menjadi tak mudah. Kenyataan bahwa mereka pasangan tanpa pernikahan merupakan aib dan Jude kesulitan mencari pekerjaan.
jude
Film ini diangkat dari novelnya penulis Thomas Hardy, Jude the Obscure (1895) yang konon mengangkat isu soal perbedaan kelas, pendidikan, agama dan juga pernikahan (cinta). Dalam film ini, tentu untuk kepentingan nilai jual, memang sepertinya isu ‘percintaan’ lebih ditonjolkan meski isu-isu lain tetap coba diangkat. Apapun, menurut saya Jude adalah film yang enak dinikmati. Bukan hanya ceritanya yang cukup menarik, tapi juga para pemainnya.

 bermain cemerlang sebagai Sue yang cantik, cerdas dan terlalu mandiri pada masanya. yang memerankan Jude juga bermain apik. Apalagi wajahnya memang sangat ‘british’. Chemistry keduanya terbangun sangat baik, mereka menampilkan dengan baik bahwa Sue & Jude are made for each other. Meski ini cuma film tapi rasanya ikut sedih ketika bagaimana mereka harus berakhir seperti itu.

Quote:
Jude: Does it frighten you?.
Sue: No. I’m not afraid of any man.
Jude: Why not?.
Sue: Because no man will touch a woman unless she invites him to. Until she says with a look or a smile, “Come on”, he’s always afraid. If you never say it or look it, he’ll never come.

Cast:
 – Jude Fawley
 – Sue Bridehead
 – Phillotson
Rachel Griffiths – Arabella
June Whitfield – Aunt Drusilla
Berwick Kaler – Farmer Troutham
Kerry Shale – Showman
Paul Copley – Mr. Willis
Emma Turner – Sarah

Sutradara:
Produser: Andrew Eaton
Screenplay: Hossein Amini (Berdasar: Jude the Obscure -Thomas Hardy)
Musik: Adrian Johnston
Sinematografi: Eduardo Serra
Editing: Trevor Waite
Produksi: PolyGram Filmed Entertainment
Distributor: Gramercy Pictures
Rilis: 4 Oktober 1996 (UK)
Durasi: 123 menit
Negara/ Bahasa: Inggris

Iklan
  1. mukhlisin
    Desember 25, 2014 pukul 1:59 pm

    mas nyarifilemnya di man ya…. maaf m
    as q lagi butuh bangett…hehe

  2. Desember 25, 2014 pukul 2:23 pm

    wah, dimana ya? kalau saya biasanya cari film pas ke Jogja, ada warnet di daerah Terban yang koleksi filmnya lengkap banget. Tapi kalau nggak coba cari di Youtube atau browsing-browsing internet (mis. crazymovie.com, tapi nggak tahu ada apa nggak). btw anyway, saya ce, bukan mas-mas 🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: