Mansfield Park

Fanny Price berasal dari keluarga miskin di pinggiran pelabuhan Portsmouth. Dengan begitu banyak anak, orang tuanya kemudian mengirimnya ke London untuk tinggal dengan bibinya, keluarga Bertram.
mansfield park
Sejak awal Fanny diterima dengan kurang bersahabat. Di rumah keluarga Bertram: Sir Thomas Bertram, Lady Bertram yang apatis dan nyaris tak pernah meninggalkan kursinya, Mrs Norris yang jutek juga anak-anak keluarga Bertram: Tom, Maria, Julia dan Edmund. Karena statusnya yang berasal dari keluarga miskin, Fanny pun mendapat perlakuan yang berbeda dari keluarga Bertram, kecuali Edmund. Maka terjalinlah persahabatan yang dalam di antara keduanya. Kelak,perasaan itu akan berkembang menjadi cinta.

Ketika beranjak remaja, Sir Thomas pergi ke Antigua karena ada masalah dengan budak-budaknya. Ia juga mengajak Tom anak pertamanya yang digadang akan menjadi penerusnya. Tapi diketahui kemudian kalau Tom tidak menyukai pekerjaan ayahnya (Tom tidak suka perbudakan).
mansfield park5
Suatu hari, datanglah kakak beradik Crawford: Henry dan Mary. Henry memulai pedekate dengan gadis-gadis keluarga Bertram, bahkan mencoba bermain mata dengan Maria yang sudah bertunangan, dan tentu saja dianggap sebagai perbuatan tak sopan pada masa itu.  Sementara Edmund terpikat dengan Mary yang ramah dan pintar. Meski Mary sebenarnya lebih mengharapkan Tom, calon pewaris utama, namun tak menolak Edmund.

Seiring waktu, Henry yang awalnya menggoda Fanny, ternyata benar-benar menyatakan ketertarikannya pada Fanny. Fanny tidak menyukai sikap Henry yang menggoda Maria dan tidak percaya kalau Henry sungguh-sungguh padanya, di sisi lain ia juga masih mencintai Edmund. Meski Edmund sendiri menganggap bahwa pernikahannya dengan Mary adalah hal yang ideal. Dia bukan anak pertama dan karenanya tidak akan mendapatkan banyak warisan.
mansfield park3
Ketika Mr Bertram kembali, Henry mengajukan lamaran untuk Fanny. Fanny menolak karena dia tidak ingin menikah hanya karena harta. Mr Bertram pun berang dan mengembalikan Fanny ke rumah ibunya di Porstsmouth. Henry ternyata menunjukkan kesungguhannya dengan menyusul Fanny dan terus membujuknya untuk menikahinya. Sedikit, Fanny pun luluh. Meski begitu, ia masih belum sepenuhnya percaya pada Henry.

Tom tiba-tiba pulang dalam keadaan sakit parah. Fanny pun dijemput Edmund untuk merawat Tom. Fanny mendapati sketsa2 Tom tentang perbudakan yang dilakukan Mr Bertram dan merasa sangat sedih.Mr Bertram, meskipun di awal marah, karena sayangnya pada Tom akhirnya memaafkan Tom dan bersikap lebih lunak.

Di saat yang sama, Henry dan Maria tertangkap basah berselingkuh dan keluarga Bertram pun memahami penolakan Fanny. Akhirnya, seperti rumus cerita : semua bahagia tentu saja🙂
mansfield park2
Hmm, salah satu adaptasi novel  yang saya sukai. Khas tokohnya Austen: perempuan yang berpendirian kuat, agak tomboy tapi juga memiliki sisi sensitif. Meski konon ini bertolak belakang dengan versi novelnya yang menggambarkan Fanny sebagai sosok pendiam dan pemalu.  menurut saya memerankan Fanny yang tough dengan baik. Jika ada hal yang agak menganggu, adalah eksekusi ending-nya yang terasa klise untuk sebuah happy ending story.

Cast:
Jonny Lee Miller – Edmund Bertram
 – Fanny Price- Bertram
Embeth Davidtz – Mary Crawford
Alessandro Nivola – Henry Crawford
James Purefoy – Thomas Bertram
Harold Pinter – Sir Thomas Bertram
Lindsay Duncan – Lady Bertram / Mrs. Price
Victoria Hamilton – Maria Bertram
Justine Waddell – Julia Bertram
Hugh Bonneville – Mr. Rushworth
Sheila Gish – Mrs. Norris
Hilton McRae – Mr. Price
Sophia Myles – Susan Price
Anna Popplewell – Betsey
Hannah Taylor-Gordon – Fanny Muda

Sutradara: Patricia Rozema
Produser: Sarah Curtis
Screenplay: Patricia Rozema (berdasar “Mansfield Park” )
Musik: Lesley Barber
Sinematografi: Michael Coulter
Editing: Martin Walsh
Studio: HAL Films
Distributor: Miramax Films (US), BVI (UK)
Rilis: 19 November 1999
Durasi: 112 menit
Negara/Bahasa: Inggris

Awards:
Chicago International Film Festival 1999: Nominasi Best Feature (Patricia Rozema)
Chlotrudis Awards 2000: Nominasi Best Screenplay (Patricia Rozema), Nominasi Best Supporting Actor (Jonny Lee Miller)
Montréal World Film Festival 1999: Nominasi Grand Prix des Amériques (Patricia Rozema)
Satellite Awards 2000 : Nominasi Best Performance by an Actress in a Motion Picture, Comedy or Musical (Frances O’Connor )

  1. Oktober 22, 2016 pukul 4:11 pm

    hallo. kalau boleh tau download film ini dimana ya? abis susah banget nyari nya link nya. thankyou🙂

    • November 27, 2016 pukul 10:55 pm

      kurang tahu juga ya, soalnya saya dapat kopian dari teman. coba browsing2 saja🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: