Beranda > Drama Korea > God Gift’s – 14 Days

God Gift’s – 14 Days

Baru menyelesaikan God Gift’s 14 Days. Sebenarnya, sejak pertama tahu berita di internet kalau drama ini akan dibintangi  (ehm, untuk kesekian kalinya saya bilang dia adalah aktor favorit  saya ^_^ ) dan (meski bukan favorit tapi saya cukup suka aktingnya), langsung masuk daftar list harus tonton. Dan selama masa tayang di negara aslinya sono, saya terus memantaunya dan semakin penasaran karena membaca review2 yang hampir semuanya positif di internet. Tapi karena ini drama seri, ketika kemudian mendapat file episode yang komplit, saya butuh beberapa waktu untuk meluangkan waktu menontonya.

GG14D

Soo-hyun ( ) seorang ibu dari Saet-byul ( ), seorang anak perempuan yang cute dan sebagaimana umumnya anak-anak, agak keras kepala dan cengeng. Saet-byul sangat mengidolakan Tae-oh (), vokalis band rock, Snake. Soo-hyun sangat menyayangi Saet-byul. Sehari-hari Soo-hyun bekerja sebagai wartawan di sebuah stasiun TV. Suaminya Ji-hoon, seorang pengacara sukses dan terlihat ambisius. Karena kesibukan bekerja Soo-hyun dan suaminya, pengasuhan Saet-byul sebagian diserahkan kepada seorang pengasuh.

Jo Seung-woo, yeay!  ^-^

Jo Seung-woo, yeay! ^-^

Ki Dong-chan(), seorang detektif yang menyimpan banyak kepahitan dari hal-hal tak menyenangkan di masa lalu. Ia jadi orang yang sinis dan cenderung temperamen. Sehari-hari ia menjalankan kantor kecil bersama dua temannya, Byung-tae si ahli IT dan Jenny yang berwajah penggoda. Sebelumnya, Dong-chan bekerja di kepolisian, tapi setelah sebuah kejadian yang sepertinya meninggalkan luka mendalam baginya, ia berhenti. Kakaknya yang mengalami keterbelakangan mental, Hong-do, masuk penjara karena didakwa atas pembunuhan pacar Dong-chan, Soo-jung dan Dong-chan menjadi saksinya. Ia pun kemudian nyaris tak pernah menemui ibunya yang tua dan janda serta sepupunya yang juga terbelakang, Yung-gyu.

Baro yang menunjukkan kualitas aktingnya sebagai seorang pemuda retarded

Baro yang menunjukkan kualitas aktingnya sebagai seorang pemuda retarded

Sementara itu, di luar sedang heboh atas terjadinya serangkaian pembunuhan oleh pembunuh berdarah dingin. Dua perempuan tewas berturut-turut. Dan puncak semua itu adalah dengan diculiknya Saet-byul, entah apa motifnya dan yang lebih tragis adalah bahwa Saet-byul kemudian ditemukan tewas di danau. Dia hari yang sama, pemerintah yang baru menetapkan hukuman mati pada para pelaku pembunuhan dan Dong-ho salah satunya.

Kematian Saet-byul sangat mengguncang kehidupan Soo-hyun. Ia tak bisa menerima kematian anaknya. Maka pada suatu hari, ia berdiri putus asa di pinggir danau tempat mayat anaknya ditemukan, berniat untuk bunuh diri. Di sudut lain danau, Dong-chan tengah dikeroyok beberapa preman dan dengan badan terikat siap dilemparkan ke dalam danau. Mereka terjun ke dalam air nyaris bersamaan. Dan dari situlah keajaiban terjadi. Dong-chan berhasil menyelematkan Soo-hyun dan ketika mereka kembali ke daratan, mereka menemukan bahwa waktu berputar balik pada 14 hari sebelum hari kejadian.

No Min-woo sebagai Tae-oh, si rocker, not bad,

No Min-woo sebagai Tae-oh, si rocker, not bad,

Soo-hyun yang telah melihat kejadian selama 14 hari ke depan: kematian dua perempuan dan terutama penculikan Saet-byul, pun berusaha melakukan segala cara untuk mencegahnya terjadi. Tapi bagaimana? Pertama dia harus mencari calon penculik. Ia meminta tolong suaminya, melapor ke polisi, tapi siapa yang mau mempercayainya? Hmm, Dong-chan tentu saja karena dia satu-satunya orang yang mengalami kejadian yang sama. Tapi kenapa Dong-chan? Apa hubungannya dia dengan semua misteri penculikan itu? Karena abangnya? Atau ada hal yang lebih besar?

Whooa…sungguh misteri yang membuat penasaran. Dan misteri demi misteri terus bergulir dari episode ke episode. Satu misteri terkuak, masih ada misteri lain yang saling jalin menjalin. Soo-hyun dan Dong-chan kemudian bekerja bersama-sama mencari kepingan kepingan puzzle untuk menyelamatkan Saet-byul dengan mencari si penculik.

GG14Da

Sebuah drama Korea dengan cerita yang berbeda dan agak keluar dari mainstream yang romance minded. Alih-alih, ini adalah tentang sebuah thriller yang dijalin begitu rapi dan solid dari awal hingga akhir. Dan tenang saja, meski kesannya berat, sang sutradara dan penulis cerita cukup piawai membuatnya tetap enak dinikmati. . Meskipun cerita tentang kriminal, tapi unsur dramanya tetap kuat karena melibatkan hubungan-hubungan antar manusia yang ‘humanis.’ Tentang keluarga (kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya), sedikit politik (kepicikan demi mempertahankan kekuasaan), persaudaraan, persahabatan…Romance? Hmm, sedikit sekali tapi saya pikir porsinya sangat pas. Dalam waktu 14 hari dan situasi menegangkan begitu, romance justru jadi akan terkesan picisan.

GG14Di

Humor-humor kecil dan orisinal muncul di bagian-bagian tertentu membuat cerita terasa lebih cair (cara memaki Dong-chan, hubungannya dengan teman-temannya: Hoo-kook, Byung-tae, Jenny, hubungannya dengan Pak Tua) juga momen-momen kecil yang indah (Dong-chan dengan Soo-hyun dan terutama Saet-byul, Saet-byul dan Yung-gyu).

GG14D8

Dan tentu saja, para cast-nya yang bermain dengan sangat baik. dan  memerankan karakternya dengan gemilang, terutama , karakter dengan banyak dimensi (saya senang karena ternyata meski mulai bermain di drama, sepertinya ia cukup selektif memilih peran dan berharap akan terus seperti itu ke depannya. Hmm, love him more🙂 ). Lalu ada  yang bermain menggemaskan sebagai Saet-byul, yang jadi si terbelakang Yung-gyu (hmm, agaknya saya harus memperbaiki persepsi saya tentang para idol Korea yang ternyata tidak sekadar jual tampang).

Love this scene :)

Love this scene🙂

  yang jadi suaminya Soo-hyun : lelaki dengan banyak ambisi tapi juga bukan sosok yang jahat,Woo-jin, lelaki yang sebenarnya baik tapi dikalahkan oleh kepengecutannya. Trio ‘pembela’ Dong-chan: Hoo-kook, Byung-tae, Jenny yang memiliki kesetiaan mengharukan pada ‘hyung’ dan oppa-nya. Semuanya memerankan karakternya dengan sangat baik dan meski hanya sebagai pendukung, tapi memberi nyawa pada drama ini. Bahkan juga karakter para kriminal: Cha Bong-sub, Jang Man-soek, Si Tangan Bertato,Tae-oh, Pak Tua…

Sebuah drama bergenre misteri yang nyaris sempurna! Recommended!

Note:
Saya sangat menikmati drama ini. Tapi satu-satunya hal yang agak menganggu adalah bagian endingnya (sorry sedikit spoiler). Bagian endingnya berakhir begitu saja, tanpa ada konklusi yang jelas. Saya tak keberatan dengan ending yang ‘terbuka’ tapi ending drama ini sendiri lebih tepat dibilang ‘kabur’ daripada terbuka. Dan itu rasanya menyebalkan!
GG14Dh
Apakah kematian akan tetap terjadi seperti yang dikatakan peramal di awal: salah satu dari dua orang akan mati? Saet-byul atau Dong-chan? Lantas apa gunanya semua usaha keras yang dilakukan Soo-hyun dan Dong-chan selama 14 hari jika tidak bisa mengubah keadaan? Rasanya tidak adil dan sia-sia. Dan jika melihat bagaimana adegan menjelang ending, saya merasa tak masuk akal jika Dong-chan kemudian mati. Untuk apa dia mati?

Ada kilasan-kilasan masa depan  yang memberi sedikit petunjuk’baik’ ketika Dong-chan bergulat dengan pikiran-pikirannya Dong-ho yang bebas dari penjara dan dijemput 3 orang dengan siluette: Yung-gyu yang paling jelas, mungkin ibunya dan seorang lagi, Woo-jin kah atau Dong-chan? Tapi melihat tinggi tubuhnya saya sendiri berharap itu Dong-chan (Woo-jin lebih tinggi dari Yung-gyu).

GG14D5

GG14D6

Petunjuk kedua adalah ketika adegan penutup Dong-chan yang membacakan cerita pada Saet-byul tentang kisah sebuah pengorbanan yang seperti metafor kisah penyelamatan Saet-byul. Adegan ini mirip adegan ketika malam-malam Saet-byul minta dibacakan cerita itu di penginapan. Tapi terlihat latarnya berbeda (seperti di ruang terbuka), dan wajah Dong-chan tidak diperban. Apakah itu masa depan atau sekadar imajinasi? Tapi kalau melihat gambarnya yang begitu jelas itu adalah masa depan. Dan saya harap memang demikianlah yang dimaksudkan si penulis cerita: it’s happy ending!

Cast:
-Kim Soo-hyun
– Ki Dong-chan
– Han Ji-hoon
Jung Gyu-Woon – Hyun Woo-jin
– Han Saet-byeol

Kim Jin-Hee – Joo Min-ah (selingkuhan suaminya Soo-hyun)
Jung Hye-Sun – Lee Soon-nyeo (ibunya Dong-chan)
– Ki Young-gyu
    – Choo Byeong-ho (si Pak Tua)
Yeon Je-Wook – Wang Byung-tae
Han Sun-Hwa– Jenny
– Presiden Kim Nam-joon
Joo Jin-Mo – Lee Myeong-han
Ye Soo-Jung – Istri Presiden
-Tae-oh
Jung Eun-pyo – Ki Dong-ho
An Se-ha – Na Hoo-kook

Judul: God’s Gift – 14 Days/ Shinui Sunmool – 14il (신의 선물 – 14일)
Sutradara:
Penulis: Choi Ran
Tayang: SBS, 3 Maret – 22 Aprli 2014
Episode: 16
Bahasa/ Negara: Korea/Korea Selatan

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: