Stoker

Tadinya saya tertarik untuk nonton film ini karena  yang jadi pemainnya. Saya cukup ngefans sama dia dan sejauh ini film-film yang dia bintangi tak pernah mengecewakan.

Ini adalah film yang gelap, sejak awal saya sudah menduga itu. Entah horror entah thriller.  Tentu saja karena judulnya melibatkan kata “Stoker”. Saya pun penasaran, apa ada hubunganya dengan Dracula?

Stoker_Movie-Poster-2013

Cerita diawali dengan kematian Richard Stoker (yang ternyata nggak ada hubungannya dengan Bram Stoker, si Dracula, hehe), karena kecelakaan mobil. Hal ini menimbulkan duka mendalam bagi putri tunggalnya, India ( ) yang tengah berulangtahun ke 18. India seorang gadis tertutup dan dingin. Ia tidak pernah cocok dengan ibunya, Evelyn ( ) yang labil, dengan siapa ia harus tinggal kemudian.

stoker3

Pada hari kematian itu, muncullah Charlie (), adik ayahnya yang tak pernah dikenalnya. Charlie konon selama ini menghabiskan waktu keliling dunia sehingga tak pernah bertemu India. Charlie seorang lelaki yang gagah dan simpatik,menawarkan persahabatan dengan India.Tapi tentu saja, India yang tertutup tidak begitu saja menerima Charlie. Namun, semakin lama, India semakin menemukan sisi gelap yang menarik dari Charlie dan perlahan misteri demi misteri pun terkuak.

stoker5

Well, tepat seperti dugaan saya. Ini memang film gelap. Nuansa gelap sudah terlihat sejak awal dari raut wajah India, narasinya, musiknya dan kemudian gambar-gambar yang disuguhkan. Sejak awal saya pun dibuat penasaran dengan misteri apa yang membungkus cerita: siapa Charlie sebenarnya? Dibalik sikap simpatiknya apakah dia sebenarnya seorang psikopat? Tapi saya sempat berpikir menggunakan logika film detektif: yang patut dicurigai bukanlah yang terlihat mencurigakan. Tapi agaknya saya salah. Tidak berapa lama, misteri itu mulai terungkap. Charlie memang psikopat (sorry spoiler!) dan tingkah psikopatnya diperlihatkan dengan gamblang. Saya pikir pengungkapan ‘misteri’ ini terlalu cepat dijawab. Tapi kemudian saya sempat berharap bahwa masih ada misteri lain yang lebih kuat. Bahwa ternyata semuanya cuma imajinasi India, misalnya, yang ternyata mengalami gangguan mental setelah kematian ayahnya.
stoker4
Tapi ternyata tidak begitu. Charlie memang benar-benar psikopat. Lalu apa misteri yang masih tersisa? Ada memang, yang akan menjadi semacam ‘gong’nya. Tapi menurut saya, kemudian tidak terlalu terasa sebagai ‘gong’. Misteri puncaknya tidaklah semengejutkan yang saya kira, alih-alih bisa dibilang biasa saja.

Hmm, bagaimanapun, menurut saya cukup memenuhi kriteria sebuah film thriller yang cukup mengundang penasaran. Ditambah lagi para pemain utamanya adalah para aktor/aktris kelas atas Hollywood yang tak perlu lagi diragukan kemampuannya. Dan yang cukup mengejutkan adalah ternyata sutradara film ini adalah , si sutradara film Old Boy (Korea Selatan). Dan ini adalah debutnya menggarap film berbahasa Inggris. Yah, mungkin bisa dimaklumi kalau kemudian film ini tidak terlalu sempurna, mengingat pastilah tak mudah untuk Mr Park men-direct film dengan bahasa dan budaya yang berbeda darinya. Meskipun begitu, sama sekali bukan film yang buruk.

Cast:
– India Stoker
– Charlie Stoker
– Evelyn Stoker
Dermot Mulroney – Richard Stoker
Jacki Weaver – Gwendolyn “Gin” Stoker
Lucas Till – Chris Pitts
Alden Ehrenreich – Whip Taylor
Phyllis Somerville – Mrs. McGarrick
Ralph Brown – Sheriff Howard
Judith Godrèche – dr. Jacquin

Sutradara:
Produser: Ridley Scott, Tony Scott, Michael Costigan
Penulis: Wentworth Miller
Musik: Clint Mansell
Sinematografi:Chung Chung-hoon
Editing: Nicolas De Toth
Studio: Scott Free Productions, Indian Paintbrush
Distributor: Fox Searchlight Pictures
Rilis: 20 January  2013 (Sundance)
Durasi: 99 menit
Negara/ Bahasa: Inggris

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: