Yi Yi

Saya menonton film ini dengan kepala blank, tanpa membaca ulasannya terlebih dahulu. Tadinya saya pikir ini adalah cerita anak-anak yang bernama Yi Yi, karena di posternya adalah gambar anak-anak. Ternyata…

yi_yi_poster

Yi Yi mengambil pusat cerita sebuah keluarga urban kelas menengah di Taipei. Keluarga Jian. Keluarga Jian tinggal di sebuah apartemen di tengah kota. Ada NJ, sang ayah, Min-Min, istrinya, Ting-Ting, putrinya, Yang-Yang, putranya dan sang nenek yang sudah tua.

NJ seorang pengusaha di sebuah perusahaan videogames yang terancam bangkrut karena persaingan bisnis. Ia merasa risau menghadapi ketidakpastian usahanya. Tapi ia tak pernah menceritakan hal ini pada keluarganya. Di tengah kegalauan hati, ia bertemu Sherri, mantan pacarnya sekaligus cinta pertamanya yang sekarang sudah jadi istri bule kaya raya. Sherri yang masih belum bisa melupakannya, berusaha menjalin kembalikomunikasi dengan NJ.

yiyi3

Min-Min, istri NJ seorang ibu rumah tangga yang merasa useless dan tertekan dengan kehidupannya. Terutama ketika ibunya–sang nenek–stroke dan koma. Ketika dokter memintanya untuk terus mengajak bicara sang ibu, Min-Min sadar bahwa ia melakukan hal yang nyaris sama sepanjang hidupnya. Ia pun kemudian memutuskan untuk pergi ke kuil, mencari penenangan diri.

yi-yi-1999-03-g

Ting-Ting anak pertama NJ, remaja sekolah menengah. Ia gadis manis yang sensitif. Ketika neneknya sakit, ia merasa sangat sedih. Ting-Ting nyaris tak punya teman kecuali Lili, tetangga sebelahnya yang sedikit ‘liar.’ Lili berpacaran dengan Fatty, dan ketika Lili & Fatty bertengkar, Ting-Ting menjadi perantara di antara mereka.

Yang-yang adalah bocah lelaki 8 tahun dengan kenakalan dan kecerdasannya. Ia sering dibully oleh teman-teman ceweknya di sekolah. Selain itu, ia juga menyukai kamera dan diliputi pertanyaan: kenapa seseorang tak bisa melihat punggungnya sendiri? Dia pun kemudian punya ide, memfoto punggung-punggung orang untuk membantu orang bisa melihat punggungnya.

yiyi02

Keluarga luas Jian adalah A-Di, adik ipar Jian yang baru menikah dengan seorang perempuan yang dihamilinya terlebih dahulu. Padahal A-Di punya pacar yang sudah mempunyai hubungan baik dengan keluarga besarnya.
yi_yi_blu-ray_4
Begitulah, cerita mengalir lambat dan seolah tanpa pretensi. Nyaris tanpa konflik yang berarti, karenanya juga tak ada klimaks. Tak ada tokoh utama, karena masing-masing tokoh di sini mendapat jatah penceritaan yang sama. Gambar-gambar yang diambil juga kebanyakan syut jarak jauh, seolah ingin mengambil jarak dan tak ingin terlibat dengan emosi para tokoh. Meski begitu, cerita tetap terasa dalam dan bernyawa. Sebuah potret kehidupan keluarga kelas menengah perkotaan dengan berbagai permasalahannya.

Note:
Judul Yi Yi konon dalam bahasa China yang ditulis 一一 (dibaca Yī Yī), yang artinya “satu satu ” yang dimaknai ‘masing-masing’ (each one). Juga ditulis vertikal: 二, berarti “dua” (sumber wikipedia. org)

Cast:
Nien-Jen Wu – NJ
Jonathan Chang – Yang-Yang
Elaine Jin – Min Min
Ko Su-Yun – Sherry
Hsi-Sheng Chen – A-Di
Pang Chang Yu – Fatty
Issei Ogata – pemilik Ota
Kelly Lee – Ting-Ting

Sutradara: Edward Yang
Produser: Shinya Kawai
Penulis: Edward Yang
Musik: Kai-Li Peng
Sinematografi: Wei-han Yang
Editing: Bo-Wen Chen
Distributor: Kuzui Enterprises
Rilis: 13 Mei 2000 (Cannes)
Durasi: 173 menit
Negara:    Taiwan
Bahasa: Mandarin, Jepang, Inggris, China Taiwan

Awards:
Cannes Film Festival 2000 : Best Director (Edward Yang), Nominasi Palm d’Or
Hong Kong Film Awards 2002: Nominasi Best Asian Film
European Film Awards 2000 :Nominasi Screen International Award
César Awards, France 2001:Nominasi Best Foreign Film (Meilleur film étranger)
dll

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: