Beranda > Uncategorized > New World

New World

Dari judulnya, saya kira ini adalah sejenis film futuristik tentang penemuan dunia baru atau semacamnya. Jenis film yang tak terlalu saya suka. Tapi demi melihat bahwa film ini mendapat banyak penghargaan di Korea sono, saya pun penasaran. Dan untunglah, ini bukan jenis film yang saya sebut di atas. Karena New World tak ada hubungannya dengan penemuan dunia baru, tapi merupakan kata sandi dalam sebuah operasi kepolisian. Dan ini adalah film tentang gangster-gangsteran, sebuah tema cerita yang seperti halnya romance, seolah tak pernah habis dibahas dalam film-fim Korea.

new world

Dikisahkan, Ja-sung ( ), seorang polisi yang sudah 8 tahun menyamar sebagai mafia di perusahaan Goldmoon. Ia berhasil menjadi orang kepercayaan salah seorang calon penerus Goldmoon, Jung-chung ( ) yang walaupun mafia, tapi memiliki sisi charming. Hubungan pun terjalin sedemikian rupa di antara kedua orang ini hingga menyerupai persaudaraan.
new world2
Ketika bos Goldmoon meninggal, terdapatlah dua kandidat utama: Jung-chung dan Lee Joong-goo ( ). Atasan Ja-sung di kepolisian () punya kepentingan untuk terlibat dalam pemilihan ini. Dengan memanfaatkan laporan-laporan rahasia Ja-sung, mereka menangkap Joong-goo sehingga Jung-chung bisa otomatis mengambil alih pimpinan. Meski begitu, Jung-chung tidak terlalu senang dengan keadaan ini karena pada dasarnya dia orang yang sportif. Ia pun mulai risau akan adanya mata-mata di gengnya dan mulai melakukan penyelidikan.
new world6
Tapi persoalan ternyata tidak hanya berhenti di situ. Atasan Ja-sung punya rencana lain dan menjadikan Ja-sung sebagai pionnya. Ja-sung yang tidak menyukai posisinya dan berpikir bahwa misinya akan segera selesai, tak berdaya melawan itu semua. Ia pun terjebak dalam dunia mengerikan yang nyaris tak memberinya pilihan selain bertahan hidup.

new world7

Well, satu lagi film Korea dengan cerita yang cukup mengesankan. Berlatar dunia gangster, film ini mencoba memotret sisi-sisi drama dalam dunia keras semacam itu. Didukung pula oleh para pemain peran papan atas Korea. Dan hasilnya adalah sebuah film yang worthed to watch.
new world 8
Di baris pertama adalah sebagai Ja-sung. Setelah jadi si antagonis nan bengis Pangeran Soo-yang di , di sini ia mengambil peran yang bisa dibilang terbalik 180 derajat. Karena Ja-sung adalah polisi yang sangat sensitif dan bisa dibilang agak melonkolis. Di jajaran berikutnya ada  sebagai Jung-chung si mafia charming. Mafia tapi charming? Kontras kan? Dan    berhasil memerankannya dengan baik.  Lalu juga ada , atasan Ja-sung yang juga memerankan karakternya dengan pas. Lalu ada sebagai mafia Lee Joong-goo yang berwajah bengis. Laki-laki semua? Bisa dibilang, film ini memang sangat laki-laki dominan. Baik dari segi cerita maupun pemainnya. Ada  dan di jajaran pemain cewek, tapi peran mereka tak terlalu berarti di sini.

Cast:
– Lee Ja-sung
– Kang Hyung-chul
– Jung Chung
– Lee Joong-goo

 – Shin-woo
Choi Il-Hwa – Jang Soo-ki
– Seok Dong-chool
– Joo-Kyoung (istrinJa-sung)

Judul: New World/ Sinsegye (신세계)
Sutradara & Penulis:
Produser: Kim Woo-Taek, Park Min-Jung, Han Jae-Duk, Kim Hyun-Woo
Sinematografi: Chung Chung-Hoon
Rilis: February 21, 2013
Durasi: 134 menit
Distributor: Next Entertainment World
Bahasa/Negara: Korea/ Korea Selatan

Film Festival:
– Jeonju International Film Festival 2013 – Korea Cinemascape
– San Sebastian International Film Festival 2013 – Zabaltegi
– Vancouver International Film Festival 2013 – Dragons and Tigers
– BFI London Film Festival 2013 – Thrill
– Sitges Film Festival 2013 – Focus Àsia

Awards
Korean Association of Film Critics Awards 2013:
-CJ CGV Star Award ( )
Blue Dragon Film Awards 2013:
– Best Actor ( )
– Nominasi: Best Film, Best Director (), Best Supporting Actor ( )

Baek Sang Art Awards 2013:
– Nominasi Best Actor ( )
– Nominasi Best Supporting Actor ( )
– Nominasi Best Screenplay ()

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: