Hwayi

Usai nonton Hwa-yi. Tadinya tidak terlalu tertarik karena berpikir film gangster-gangsteran biasa. Lalu membaca kalau yang jadi tokoh utamanya adalah . Siapa dia? Dia bisa dibilang spesialis versi anak-anak tokoh utama dalam drama-drama Korea (, …). Sekarang, dia sudah beranjak remaja (lahir tahun 1997). Saya bukannya ngefans sama dia karena versi kecil tokoh drama Korea–meski kadang bagus–tapi seringkali saya lewati untuk menontonnya karena merasa tak terlalu penting.

Yeo Jin-goo yang jadi Hwa-yi

Yeo Jin-goo yang jadi Hwa-yi

Yang membuat saya penasaran lihat akting dia adalah karena film ini bergenre action thriller, jenis film yang jarang menggunakan aktor belia sebagai tokoh utamanya. Jadi, saya cukup penasaran apa  bisa memerankannya dengan baik?

Hwa-yi (versi remaja kemudian diperankan ) diculik ketika masih sangat kecil oleh sekelompok gangster yang terdiri dari lima laki-laki yang diketuai oleh Seok-tae ( ). Sehari-hari, para gangster ini dikenal sebagai penjual tanaman bonsai (Hwa-yi adalah nama sejenis pohon). Di awal, tak dijelaskan motif penculikan ini, yang tentu saja langsung mengundang penasaran. Dan tidak hanya itu, karena bukannya dibunuh atau disiksa, Hwa-yi justru dibesarkan dengan kasih sayang dari para lelaki yang biasa membunuh ini. Bahkan Hwa-yi menyebut mereka semua sebagai “ayah” dan memang begitulah para lelaki yang diluar begitu bengis ini, bisa menjadi ayah yang lembut bagi Hwa-yi. Menarik kan? Selain itu ada juga Young-joo, seorang perempuan yang sering disiksa, tinggal bersama mereka dan kemudian menjadi ‘ibu’ bagi Hwa-yi. Siapa dia sebenarnya? Ini juga mengundang tanya dan membuat film ini makin membuat penasaran.

Dibesarkan oleh para 'monster'

Dibesarkan oleh para ‘monster’

Beranjak remaja, Hwa-yi mulai diajari untuk mempelajari ‘kekerasan’ terutama oleh ayah tertua, Seok-tae. Tapi hati Hwayi terlalu lembut, ketika ayahnya menyuruhnya menembak, ia tak mampu melakukannya. Setiapkali menembak, ia seolah melihat monster yang akan menerkamnya. Ayahnya pun berang.

Kim Yun-seok yang main total seperti biasa

Kim Yun-seok yang main total seperti biasa

Lalu, tibalah para ayahnya melakukan misi besar: menghabisi Lim Hyung-taek. Hwa-yi mulai dilibatkan dalam misi ini sebagai orang pertama yang menyelinap masuk. Tanpa sengaja, Hwa-yi menemukan sebuah foto seorang bocah: dirinya ketika kecil. Ia pun kemudian berbalik arah, melawan ‘para ayah’ yang ia kira telah menculiknya dan bahkan menyuruh dirinya membunuh Hyung-taek, yang ia pikir ayah kandungnya. Benarkah demikian? Tunggu dulu, karena ceritanya tak sesederhana itu. Ada sebuah kenyataan mengejutkan menjelang akhir!

PDVD_055

Sebuah film thriller yang terasa ‘sangat memuaskan’. Rumusnya sedikit mirip Old Boy, tapi ceritanya sama sekali berbeda. Ceritanya terasa solid dan misterinya terpelihara dengan baik hingga akhir. Ramuan drama, action dan thriller yang diracik dengan proporsional. Bukan hanya sebuah tontonan yang menyajikan dar-der-dor, tapi juga dibalut cerita yang kuat. Film yang cukup gelap, penuh kekerasan dan muncratan darah tentu saja,bagi yang tak tahan, siap-siap saja tutup mata setipa saat, he.

PDVD_073

 sama sekali tak mengecewakan. Di awal saya sedikit pesimis karena aktingnya terasa belum lepas, tapi semakin kesini, ia mampu menunjukkan berbagai emosinya dengan baik. Pantas saja kalau kemudian dia diganjar penghargaan sebagai aktor pendatang baru terbaik di Blue Dragon Film Awards, salah satu ajang penghargaan film bergengsi di Korea sono. Dan tentu saja tak ada yang perlu diragukan dari seorang ‘real actor’ sekelas  yang jam terbangnya memang sudah sangat tinggi. Beberapa aktor lain (ayah-ayah Hwa-yi), juga main dengan bagus. Mereka nggak cuma gangster yang bengis tapi juga mampu memperlihatkan sisi lembut kalau sudah berhadapan dengan Hwa-yi. Ohya,  juga main di sini, meski perannya tak terlalu penting tapi cukup bermain sesuai dengan porsinya.
Salah satu film Korea yang wajib tonton!

Cast:
– Seok-tae (ayah tertua)
– Hwa-yi
Jang Hyun-Sung– Jin-sung
Cho Jin-Woong – Ki-tae
Kim Sung-Kyun – Dong Bum
Park Hae-Joon– Bum-soo
Park Yong-Woo – Detektif Chang-ho
Lee Kyoung-Young – Lim Hyoung-taek
– Park Ji-won
Moon Sung-Geun – CEO Jin
Nam Ji-Hyun – Yoo-Kyung (cewek yang ditaksir Hwa-yi)
Seo Young-Hwa – istri Lim Hyoung-Taek
Im Ji-Eun – Young-Joo

Judul: Hwayi: A Monster Boy/ Hwayi : Gwimuleul Samkin Ahyi (화이 : 괴물을 삼킨 아이)
Sutradara: Jang Joon-Hwan
Penulis: Park Joo-Suk
Rilis : 9 Oktober, 2013
Durasi: 125 menit
Distributor: Showbox/Mediaplex
Negara/ Bahasa: Korea Selatan/ Korea

Awards;
– Korean Association of Film Critics Awards 2013: Best New Actor ()
– Blue Dragon Film Awards 2013: Best New Actor (), Best Music (Mowg)

  1. Agustus 22, 2015 pukul 3:49 pm

    film ini memang kereeen. nggak sekadar gubrak-gabruk, tapi plotnya bagus. masih ngerasa nggak cukup liat Yeo Jingoo di sini, pas scene-scene akhir wajahnya nggak dimunculin. ost nya jg bagus

  2. Agustus 23, 2015 pukul 4:35 am

    setuju, one of the best korean movie lah🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: