Beranda > Drama Korea > The Moon Embracing The Sun

The Moon Embracing The Sun

Akhirnya, menonton The Moon Embracing the Sun. Drama lama, dan sudah lama pengin nonton, tapi baru kesampaian sekarang, he.

Seperti kebanyakan drama saeguk, kisah akan dimulai dari masa kecil, tepatnya masa remaja. Lee Hwon, calon pewaris tahta Joseon, pemarah dan kekanakan. Ia bertemu Heo Yeon-woo, calon permaisurinya kelak, pada acara penganugerahan pemuda terbaik di istana. Sebuah insiden mempertemukan mereka dan tak usah ditanya bagaimana, benih-benih cinta tumbuh di antara mereka. Bukankah kita memang mudah jatuh cinta ketika muda?

Kim Soo-hyun yang jadi Lee Hwon dewasa, si Raja Joseon

Kim Soo-hyun yang jadi Lee Hwon dewasa, si Raja Joseon

Semuanya berjalan mulus hingga Yeon-woo diangkat sebagai Putri Mahkota, calon permaisuri kelak. Namun tentu saja, selalu ada orang-orang yang menyimpan iri dan ambisi tersendiri. Bo-kyung, yang ayahnya berambisi menjadikannya permaisuri dan di belakang itu, juga ada Ibu Suri yang haus kekuasaan. Well, kenapa sih sosok Ibu Suri dalam drama-drama Korea selalu seperti itu?

Yeon-woo berusaha disingkirkan melalui mantra-mantra. Tapi Dukun Istana Jang, sebenarnya orang yang baik dan dia sudah diamanahi temannya sebelum meninggal, untuk melindungi Yeon-woo yang diramalkan akan menjadi “bulan”: permaisuri. Yeon-woo pura-pura dibunuh tapi kemudian diselamatkan oleh Dukun Jang. Tapi seluruh ingatannya dihapus dan di benaknya ditanamkan bahwa ia juga seorang dukun.

Han Ga-in sebagai Hyeon-woo/Wol. Pretty, huh?

Han Ga-in sebagai Yeon-woo/Wol. Pretty, huh?

Delapan tahun kemudian, Hwon ( ) sudah sudah menjadi raja dan menikah dengan… Bo-kyung. Meski begitu, ia tak bisa melupakan Yeon-woo. Karenanya, meskipun berstatus permaisuri, Hwon tak pernah menyentuhnya. Hal yang kemudian menjadi pergunjingan di istana.

Takdir kembali mempertemukan Hwon dan Yeon-woo () (yang kemudian diberi nama Wol). Hwon menemukan diri Yeon-woo dalam sosok Wol (tentu saja! 🙂 ). Sementara Wol meski memiliki ingatan samar tentang Hwon, tak bisa mengingat masalalunya. Untuk kedua kalinya mereka saling jatuh cinta, tapi situasinya menjadi rumit karena Yeon-woo sebagai Wol hanyalah seorang dukun, sedangkan Hwon adalah seorang raja, sudah menikah pula. Whoa..

Jung Il-woo sebagai the meloncholic 2nd man

Jung Il-woo sebagai the meloncholic 2nd man

Yeah, it’s all about love. Garis besar cerita drama ini adalah tentang cinta, tentu saja. Dan dalam cerita cinta, tak akan seru kalau tak ada orang ketiga. Adalah Pangeran Yangmyung ( ), kakak tiri Hwon (anak selir) yang juga jatuh cinta mati sama Yeon-woo. Kenapa? Yeah memang seperti itulah agaknya ‘tugas’ orang ketiga, hehe. Dan meski pada intinya tentang cinta, tapi cerita tak melulu berkutat tentang itu kok. Konflik-konflik kerajaan, intrik kekuasaan mewarnai jalan cerita dengan proporsi yang pas. Di tambah lagi dengan beberapa selipan humor yang mengundang tawa (hubungan Hwon dengan pengasuhnya, Kasim Hyeong-seon :D)

the moon-35

Dan yang jelas akting para pemain utamanya memukau, terutama  . Dia mampu memerankan karakter Hwon yang keras kepala, agak kekanakan tapi pada sisi lain bisa berubah tegas dan berwibawa.  main bagus sebagai Yangmyung yang melonkolis, meski saya kurang menyukai karakternya yang terlalu cengeng. ? Yeah, meski secara personal dia disukai, tapi secara akting sering mendapat kritik pedas. Dan aktingnya di drama ini juga banyak dikritik. Karakter Yee-woon muda yang digambarkan sebagai gadis cerdas, memang tak terlalu terlihat ketika dewasa. Tapi ini bisa dipahami mengingat Ye-woon dewasa dilanda kebingungan akan jati dirinya. Ada beberapa moment memang ekspresinya terasa kurang dapet, tapi menurut saya tidak terlalu buruk lah. Bagaimanapun, ada sesuatu dalam dirinya yang membuatnya lovable.

Well, bukan drama yang sempurna memang. Saya sendiri nggak terlalu suka sama ceritanya yang melibatkan mistik-mistikan dan juga terlalu banyak kebencian yang berujung kematian. Tapi overall menurut saya drama ini layak ditonton. Selain akting para pemainya, settingnya juga meyakinkan dan ceritanya nggak bertele-tele (20 episode untuk drama jenis ini termasuk cepat). Tak heran kalau waktu tayang di Korea sono, ratingnya tinggi banget lho dan nyaris selalu menempati urutan pertama.

Cast:
– Heo Yeon-woo/Wol
– Lee Hwon
– Pangeran Yangmyung

Kim Min-Seo – Yoon Bo-kyun (Permaisuri)
Song Jae-Hee – Heo-yeom (kakaknya Yeon-woo)
Song Jae-Rim – Woon (pengawal pribadi Hwon)
Sun Woo Jae Duk – Heo Yong-jae (ayahnya Yeon-woo)
– Ibunya Yeon-woo
Yoon Seung-Ah – Seol (pengawalnya Yeon-woo)
Kim Young-Ae – Ibu Suri
– Raja Sungjo (ayahnya Hwon)
Nam Bo-Ra – Putri Minhwa
Kim Eung-Soo – Yoon Dae-hyung
Jeon Mi-Sun – Jang Nok-young (Dukun Jang)
Jung Eun-Pyo – Kasim Hyeong-seon
Bae Noo-Ri – Jan-sil

 – Yeon-woo muda
– Lee Hwon muda
Lee Min-Ho – Yangmyung muda
Kim So-hyun – Boo-kyung muda
Heo Yeom muda
Lee Won-geun – Woon muda
Jin Ji-hee – Minhwa muda
Seo Ji-hee – Seol muda

Judul: The Moon Embracing The Sun/ Haereul Poomeun Dal (해를 품은 달)
Sutradara: Kim Do-Hoon, Lee Sung-Joon
Penulis: Jung Eun-Gwol (novel), Jin Soo-Wan
Tayang: MBC, 4 Januari – 15 Maret 2012
Episode: 20
Bahasa/Negara: Korea/ Korea Selatan

Awards:
PaekSang Arts Awards 2012: Best Drama, Best Actor (Kim Soo-Hyun)
MBC Drama Awards 2012:
– Best Drama Award
– Best Actor (mini series) ( )
– Best Actress (mini series) ()
– Popularity Actor Award ( )
– Golden Acting Actress Award ( )
– Best Screenplay
– Best Child Actor ()
– Best Child Actress (Kim You-Jung/ )

 

 

  1. titine
    April 7, 2014 pukul 8:25 am

    Setuju. Kurang suka sama aktingnya han ga in. Byk gak dapat ekspresinya. Kyknya gak sebanding sama aktingnya kim soo hyun yg oke bgt

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: