Beranda > Film Korea > The Recipe

The Recipe

Ketika seorang kriminal sadis yang dijatuhi hukuman mati hendak dieksekusi diminta untuk memberikan statemen terakhir, ia hanya menggumamkan tentang “doenjang“, semacam sup khas Korea. Tidak hanya itu, karena selidik punya selidik, dari hasil wawancara dengan para polisi yang menangkapnya, ketika hendak di tangkap, si penjahat ini tengah menikmati semangkuk deonjang dengan lahap sampai-sampai membuat para polisi meneteskan air liur. Dari wawancara dengan teman sepenjara, demikian juga. Si penjahat selalu menyebut-nyebut tentang sup deonjang yang sangat enak. Hal ini kemudian mengusik minat seorang produser tivi, Choi Yu-jin () untuk menyelidiki doenjang lebih lanjut. Banyak yang berasumsi kalau deonjang itu mengingatkan sisi nostalgia dari si penjahat makanya dia sampai seperti itu. Atau memang deonjang yang dimakannya benar-benar lezat? Maka Yu-jin pun memulai penyelidikannya.

The Recipe- 02

Satu per satu misteri terungkap. Jawabannya: sup deonjang yang dimakan si penjahat memang bukan sembarang deonjang. Seorang ahjumma pemilik rumah makan tempat si penjahat memakan deonjang mengatakan kalau itu adalah deonjang buatan seorang gadis yang pernah bekerja di tempatnya, seorang gadis yang bahkan tubuhnya menguarkan aroma yang lezat doenjang.  Masalahnya, gadis itu sudah pergi entah kemana dan siapa dia juga tak diketahui kecuali bahwa ia bernama Jang Hye-jin (). Wah…jadi makin penasaran…

The Recipe- 04

Misteri di balik semangkok sup doenjang ini benar-benar membuat Yu-jin penasaran (saya yang menonton juga jadi makin penasaran, hehe). Apalagi diketahui kalau rahasia kelezatan deonjang Hye-jin adalah kandungan sodium klorida-nya yang 100 persen. Kandungan yang sangat istimewa karena yang lainnya paling hanya 99 persen. Bagaimana bisa seratus persen? Apa hubungannya dengan aroma tubuh Hye-jin? Pada titik ini, saya mulai mikir: waduh, janganjangan agak-agak thriller nih. Apalagi melibatkan cerita pembunuhan di awal.

The Recipe- 11

Tapi…tenang saja. Ini sama sekali bukan cerita thriller atau semacamnya. Seperti khasnya film Korea: it’s about love. Rahasia resep doenjang buatan Hye-jin terletak pada kisah cintanya dengan seorang lelaki pembuat anggur, Kim Hyun-soo (). Bagaimana hubungan Hye-jin dan Hyun-soo ini sehingga bisa begitu fenomenal menciptakan deonjang terlezat di dunia? Hmmm, meski saya agak kecewa karena ternyata kisah cintanya nggak sefenomenal doenjang mereka yang bikin penasaran, tapi saya cukup puas dengan film ini. Saya pikir, letak menarik dari sebuah cerita misteri bukanlah pada ceritanya sendiri tapi bagaimana kemisteriusan cerita itu disajikan dan saya pikir, film ini cukup berhasil. Bagaimana misterinya diungkap sedikit demi sedikit, membuat penonton makin penasaran dan ingin terus mengikutinya.

Akting pemainnya tak ada yang terlalu istimewa (terutama  yang menurut saya sangat membosankan), tapi beberapa setting film ini sangat menyegarkan mata. Daerah pedesaan yang hijau dan indah permai. Juga cerita  tentang ‘deonjang’ yang menurut saya brilian. Beginilah cara Korea mempromosikan kuliner mereka🙂 Good job!

Note:

doenjang

Doenjang merupakan sejenis saus yang dihasilkan dari fermentasi kedelai. Cara membuatnya adalah dengan merebus kedelai lalu dijemur hingga kering. Ketika muncul jejamuran dan aroma khas yang menandakan sudah terjadinya proses fermentasi, kemudian dipindahkan ke dalam tempayan yang diisi dengan air garam dan proses fermentasi akan berlanjut. Bisa berbulan-bulan bahkan tahunan. Asalkan tepat penyimpanannya, semakin lama konon semakin bagus dan enak. Doenjang biasanya dibuat di rumah-rumah di pedesaan, meski saat ini juga sudah banyak yang buatan pabrik.

doenjangjjigae

Doenjang bisa digunakan sebagai campuran berbagai masakan, populernya sebagai sup yang disebut Doenjangjjigae (sup doenjang). Isi supnya biasanya adalah tahu,jamur, seafood dan semacamnya. Aromanya konon sangat khas dan menggiurkan. Selain itu juga konon baik secara kesehatan karena mengandung antioksidan. Hmmm, jadi penasaran. Mungkin mirip-mirip tauco gitu, ya ;)

Di Korea konon juga dikenal istilah “Doenjang Girl/Doenjang Woman” (Doenjang Nyeo), suatu istilah yang digunakan untuk menyebut cewek-cewek yang tergila-gila sama barang-barang mewah dan bergaya hidup mewah. Asal istilah ini adalah karena cewek-cewek semacam itu rela makan makanan termurah (sup doenjang adalah makanan termurah di Korea) demi untuk bisa membeli barang-barang mewah dan nongkrong di tempat-tempat mewah.

(dari berbagai sumber)

Cast:
– Choi Yu-jin
– Jang Hye-jin
– Kim Hyun-soo

Judul: The Recipe /Doenjang (된장)
Sutradara: Lee Seo-Goon
Penulis: Lee Seo-Goon, Jang Jin, Bae Se-Young
Produser: Kim Jin-Young
Sinematografi: Na Hee-Suk
Rilis: 21 Oktober, 2010
Durasi: 107 min.
Bahasa/ Negara: Korea/ Korea Selatan

Film Festival:
– Pusan International Film Festival  2010 – Gala Presentation *World Premiere
– Berlin International Film Festival  2011 – Culinary Cinema *European Premiere
– New York Asian Film Festival 2011 *New York Premiere

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: